Buyas Sorta Blogger

Catat! Ini Waktu Posting di Medsos Paling Pas Pada Jam ini

- Advertisement -

Paling Pas Waktu Posting di Medsos (Media Sosial) — Tujuan menggunakan media sosial, selain untuk mendapatkan insight dan berita terbaru, tentu digunakan sebagai ajang untuk membagikan momen-momen di dalam hidup. Tak jarang foto-foto seperti foto liburan, momen wisuda, pernikahan, kelahiran, atau hanya sekedar foto selfie sebagai bentuk self-love pun diunggah di media sosial.

Di sisi lain, media sosial juga dimanfaatkan oleh para pebisnis untuk memasarkan produknya. Tak sedikit pebisnis yang meraup banyak keuntungan dari berjualan di media sosial. Namun, tahukah kalian bahwa ada waktu-waktu terbaik dan paling pas untuk posting atau mengunggah konten di media sosial?

Paling Tepat Waktu Posting di Medsos Pada Jam?

- Advertisement -

Waktu terbaik tersebut dinilai dapat meningkatkan engagement serta menarik perhatian audiens.

Dilansir dari Oberlo, berikut waktu paling pas untuk posting di media sosial. Yuk, dicatat!

1.Waktu Posting di Medsos Instagram

Kebanyakan pengguna Instagram menghindari scroll Instagram pada waktu jam kerja. Buat kalian yang menggunakan Instagram sebagai sarana untuk memasarkan bisnis, penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk posting. Waktu terbaik untuk posting ialah pada saat makan siang, yakni dari pukul 11 hingga 1 siang serta usai jam kerja, yakni pukul 7 hingga 9 malam.

Pada saat makan siang, tak sedikit orang yang menikmati makan siangnya sembari mengecek media sosial mereka, terutama Instagram. Entah untuk mengetahui kabar terbaru atau sekadar rehat dan refreshing.

Sedangkan seusai jam kerja, banyak pengguna Instagram yang memeriksa timeline saat perjalanan pulang, apalagi bagi yang terjebak di kemacetan atau pulang menggunakan transportasi umum. Tidak hanya itu, begitu merebahkan diri entah di sofa atau kasur, seseorang pun biasanya akan langsung mengecek Instagram untuk menyegarkan pikiran sejenak.

- Advertisement -

Sementara itu, hari yang dinilai paling baik untuk mengunggah sesuatu di Instagram jatuh pada hari Senin, Rabu, dan Kamis. Sedangkan hari Minggu, dinilai menjadi hari yang paling buruk untuk posting. Sedangkan untuk hari Sabtu, pukul 5 sore adalah waktu yang ideal untuk posting.

Kalian juga bisa mencoba untuk posting di pagi hari sekitar pukul 5, karena hal pertama yang dilakukan kebanyakan orang di zaman ini ialah mengecek ponselnya.

2. Waktu Posting di Medsos Facebook

Weekend atau akhir pekan adalah hari dengan tingkat engangement yang paling tinggi di Facebook. Waktu terbaik untuk mengunggah sesuatu di Facebook ialah pada pukul 1 siang hingga 4 sore. Hal tersebut karena kebanyakan penggunanya menggunakan komputer mereka untuk mengecek Facebook pada saat jam istirahat di kantor.

Hari Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu dianggap menjadi hari yang paling baik untuk posting di Facebook. Untuk hari Minggu sendiri, pukul 3 sore adalah waktu yang terbaik. Sementara itu, hari Selasa dinilai menjadi hari yang paling buruk untuk mengunggah konten di Facebook.

Menariknya, dilansir dari Falcon.io, sebuah studi oleh Unmetric menemukan bahwa jumlah interaksi per posting tertinggi bagi sebuah brand jatuh pada hari Rabu, meskipun rata-rata tiap brand mem-posting lebih sedikit di hari tersebut. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan tingkat engagement yang tinggi, cobalah untuk posting pada hari Rabu.

3. Twitter

Hari terbaik untuk posting jatuh pada hari Rabu, sementara weekend dianggap waktu terburuk untuk posting. Berbeda dengan Instagram dan Facebook, Twitter bisa dikatakan layaknya buku harian atau diary bagi seseorang. Tak sedikit penggunanya yang bisa mengeluarkan cuitan hingga lebih dari dua atau tiga kali dalam jangka waktu 10 menit, entah untuk menulis status, membalas mention, quote tweet, maupun sekadar retweet.

