AWAS! Jebakan Akun Anonim “BERBAHAYA” Ini Ciri-cirinya

0
230
Akun anonim (ilustrasi)

Kehadiran akun anonim di Medsos utamanya di Twitter bukanlah hal yang baru. Namun akhir-akhir ini akun anonim banyak bermunculan juga menarik perhatian publik.

Mengapa ? 

Andhina Wulandari, seorang reporter kabar24.com, Fenomena akun anonim di sosmed ( twitter ) ini memang tidak bisa lepas dari kehausan pengguna twitter di Indonesia akan informasi-informasi yang bersifat rahasia, seperti ketika fenomena situs Wikileaks jadi bahan pembicaraan. Fenomena melempar isu, propaganda, atau dukungan pada seseorang terbukti efektif melalui sosial media seperti Twitter dan Facebook.

Andreas Harsono dalam blognya http://www.andreasharsono.net/ menyatakan motivasi sumber anonim memberikan informasi murni untuk kepentingan publik. Kita harus mengukur apa motivasi si sumber memberikan informasi. Banyak kasus di mana si sumber memberikan informasi dan minta status anonim untuk menghantam lawan atau orang yang tak disukainya. Banyak juga kasus di mana informasi anonim diberikan karena hal itu menguntungkan si sumber tapi ia mau sembunyi tangan.

Berelson (dalam Wiryanto, 2006: 42) menyatakan semakin informal suatu saluran komunikasi, semakin efektif dalam mempengaruhi opini publik. Berelson melanjutkan semakin sedikit pengetahuan orang tentang suatu persoalan, semakin mudah komunikasi massa mempengaruhi opini mereka.

Apa yang ditweet oleh akun anonim sebagian besar memang menggunakan teknik informal dalam menyampaikan pesan sehingga followernya dapat menanggapi dan memahami apa yang disampaikan dengan mudah. Publik menilai, pesan yang ditwitkan akun anonim merupakan pengetahuan tentang suatu persoalan yang belum mereka ketahui, sehingga tanpa memperdulikan verifikasi benar atau tidak, akun anonim dipercaya sebagai sumber yang jujur.

Akun-akun Anonim Yang Pernah Membuat Heboh 

Trio Macan 2000, pada tahun 2012-2014 publik dihebohkan dengan akun twitter @triomacan2000 ditwitter, akun anonim yang sering memposting kritikan dan juga fitnah kepada pemerintah dan para pejabat. Dari masa Presiden Susilo Bambang Yudoyono sampai Presiden Joko Widodo, akun ini masih aktif menebar “fitnah dan hoax” atau aib dari para petinggi Negeri. Berakhir ditangkapnya Admin dan disuspendnya akun triomacan2000 walau sempat berganti nama @TM2000, silahkan cek digoogle twit-twit @triomacan2000 yang bikin panas dingin penguasa saat itu.

Simak Juga Gan  9 Jurus Rahasia Optimasi SEO Video Channel Youtube

@lambeh_turah, akun anonim ini berbeda dengan akun triomacan2000 lambeh turah lebih ke akun gosip para celebritis. Tahun 2016 pernah dilaporkan oleh istri Mario Teguh karena pencemaran nama baik.

@hulk_idn, akun ini mirip dengan akun trio macan yang banyak ngetwit masalah politik, tapi akun ini tidak bertahan lama walau punya ratusan ribu follower dalam sekejap. Setelah menebar isu perselingkuhan Grace Natalie PSI dan Ahok. Anonim hulk berakhir disuspend (atau diakuisisi pihak lain) silahkan cek https://twitter.com/hulk_idn.

@KakekDetektif, Setelah akun @digembok disuspend akun si kakek muncul  menebar “fitnah dan membongkar aib” bedanya dengan akun @triomacan2000 akun ini menyerang siapa saja yang tidak mendukung petahana. Sampai saya menulis ini akun si kakek masih hidup di twitter memiliki ratusan ribu follower, dan juga di beberapa sosmed lainya.

Diatas hanya beberapa contoh akun Anonim masih banyak lagi akun anonim yang bertebaran disosmed, twitter, facebook, intstagram, goople plus dll. Tidak semua akun anonim itu jahat dan meresahkan ada juga yang baik dan menginspirasi.

Awas Jebakan Akun Anonim Mengintai Kita

Ciri akun anonim jahat dan berbahaya adalah, menebar berita HOAX atau bohong menggunakan meme, narasi, dan web palsu. Mengarang cerita yang dilengkapi data-data fiktif seolah-olah aseli untuk menguatkan HOAX yang mereka buat.

Postingan dari akun anonim jahat ini memang didesain sangat bagus dan mengundang orang untuk membagikan postingan mereka. Dalam pasal 28 Undang-undang ITE siapa yang menyebarkan berita bohong atau hoax akan dikenakan sangsi hukum.

Dari sinilah akun-akun anonim jahat akan menjebak kita, mereka yang menebar dan pembuat HOAX tapi kita yang akan berurusan dengan hukum. Kita sebagai pemilik akun asli (data sesuai kenyataan) akan terjerat pasal penyebaran berita HOAX, karena akun kita lebih mudah dilacak daripada akun anonim.

Simak Juga Gan  Ismail Fahmi: Pertarungan Akun Palsu Vs Asli Di Twitter "@MustofaNahra vs @NetizenTofa"

Kenapa Akun Anonim Sulit untuk dibongkar dan ditangkap Adminya? silahkan tanya pada rumput yang bergoyang by Om Ebiet G Ad.

website penyebar hoax, website pemroduksi dan penyebar HOAX biasanya menggunakan blogspot dengan custom domain. contoh web yang belum lama ini menebar “isu dan fitnah” kepada Menteri Pertanian, http://piyungancyber.com web ini digunakan dengan menggukan blog gratisan dari google (blogspot). Kenapa kok menggunakan blogspot kemungkinan alasanya adalah selain gratis juga karena keamanan blogspot lebih susah untuk dihack daripada menggunakan hosting atau server berbayar lainya.

Website piyungancyber.com telah memakan korban, karena web ini dibuat bukan menggunakan data pemilik aseli tapi menggunakan data orang lain. selengkapnya bisa dibaca di http://news.metrotvnews.com/hukum/PNgeyoPk-aktivis-imm-jadi-tersangka-penyebar-isu-selingkuh-mentan-amran

Andi Maghfuri dicatut namanya dalam pembuatan akun anonim dan website palsu penyebar hoax menteri pertanian itu. Andi harus berurusan dengan kepolisian, dan jadi terduga penyebaran HOAX dan berita palsu.

Hati-hati dengan komentar dan share di sosmed

Apa berkomentar disosmed bisa dikenakan sangsi hukum?

Pada sosial media komentar dan share adalah bagian dari penyebaran berita atau postingan. Jika kita berkomentar pada akun facebook atau twitter dengan otomatis kita sudah menyebarkan berita kepada teman atau follower kita (twitter), jika anda pengguna twitter pasti kenal dengan retwit dengan komentar. Retwit dengan komentar artinya kita berkomentar sekaligus meretwit (mengirim ke follower).

Jika mangacu pada Undang-undang ITE pasal 28 berarti kita sudah bisa dikenai sangsi hukum.

Semoga bermanfaat dan berhati-hati dalam menggunakan sosial media. #jempolmuharimaumu #iedmubarak

 

Artikel ini saya buat merujuk ari beberapa sumber diantarannya:

elyviainayah.blogspot.com, https://www.kompasiana.com, kompas.com, merdeka.com