2 Cara Menghapus Malware Pada Website, Ikuti langkah-langkah berikut

2
46

Cara Menghapus Malware Pada Website: Malware merupakan virus yang bisa menyebar dan menyerang sistem operasi  komputer ataupun website. Pada saat artikel ini saya buat blog ini sedang terserang malware menurut informasi dari google ads yang menghubungi saya via telepon.

Malware bisa jadi penyebab akun adsense kita di banned oleh google, karena menyebarkan spam ke pada pengguna atau orang yang mengakses website kita. Sebelum kita lanjutkan sebaiknya baca jenis-jenis malware penyerang website

Untuk mengetahui website kita terkena malware atau tidak kita bisa mengeceknya dari beberapa situs beberapa situs dan google webmaster. Cara Menghapus Malware Pada Website akan kita bahas pada artikel ini juga.

2 Cara Mengetahui Website Terserang Malware atau tidak!

1). Cek website secara rutin dari google webmaster atau sekarang google search console, buka google search consoleJika kita mengiklankan website yang terserang malware di google ads maka akan mendapatkan peringatan dan iklan tidak akan disetujui (ditolak).

cara Menghapus Malware pada website
Cara cek malware di webmaster, dan Menghapus Malware

2). Selain cara diatas kita bisa mengeceknya melalui website yang disediakan oleh google, https://transparencyreport.google.com/safe-browsing/ dengan portal ini kita bisa mengeceknya apakan website atau blog kita terkena malware atau tidak. Selain google penyedia layanan untuk mengecek website yang terkena malware kita bisa menggunakan https://sitecheck.sucuri.net/ atau yang lain, kita bisa menemukanya di online dengan bantuan google search.

cara Menghapus Malware pada website
website untuk mengetahui malware di wordpress

Atau jika kita beriklan dengan google ads kita bisa mengajukan pengecekan website yang kita iklankan. Jika website kita terkena malware maka kita akan mendapatkan telepon da pemberitahuan link dan konten di web yang terkena malware/virus.

Google menyarankan untuk link website yang terkena Malware untuk dihapus dan dibersihkan!. Jika website kita menggunakan cms wordpress kita bisa mengganti theme dan plugin.

Cara Menghapus Malware Pada Website

Website yang terkena malware akan sangat merugikan, website akan tergradasi dari mesin pencarian dan mungkin bisa jadi akan diindex google. Jika website kita monitizing dengan menjadi publisher PPC (pay per click) seperti adsense, mgid atau lainya  kemungkinan juga akan di banned akun kita.

Langka-langkah menghapus Malware dari website (wordpress)

1). Jika website kita terserang malware setelah kita cek menggunakan webmaster atau transparencyreport.google.com anda bisa menghapus link atau file yang terinfeksi oleh malware. Sebelum melakukan pembersihan virus atau malware pada web sebaiknya anda backup dulu semua file web.

2). Cara kedua, jika website kita menggunakan wordpress kita bisa menginstall beberapa plugin WordPress untuk security yang ada di dasboard wordpress.

  • Silahkan install plugin sucuri untuk mengetahui dan menghapus malware dari website. Plugin sucuri bisa kita dapatkan langsung melalui dasboard wordpress dan gratis, tersedia juga versi premium yang berbayar.
  • Menggunakan plugin WordPress Wordfence plugin ini cara kerjanya mirip dengan plugin sucuri yaitu men scan website kita dan mengapus file yang terindikasi atau terserang malware.

Setelah anda scan dan menghapus malware yang menginveksi web kita, kita bisa melakukan pengecekan  ulang lagi pada google search console atau google webmaster.

Jika masih terdeteksi malware pada website saya menyarankan untuk install ulang wordpressnya. Jangan lupa sebelumnya backup dulu seluruhnya saya merekomendasikan plugin updraftplus untuk mengbackup seluruh konten dan database wordpress dan kemudian mengembalikanya (merestored).

Semoga bermanfaat:

Artikel yang saya tulis ini Cara Menghapus Malware Pada Website, karena blog ini juga pernah terkena malware dan hasilnya traffik menurun drastis, banned monitizing, iklan tidak tayang dll. 

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.