Cara Live Streaming Youtube dengan OBS Tanpa Ngelag

- Advertisement -

Cara Live Streaming Youtube dengan OBS : Sering kali kita nonton youtube menemukan video para gamer atau siaran televisi melakukan livestreamin di youtube. Jangan kuatir kita juga bisa melakuan livestreming sendiri dengan Handphone atau Laptop.

Kali ini saya akan mengulas cara melakukan livestreaming dengan menggunankan software broadcast OBS (Open Broadcaster Software). Ada banyak software yang bisa kita gunakan untuk melakukan livestreming di youtube seperti VMIX, Xslpit, Stage Ten, Streamlabs OBS dll.

Cara Live Streaming Youtube dengan OBS
OBS – Open Broadcaster Software
- Advertisement -

Kenapa memilih OBS?

Jawabanya simple karena OBS Gratis dan fiturnya lengkap tidak kalah dengan software livstreming lainya. Selain itu obs di recomendasikan oleh Youtube, Facebool, Twich dll.

Silahkan ikuti panduan live streaming Youtube dengan obs dibawah ini!

Panduan Cara Live Streaming Youtube dengan OBS

Sebelum kita mulai live streaming Youtub siapkan dulu perangkat dan encoder softwarenya terlebih dahulu. Untuk encoder kita akan menggunakan OBS, silahkan download terlebih dahulu Open Broadcaster Software disini susuaikan dengan OS yang kita gunakan di laptop. OBS support multi platform windows, mac os dan linux.

Siapkan laptop yang kita gunakan untuk live streaming, laptop dengan spesifikasi tinggi sangat disarankan (VGA Exsternal dan ram besar). Cek dulu perangkat laptop mic dan speaker apa sudah berfungsi dengan baik.

- Advertisement -

Silahkan install software OBS yang sudah kita download tadi pada pc atau laptop kita, tunggu sampai selesai (saran setelah selesai restart komputer/laptop). Selanjutnya kita siapkan dulu channel youtube livestremingnya.

Syarat Untuk Live Streaming Youtube

Untuk melalukan live streaming di youtube kita harus punya akun dan channel youtube yang memenuhi syarat. Jika belum memiliki channel youtube ikuti panduan membuat channel youtube.

Syarat pertama, channel youtube harus sudah terverifikasi jika belum kita harus verifikasi terlebih dahulu. Caranya login terlebih dahulu ke channel youtube, buka http://www.youtube.com/verify silahkan masukan no handphone ada dua opsi via telepon atau sms, pilih salah satu. Silahkan masukan kode verifikasi yang kita dapatkan ke kolom verifikasi. Jika channel sudah terverifikasi selanjutnya.

Syarat kedua, mengaktifkan fitur live streaming youtube dari dasboard, atau buka link https://www.youtube.com/features.

live streaming youtube

Aktifkan live streaming youtubePastikan fitur live streaming youtube sudah diaktifkan, lihat gambar diatas.

Langkah-langkah Live Streaming Youtube

1). Jika sudah siap langkah selanjutnya adalah membuat streaming baru pada studio youtube https://studio.youtube.com/ dan klik ikon live 

Cara live streaming youtube

2). Kita akan diarahkan pada laman produksi live streaming youtube. Isi judul dan deskripsi live streaming Kategori dan juga centang video untuk anak-anak atau bukan.

cara live streaming youtube

- Advertisement -

Setelah selesai klik buat streaming.

3). OK, Live streaming youtube sudah siap, perhatikan gambar dibawah pada setelan live streaming > kunci streaming silahkan di copy, karena ini nanti kita butuhkan di software OBS.

cara live streaming youtube

Berikutnya adalah setting OBS untuk live streaming youtube, pastikan terlebih dahulu laptop atau komputer kita sudah terkoneksi dengan Internet.

Berapa upstream internet yang bagus untuk live streaming?

Semakin tinggi upstream maka semakin bagus kualitas video yang akan dihasilkan. Upstream adalah kecepatan upload dari layanan internet. Kecepatan upload internet usahakan diatas 2Mbs jika dibwahnya kemungkinan ngelag dan video putus-putus.

Live Streaming Youtube Dengan OBS

Langkah selanjutnya adalah setting live streaming youtube di encoder OBS, ini akan menentukan kualitas dan desain live streaming di youtube.

1.  Buka dulu aplikasi OBS di laptop atau komputer

live streaming youtube dengan OBS

2. Setelah OBS terbuka silahkan klik studio mode atau biarkan default. Perhatikan gambar dibwah ini untuk langkah berikutnya. Saya menggunakan auto configuration wizard, karena dengan configuration wizard kita akan mendapatkan settingan yang tepat untuk perangkat dan kecepatan internet yang kita gunakan.

cara livesreaming youtube dengan obs

3. Selanjutnya klik next

setting live streaming youtube dengan OBS anti ngelag

4. Setelah itu kita diarahkan ke halam setting canvas OBS, settingan ini secara default menyesuaikan deangn VGA laptop atau komputer.

setting live streaming youtube dengan OBS no ngelag

5. Anda bisa mengatur settingannya dengan menurunkan FPS nya menjadi 30, karena fps 30 sudah cukup bagus kualitas videonya. Hal ini untuk mengurangi beban cpu laptop atau komputer, klik next.

