Kenapa Channel Calon Sarjana Hilang Dari Youtube?, Ini Faktanya!

0
312
channel calon sarjana dibanned
channel calon sarjana dibanned, image via youtube

Channel Calon Sarjana Hilang?, beberapa hari ini beranda youtube ramai dengan berita hilangnya channel calon sarjana dari youtube. Saya mencoba mencari tahu fakta kenapa channel sebesar calon sarjana dengan 12 juta subsciber hilang?

Plagiat, ya ternyata faktor utamanya adalah channel calon sarjana plagiat  dengan mencuri ide dan potongan video dari channel orang lain. Pada Rabu malam (22/1), akun youtube Channel Calon Sarjana hilang dari Youtube.

Sempat menjadi trending topik di twitter, channel yang memiliki jumlah subsciber 12 juta lebih itu hilang karena di banned dan disuspend youtube.

Pemilik akun twitter @JTonYouTube menyatakan jika Calon Sarjana mengambil content kepunyaannya tanpa memberi credit, serta memakai thumbnail video yang sama bukan haya itu teryat juga diberi tambahan emoji dan watermark calon sarjana, waduh.

Channel JT memprotes bukan hanya lewat twitter tapi juga melalui video yang diunggah di channelnya yang diberi judul “YouTuber with 12 MILLION subs STEALS my video …” dalam deskripsi video tersebut juga di tuliskan. “EXPOSING the BIGGEST Indonesian YouTuber with over 12 MILLION subscribers. Calon Sarjana EXPOSED for stealing thumbnails, videos and even screenshots from JT.”

JT MENGUNGKAPKAN bahwa YouTuber Indonesia terbesar dengan lebih dari 12 JUTA subscriber. Calon Sarjana telah mencuri thumbnail, video, dan bahkan tangkapan layar dari JT Channel. memalukan!!!

Para netizen penghuni Twitter ramai-ramai mencela. tidak luput juga sang komedian yang juga penulis Ernest Prakasa menyatakan bahwa “.. Calon Sarjana membuat malu satu negara”.

Berikut fakta-fakta Akun Channel YouTube Calon Sarjana

Kami mencoba googling terkait dengan di suspendnya calon sarjana kami menemukan beberapa fakta yang cukup menarik yang di tulis oleh media inet.detik.com.

1. 12 Juta Lebih Subscriber

Calon Sarjana ada di YouTube pada 19 Januari 2016. Dalam kurun waktu 3 tahun, mereka dudah mempunyai 12,4 juta subscriber, WOW.

Video yang diupload Calon Sarjana umumnya clickbait dan sudah dilihat sekitar 2,5 miliar kali. Rupanya channel mereka diurus Infia yang juga mengurus banyak medsos seperti @Dagelan dan keluarga calon sarjana.

2. Banyak channel yang satu keluarga dengan calon sarjana

Calon Sarjana nyatanya mempunyai “saudara” yang lain yang masih ada pada sebuah keluarga yang disebutkan “Sarjana Ghoib”. Kanal yang lain yang disebut saudara Calon Sarjana diantaranya Calon Sutradara, Calon Olahragawan, Calon Professor serta Calon Ilmuwan.

Sama dengan Calon Sarjana, channel-channel ini mempunyai jumlahnya subscriber yang cukup banyak. Kanal Calon Ilmuwan saja sudah mempunyai 2,43 juta subscriber.

3. Diungkap oleh JT

channel calon sarjana hilang
screenshot twitter JT @jtonyoutube 

JT ungkap bahwa Calon Sarjana melalui cuitan di account Twitter-nya, @JTonYouTube. Melalui cuitannya, JT menjelaskan jika Calon Sarjana channel dengan 12,4 juta subscriber telah mengambil thumbnail dari isinya mengenai Parlophone Records. Walau sebenarnya, JT diketahui jadi YouTuber yang seringkali mengungkapkan keburukan serta beberapa hal negatif dari YouTuber nakal yang lain.

JT mengjukan copyright strike sebab hak ciptanya dilanggar di YouTube. Video “contekan” yang diupload Calon Sarjana akhirnya dihapus mereka sudah mohon maaf ke pihak JT.

4. Dicibir Netizen dan warganet

Semenjak ekspose JT, warganet Indonesia mencibir tindakan yang dilakukan oleh calon sarjana seperti twit dari pemilik akun @mazzini_giusepe ini

channel calon sarjana hilang
channel youtube calon sarjana memalukan orang indonesia, screenshot dari akun @mazzini_giusepe

Ernest Prakasa, juga mengungkapkan kekesalan yang sama melalui account Twitter-nya, @ernestprakasa jika aksi calon sarjana ini membuat malu satu negara.

5. Sudah Meminta Maaf Pada Pihak JT

Sesudah mendapat teguran copyright strike dari JT, Calon Sarjana menghapus semua video yang plagiat dari channel JT.  Melalui akun Twitter calon sarjana meminta maaf kepada pihak JT.

channel calon sarjana hilang dari youtube
channel calon sarjana di banned youtube

Tetapi JT menyatakan bahwa Calon Sarjana masih mempunyai banyak video yang dicomot dari kreator youtube lainya. Permintaa maaf dari pihak calon sarjana ini hanya karena merasa channelnya terancam.

Dan terbukti benar bahwa channel calon sarjana sekarang di banned youtube. Akan tetapi jangan salah Calon sarjana masih punya banyak channel yang mereka kelola, lho. Yang juga memiliki ratusan ribu subscriber juga sudah ada yang tembus sampai jutaan. Ada Yang Aneh juga Channel dengan Nama Calon Sarjana tanpa video satupun memiliki subscriber 2 juta lebih.

Semoga dari peristiwa Calon Sarjana ini bisa menjadi pelajaran berharga bagi para konten kreator bukan hanya youtube tapi juga konten kreator lainya, seperti blog, meme dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.