Oleh karena itu, pergerakan di Twitter cenderung lebih cepat dibanding media sosial lainnya. Sangat penting untuk mengetahui kapan waktu terbaik dalam mengunggah konten di Twitter.

Waktu terbaik untuk posting di Twitter ialah saat jam makan siang pada hari Senin hingga Jumat, yakni mulai pukul 12 hingga 1 siang. Hari-hari kerja dianggap cenderung mendapatkan tingkat engagement yang tinggi. Selain itu, pukul 5 hingga 6 sore juga dianggap waktu terbaik untuk posting karena merupakan jam pulang kerja, di mana banyak orang mulai mengecek media sosial mereka.

4. LinkedIn

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis dianggap menjadi hari terbaik untuk posting. LinkedIn adalah jejaring sosial profesional yang biasanya digunakan oleh para pekerja, perekrut, dan pebisnis. Oleh karena itu, waktu terbaik untuk posting di LinkedIn ialah antara pukul 10 hingga 11 pagi, karena LinkedIn sendiri digunakan oleh para profesional pada saat jam kerja.

Hari Selasa, Rabu, dan Kamis dianggap menjadi hari terbaik untuk posting. Sedangkan weekend dan usai jam kerja cenderung menjadi waktu terburuk untuk mendapatkan tingkat engagement yang tinggi bagi sebuah konten yang diunggah.

- Advertisement -

Yang perlu diperhatikan saat menggunakan LinkedIn ialah fakta bahwa waktu terbaik untuk posting sebenarnya bukan hal yang terpenting. Bukan hal yang aneh melihat sebuah posting-an yang sudah cukup lama, entah seminggu atau bahkan satu bulan, muncul di timeline LinkedIn.

Hal ini karena algoritma LinkedIn dirancang untuk memberikan prioritas kepada unggahan yang berkualitas dan mampu memicu percakapan dan engagement. Apabila kontennya bagus, maka jangan heran apabila konten tersebut dapat bertahan lama di timeline.

5. Youtube

Pukul 12 siang hingga 4 sore pada hari kerja dianggap waktu terbaik untuk mengunggah video di Youtube.

Raise your hands, Youtubers!

Semakin banyak orang-orang, khususnya kaum milenial yang menggeluti dunia per-Youtube-an. Pasalnya bagi beberapa orang, sangat menyenangkan untuk berbicara di depan kamera, membahas topik-topik tertentu, dan kemudian bisa mendapatkan uang. Atau versi lainnya, dengan melakukan unboxing, review product, vlog liburan, dan masih banyak lagi, membuat anak-anak muda berbondong-bondong berkreasi dengan platform satu ini.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk posting di Youtube. Pukul 12 siang hingga 4 sore dianggap waktu terbaik untuk mengunggah video di Youtube. Hal tersebut karena kebanyakan orang menonton video di sore hari, entah sepulang kerja atau kegiatan lainnya.

Hari Kamis dan Jumat dianggap menjadi hari terbaik untuk posting di Youtube. Namun, hari Sabtu dan Minggu juga dianggap menjadi hari paling baik untuk mendapatkan views yang banyak karena kebanyakan orang bersantai di akhir pekan dengan menonton Youtube.

Cobalah untuk posting pada pukul 9 hingga 11 pagi. Selain hal yang sudah disebutkan di atas, kalian juga perlu mempertimbangkan zona waktu serta mayoritas domisili audiens di masing-masing platform.

Selain mencoba waktu terbaik di atas, ada baiknya kalian juga bereksperimen dan mencoba posting di waktu yang berbeda dengan menyesuaikan karakteristik pengikut di masing-masing media sosial.

Selain memperhatikan perihal waktu, perhatikan juga konten yang akan diunggah. Karena sesungguhnya konten yang berkualitas akan tetap menarik perhatian serta tingkat engagement yang tinggi, terlepas dari waktu terbaik. silahkan baca di Waktu Yang Tepat Untuk Upload Video di Youtube

Artikel ini bersumber dari kumparan.id

- Advertisement -
Jangan Lupa Baca Bismillah
[td_block_7 custom_title=”Silahkan Baca Juga” limit=”6″ block_template_id=”td_block_template_18″ sort=”popular7″ custom_url=”https://buyasorta.com/”]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.