6. Selanjutnya akan diarahkan ke settingan kualitas video streaming dan settig key youtube streaming. Silahkan pilih service youtube/youtube gaming, masukan key youtube yang sudah kita copy tadi dari laman youtube.

Untuk Server pilih Primary youtube ingest server. Setting Bitrate bisa anda turunkan ke angka 1000 atau bisa di centang ‘estimate bitrate with bandwith test’ ini untuk menguji kecepatan internet kita dan menyusaikan secara otomatis dengan settingan OBS.

cara setting live streaming youtube di obs

7. Silahkan tunggu beberapa detik OBS akan menentukan settingan yang pas buat perangkat dan kecepatan internet kita. Kalau sudah klik apply setting.

cara setting live streaming youtube di obs anti ngelag

8. Ok Settingan live streaming youtube anti ngelag sudah selesai, langka selanjutanya adalah setting video yang akan kita livekan.

setting live streaming youtube dengan OBS anti ngelag

9. Silahkan buat scene (bisa direname dengan nama live kita) dengan klik kanan pada kolom scene. Setelah membuat scene selanjutnya silahkan arahkan mouse ke kolom source (sumber) klik icon plus untuk menambahkan video atau kamera kita.

cara setting live streaming youtube di obs

10. Buka video capture device, berinama yang sesuai contoh webcam karena kita akan live menggunakan webcam laptop. Kita juga bisa menambahkan teks logo atau gambar pada video livestreaming youtube.

11. Kalau sudah setting source videonya silahkan klik start streaming.

klik start streaming pada obs

12. Down, selesai sudah setting live streaming youtube menggunakan OBS (Open Broadcaster Software) lihat pada channel youtube live streaming kita sudah berjalan.

Jenis Source Pada OBS

  • Audio,  berfungsi untuk memasukan suara pada video live streaming kita, bisa dari microphone atau mixer audio.
  • Browser Source, berfungsi untuk menampilkan gambar atau video dari browser, bisa dari youtube, instagram atau link video yang lainya. Kita juga mendesainya sesuai dengan keinginan kita agar tampak bagus pada saat live di channel youtube kita.
  • Display Capture, Ini bisa mempilkan layar komputer kita yang akan kita tampilkan pada live streamin youtube.
  • Game Capture, ini berfungsi jika kita menggunakan perangkat game capture untuk melakukan live streaming games di youtube.
  • Image, dengan ini kita bisa menambahkan gambar, logo atau foto pada live streaming.
  • Media Source, kita bisa mengambil video dari laptop atau komputer kita untuk selanjutnya kita livekan di youtube.
  • Scene, ini berfungsi jika kita ingin menambahkan beberapa scene sebagai pilihan untuk live streaming.
  • Text, kita bisa menggunakan fitur ini untuk menambahkan teks, atau running teks pada video live streaming youtube kita.
  • Video Capture Device, fitur ini akan mendeteksi perangkat kamera kita. Jika kita menggunakan webcam atau kamera dedicated. Atau kita menggunakan perangkat video capture seperti blackmagic, easy cap atau lainya.
  • Window Capture, dengan fitur ini kita bisa menampilkan window atau program yang kita buka pada live streaming. Contohnya kita ingin meyiarkan secara langsung zoo meeting kita ke youtube, kita bisa menggunakan fitur ini.

Kenapa Live streaming Youtube Patah-patah (NGELAG)?

Cara Live Streaming Youtube dengan OBS patah-patah, kemungkinanya perangkat dan kecepatan internet kita kurang sesuai dengan settingan OBS (VGA Exsternal dan ram besar). Cara mengatasinya adalah dengan menurunkan resolusi liev streaming.

  1. Silahkan buka OBS – Settings
  2. Pilih menu Video, ubah setingan output resolusinya sesuikan dengan perangkat yang kita gunakan dan rekomedasi dari youtube.
  3. Berikut setting output resolusi OBS supaya Live Streaming Youtube kita Lancar
    Angka Resolusi Optimal yang disarankan oleh Youtube antara lain :
    426×240 untuk Video Bitrate Range, 300 hingga 700 Kbps
    640×360 untuk Video Bitrate Range, 400 hingga 1,000 Kbps
    854×480 untuk Video Bitrate Range, 500 hingga 2,000 Kbps
    1280×720 untuk Video Bitrate Range, 1,500 hingga 4,000 Kbps
    Atau bisa dicek pada rekomedasi youtube disini.
  4. Turunkan secara bertahap dari resolusi awal sampai pada benar-benar pas dan hasil live streaming tidak ngelag atau patah-patah.

kesimpulan:

Itulah  Cara Live Streaming Youtube dengan OBS. Silahkan lakukan trial and error untuk mendapatkan hasil terbaik yang sesuai dengan perankat dan kecepatan internet.

Cari settingan yang tepat untuk menghasilkan video live streaming terbaik.

Terimakasih dan selamat mencoba, semoga dilain waktu bisa mengulas lagi beberapa fitur OBS untuk live streaming di faceboo, twitter atau instagram

 

 

- Advertisement -
Jangan Lupa Baca Bismillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.