Cara Membuat Vlog Menarik dan Keren Untuk Pemula

0
33
video vlog atta dan jokowi
Keluarga Halilintar dan Presiden Jokowi ( foto: idntime)

Cara Membuat Vlog: Video blogging atau yang kita kenal denga istilah vlog telah jadi trend di dunia internet saat ini. Dengan kemunculan platform video sharing youtube telah merubah kebiasaan orang yang dulunya blogging ( membuat artikel yang selanjutnya di unggah di blogger), trend sekarang adalah vlog yaitu membuat video dengan subyek diri kita sendiri yang selanjutnya di upload di youtube atau media social lainya.

Berkembangnya vlog tidak luput dari platform youtube yang bisa menghasilkan uang, tepatnya tahun 2013 Youtube bisa menghasilkan uang pada pengunggah video yang banyak penontonya lewat google adsense. Sejak itu, bermunculan orang-orang yang mengupload berbagai video ke Youtube, mulai dari sekedar hobi atau memang sebagai pekerjaan untuk mendapatkan uang dari youtube.

Karena itu janganlah bingung jika ada seseorang vlogger yang telah memperoleh pendapatan sampai miliaran rupiah dari video yang diunggahnya Youtube.

video vlog atta dan jokowi
Keluarga Halilintar dan Presiden Jokowi ( foto: idntime)

Bagaimanakah cara membuat vlog yang menarik untuk pemula?

 

1: Tujuan Kita membuat vlog

Menentukan tujuan kita membuat video Blog merupakan langkah penting karena menentukan pada proses pembuatan video yang akan kita unggah di channel youtube. Kita tentukan dari awal pembuatan video untuk pribadi, sebatas hoby, atau ingin memperoleh uang dari video vlog di youtube.

Dengan demikian tentu saja akan memengaruhi dalam membuat vlog. Contohnya, bila untuk keisengan saja, Hoby atau pribadi. Akan beda dengan membuat video vlog untuk memperoleh uang, karena itu Kita harus mengerjakannya dengan serius dari mulai penentuan content, kediting, sampai dengan kapan kita upload video ke youtube.

Agar bisa jadi seseorang vlogger terkenal dan video kita dilihat ribuan bahkan sampai juta-an orang kita memerluhkan usahaya dan kreatifitas.

 

2: Merencanakan Ide Pembuatan Video

Jadi seorang Vlogger dituntuk untu kreatif dalam membuat konten vlog agar video yang kita unggah di youtube banyak yang menonton. Langkah pertama adalah mencari ide konten video yang akan kita buat, usahakan untuk ditulis setiap ide yang akan kita buatkan videonya. Unik dan menarik dan out of the box merupakan kunci dari vlog agar mendapatkan banya penunjung.

Contoh video yang unik dan menurut saya super kreatif adalah video Pak Ndul di channel Wagu TV siapa yang tidak tahu ahlinya ahli core of the core.

Atau dapat juga membuat dialy vlog yang dimana cuma merekam apa yang kita kerjakan seharian. Coba dengan sering melihat video-video para vlogger yang sudah sukses seperti Atta Halilintar, Ria ricis, Raditya Dika dll.

9 Ide video youtube ini Berpotensi Viral Pada Video Kamu, bisa kamu coba dan sesuaikan dengan kesenangan kamu agar tidak cepat boring.

membuat video vlog

3: Mempersiapkan Perlengkapan Membuat Vlog ( membuat video youtube )

Sesudah kita menentukan ide vlog langkah selanjutnya adalah mempersiapkan alat-alat untuk melakukan proses pengambilan gambar/video. Saran saya gunakan apa yang kita miliki jangan memaksakan diri untuk membeli perangkat yang mahal dulu.

Kita bisa membuat vlog cukup dengan Handphone dengan tambahan mic atau headset untuk menghasilkan kwalitas suara yang bagus. Gunakan tongsis, tripod atau stabilizer agar video yang kita buat stabil dan tidak goyang, pastikan juga pencahayaan pad saat mengambil video agar videonya tidak terlalu gelap.

Semakin bagus kwalitas video yang kita buat tentu akan menentukan viewer dan subscriber channel kita.

 

4: Editing Video dan Upload Video Vlog Di Youtube

Dalam lakukan pemungutan gambar, lihat pencahayaan yang baik, pojok pemungutan gambar, serta cinematografi basic yang lain. Hal – hal kecil itu akan membuat video Kita kelihatan lebih mewah serta menarik.

Gunakan aplikasi edit video vlog yang cocok dengan kemampuan dan juga perangkat editing video kita.

Kita bisa memakai software yang gampang dipakai seperti Camtasia untuk mengedit video di laptop atau PC, kita juga bisa mengedit video melalaui smartphone dengan Aplikasi editing video seperti PowerDirector, Intro Maker filmora go dan banyak lagi yang bisa kita temukan di playstore untuk android dan appstore untuk iPhone.

Upload video Vlog ke account Channel Youtube, dengan memberi judul yang sesuai dengan video yang sudah kita buat dan edit. Pemberian judul, Tumbnail, diskripsi dan tag sangat menentukan video vlog yang kita upload di Youtube dilihat orang apa tidak.

Perhatikan juga jam ketika kita upload video vlog di  youtube karena ini juga mampu mendatangkan viewer video kita.

video vlog makeup

5: Mempromosikan video kita

Yang terakhir adalah dengan mempromosikan video vlog kita, bisa dengan psomosi gratis atau berbayar. Promosikan video vlog kita dengan cara share sebanyak-banyaknya di medsos yang kita punya. Group-group facebook, Instagram, Twitter dan lain-lain.

Atau dengan cara berbayar, dengan beriklan di Youtube menggunakan google ads, atau di facebook ads.

 

Kesimpulan: Pada intinya untuk menjadi Vlogger sukses dan menghasilkan kita harus kerja keras dengan memproduksi konten kreatif dan upload rutin di Youtube.