Riset Google 2019: Orang Indonesia Gemar Nonton Sinetron Lewat Youtube!

0
21
Orang Indonesia nonton sinetron lewat youtube
Orang Indonesia nonton sinetron lewat youtube

Orang Indonesia Gemar Nonton Sinetron Lewat Youtube: Pemirsa acara tv sekarang telah makin banyak yang berubah ke basis digital untuk melihat acara tv seperti sinetron serta berita, diantaranya melalui YouTube. Data penelusuran tahunan alias Year In Search 2019 yang dikeluarkan Google Indonesia untuk brand, mencatat jika penelusuran acara tv di YouTube tumbuh 2x lipat tahun ini. Penelusuran tertinggi keyword ‘sinetron’ di YouTube tumbuh 1,2 kali lipat.

Head of Large Konsumen Marketing Google Indonesia Muriel Makarim menjelaskan, penambahan penelusuran itu berlangsung sebab terdapatnya pergantian trend tv ke content digital. “Salah satunya unsur pendorong terbesarnya ialah convenience (kenyamanan),” tutur Muriel dimuat laman katadata.co.id di kantornya, Kamis (19/12).

Orang Indonesia nonton sinetron lewat youtube
Orang Indonesia nonton sinetron lewat youtube

Orang Indonesia Gemar Nonton Sinetron Lewat Youtube

Dia menerangkan, hadirnya sinetron yang dapat dibuka dengan digital seperti di YouTube bisa mempermudah pemirsa untuk mengaksesnya dimanapun serta setiap saat. Ditambah lagi, warga Indonesia yang repot dengan aktivitasnya sekarang masih dapat melihat sinetron favoritnya walau telah lewatkan jam tayangnya di tv.

Google mencatat, ada banyak judul sinetron yang terkenal di penelusuran YouTube, salah satunya Tukang Ojek Pengkolan, Cinta Sebab Cinta, Pintu Karunia. Tidak hanya sinetron, acara tv sering dicari, contohnya Indonesian Idol serta Indonesia Lawyers Klub (ILC). “Jadi, tidak cuma sinetron saja dan juga acara tv yang terkenal di tv, itu ialah yang customer makin mencari,” kata Muriel.

baca juga: Youtube Medsos Terpopuler di Indonesia Sepanjang 2019

Dia menjelaskan, orang Indonesia lebih senang ikuti berita paling baru lewat video berita online. Masalahnya data Google menyebutkan jika orang Indonesia meghabiskan 1,2 kali lebih banyaknya waktu untuk melihat video online dibanding terhubung sosial media. Diluar itu, 75% dari mereka yang konsumsi berita online menjelaskan jika YouTube ialah aliran favorite untuk melihat video berita. Tertera, ada 2,3 kali kenaikan penelusuran pada keyword ‘channel berita’ di platfrom itu.

Nonton Sinetron Melalui Youtube

Trend itu berlangsung, Muriel meneruskan, sebab ada faktor-faktor. Salah satunya yaitu sebab pemirsa memang terlatih melihat aliran berita tv favorite mereka selanjutnya berubah ke YouTube atau mereka memang ingin cari beberapa topik berita yang lewatkan dilihat di tv. Diluar itu YouTube sekarang sudah punya feature live chatbox dalam service live streaming hingga pemirsa langsung bisa memberi komentarnya.

“Sedikit ada keterkaitan, jadi mereka (pemirsa) dapat berhubungan dengan pemirsa lain tentang apa yang mereka dengan dari aliran tv itu,” katanya. Beberapa tema yang terkenal dicari contohnya masalah debat presiden lalu serta perpindahan ibu kota. Penelusuran content perpindahan ibu kota ke Kalimantan naik 2,9 kali lipat dalam kata kunci ‘ibu kota’ serta ‘Kalimantan’ di semua Indonesia.

baca juga: 4 Fitur Baru Youtube yang bisa menghasilkan Uang

Muriel meneruskan, perusahaan mulai mengerti utamanya pergantian audience yang mulai berubah melihat dengan digital. Hingga, perusahaan butuh cari langkah untuk terus membuat beberapa konsumennya masih terikat dengan acara tv yang sudah mereka bikin lewat content digital seperti melalui situs, video, dan lain-lain.

Google mencatat 95% orang Indonesia yang punya koneksi internet memakainya untuk melihat video dengan online di piranti mobile mereka. Angka ini naik 63% semenjak tahun 2016. Diluar itu, ada lebih dari 79 juta pemirsa berumur 18 tahun ke atas yang melihat YouTube tiap bulannya sepanjang tahun ini.

Perusahaan meramalkan, jumlahnya itu akan terus bertambah sampai tahun kedepan serta beberapa konten digital akan makin bermacam macamnya. “Ditambah lagi, dengan koneksi internet yang telah makin rata sampai ke kota-kota kecil,” katanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.