Pedoman Konten untuk Creator youtube Yang Ramah Pengiklan

0
24
konten creator youtube
konten creator youtube (foto: gizmologi.id)

Konten Creator youtubeBuat para creator youtube atau yang sering disebut youtuber yang sudah tergabung dalam YPP (program youtube partner), kali ini saya akan berbagi tips untuk membuat konten video yang ramah iklan. Agar tidak melanggar syarat dan ketentuan google adsense dan youtube. Konten yang melanggar tentunya bukan hanya di dismon adsensenya bahkan bisa di banned channelnya.

Bagi yang baru memulai untuk menjadi konten creator youtube,  Ingin Jadi Youtuber? Begini Cara Jadi youtuber dan Mendapatkan Uang dari Adsense Youtube.

YouTube adalah tempat bagi orang-orang di seluruh dunia untuk menonton video. Dengan koleksi video terbaru, komprehensif, dan menarik di web yang diunggah oleh berbagai konten creator dari seluruh belahan dunia, YouTube juga merupakan tempat bagi ribuan merek dan prusahaan untuk terhubung dengan pekanggan dan calon pelanggan mereka.

konten creator youtube
konten creator youtube (foto:storage.googleapis.com)

Semua video yang diunggah ke YouTube harus mematuhi Ketentuan Layanan dan Pedoman Komunitas YouTube. Nah berikut beberapa konten yang seharusnya anda hindari dan konten positif yang ramah akan iklan.

Konten yang tidak cocok untuk sebagian besar pengiklan
YouTube menggunakan teknologi dan proses penegakan kebijakan untuk menentukan apakah video tersebut cocok untuk iklan atau tidak. Youtube membuat algoritma sangat akurat dan juga memahami perbedaan, termasuk kategori seperti musik, game, dan berita. Setiap video berdasarkan konteksnya, termasuk konten yang jelas komedi, mendidik, atau menyindir.

Jika uraian berikut cocok dengan sebagian dari video atau metadata Anda, termasuk judul, gambar kecil, atau tag, video mungkin tidak cocok untuk iklan sesuai dengan Kebijakan Program AdSense. Dalam beberapa kasus, YouTube juga dapat memilih untuk tidak menampilkan iklan dari semua pengiklan atau semua format iklan.

Masalah kontroversial dan peristiwa sensitif
Konten video yang menampilkan atau berfokus pada topik atau peristiwa sensitif yang termasuk, tetapi tidak terbatas pada, perang, konflik politik, terorisme atau ekstremisme, kematian dan tragedi, pelecehan seksual, meskipun gambar vulgar tidak ditampilkan, umumnya tidak cocok untuk iklan. Misalnya, video tentang tragedi terbaru, meskipun dimaksudkan sebagai berita atau film dokumenter, mungkin tidak cocok untuk iklan yang terkait dengan materi pelajaran.

Narkotika dan produk atau zat berbahaya
Konten video yang mendorong atau menampilkan penjualan, penggunaan, atau penyalahgunaan obat-obatan, obat-obatan atau zat yang peredarannya diatur, atau produk berbahaya lainnya yang tidak cocok untuk iklan. Video yang membahas narkoba atau bahan berbahaya untuk tujuan pendidikan, dokumenter, dan artistik umumnya cocok untuk iklan, dengan catatan bahwa penggunaan narkoba atau penyalahgunaan zat tidak ditampilkan secara eksplisit atau berlebihan.

Tindakan berisiko atau berbahaya
Konten video yang mendorong tindakan berisiko atau berbahaya yang dapat menyebabkan cedera fisik, emosi, atau psikologis yang serius tidak cocok untuk iklan. Beberapa contoh termasuk video yang menggambarkan prosedur bedah atau bedah kosmetik yang menyakitkan atau invasif, atau lelucon yang mengandung pelecehan atau penghinaan seksual.

Konten yang mengandung kebencian
Konten video yang mendorong diskriminasi atau meremehkan individu atau kelompok berdasarkan ras, etnis atau asal etnis, kebangsaan, agama, cacat, usia, status veteran, orientasi seksual, identitas gender, atau karakteristik lain yang terkait dengan diskriminasi sistematis atau marginalisasi tidak cocok Untuk periklanan. Konten yang berisi sindiran atau komedi dapat dikecualikan. Namun, jika Anda hanya menyatakan bahwa itu adalah konten komedi tidak cukup. Konten tersebut masih tidak cocok untuk iklan.

 

Bahasa yang tidak sopan
Konten video yang menggunakan banyak bahasa kasar atau vulgar di seluruh video mungkin tidak cocok untuk beriklan. Jika kata-kata tidak sopan ini digunakan sesekali, itu tidak secara otomatis mengakibatkan video tidak cocok untuk iklan. Namun, konteks juga menentukan.

 

Penggunaan karakter hiburan keluarga yang tidak pantas
Video yang menggambarkan konten karakter atau hiburan keluarga, baik animasi maupun aksi langsung, yang terlibat dalam perilaku kekerasan, seksual, kasar atau tidak pantas, bahkan jika itu untuk tujuan komedi atau sindiran, tidak cocok untuk iklan.

Menghasut dan merendahkan
Konten video yang penuh dengan unsur-unsur provokasi, hasutan, atau merendahkan seseorang mungkin tidak cocok untuk beriklan. Misalnya, konten video yang mempermalukan atau menghina seseorang atau suatu kelompok mungkin tidak cocok untuk beriklan.

Konten seksual
Video yang menampilkan konten yang sangat seksual, seperti konten video yang sangat fokus pada ketelanjangan, bagian tubuh, atau simulasi seksual tidak cocok untuk iklan. Konten yang menampilkan mainan seks, perangkat seksual, atau percakapan vulgar tentang seks mungkin tidak cocok untuk beriklan, dengan pengecualian terbatas pada video pendidikan tentang seks yang tidak ditampilkan dengan jelas.

Praktik terbaik untuk membuat konten yang cocok untuk pengiklan
Selain kebijakan dan pedoman di atas, berikut adalah beberapa kiat untuk membantu memastikan bahwa konten Anda sesuai untuk iklan:

Hormati orang lain, termasuk pemirsa dan orang-orang atau grup yang mungkin Anda tampilkan di video.
Gunakan thumbnail dan metadata yang akurat. Terlepas dari konten video Anda, jika judul atau gambar mini tidak mematuhi pedoman ini, video mungkin tidak cocok untuk beriklan.

Jangan sematkan iklan Anda sendiri di video Anda, karena itu melanggar kebijakan periklanan google adsense. Pelajari lebih lanjut tentang kebijakan penempatan produk berbayar.

Konteks sangat penting. Jika video Anda mengandung konten yang berpotensi menimbulkan kontroversi atau pelanggaran, berikan audiens informasi yang cukup untuk membantu mereka memahami apa yang mereka lihat.

 

Nonaktifkan iklan untuk konten yang tidak cocok untuk pengiklan
Jika Anda ingin mengunggah konten yang tidak mematuhi pedoman ini, Anda harus menonaktifkan iklan di setiap video. Opsi ini memungkinkan Anda mengecualikan monetisasi pada video yang tidak cocok untuk pengiklan tanpa meninggalkan Program Mitra YouTube.
Ingat bahwa jika Anda memonetisasi konten yang melanggar pedoman youtube, Anda dapat kehilangan akses ke fitur monetisasi.
Apakah ini membantu?