Tips SEO Youtube Terbaru dan Lengkap

0
78
panduan seo youtube
panduan seo youtube

Masih sama dengan panduan saya sebelumnya tentang SEO Youtube. Meskipun logaritma youtube terus berubah dan update secara teknik SEO tidak ada yang berubah. Kuncinya ada pada Riset dan creatifitas dalam membuat konten.

Sama dengan Google, di YouTube juga Kita harus memenangi kompetisi pada hasil penelusuran video YouTube. Kita harus tampil di rangking paling atas hasi penelusuran YouTube. Bagaimanakah cara memenangi kompetisi itu? Jawabannya ialah SEO YouTube!

Ya, dengan mengaplikasikan SEO YouTube yang pas, Kita dapat memenangi kompetisi di YouTube serta datangkan banyak pemirsa. Nah, jika Kita barusan menekuni di dunia social video YouTube serta mengharap mempunyai view yang banyak, baca panduannya berikut ini.

SEO Youtube
SEO Youtube

Panduan Lengkap SEO Youtube 2020

SEO YouTube ialah langkah optimisasi dari video yang Kita bikin serta upload di YouTube. Arah penting optimisasi ini ialah membuat video makin banyak dibuka oleh warga. Dalam kata kunci khusus, video dapat tampil di tempat atas.

YouTube ialah mesin perayap sama seperti dengan Google. Apa yang berada di basis datanya dapat diketemukan dalam kata kunci khusus. Sebab ide ini sama seperti dengan SEO web, video perlu optimasi seperti pemberian keyword, tag, atau yang lain.

Jika Kita dapat memaksimalkan video dengan mengaplikasikan tehnik SEO, video dapat lebih gampang diketemukan di basis. Diluar itu video dapat juga ada dalam penelusuran di YouTube mengingat basis ini dipunyai oleh Google. Info lebih jelas mengenai tips SEO YouTube dapat Kita baca pada penjelasan seterusnya.

5 Langkah Optimisasi SEO YouTube

Ada banyak langkah yang dapat Kita kerjakan untuk mengoptimalkan SEO YouTube yang Kita punya. Langkah itu terbagi dalam

Analisa Kata kunci (keyword), Membuat Video dengan Kualitas Paling baik,  Optimisasi Metadata, Promo Video, Gunakan YouTube Analytics

1. Analisa Kata kunci (keyword)

Dalam tips SEO YouTube Kita kenal yang namanya keyword atau kata kunci (keyword). Sama seperti dengan content yang ada di web, Kita tempatkan keyword dengan kerapatan khusus dari mulai keyword penting, turunan, sampai sinonimnya atau LSI.

Keyword pada YouTube akan memastikan tempat dari content yang Kita bikin. Contoh keyword “cara membuat sambal”. Keyword ini pasti mempunyai kompetisi yang besar. Mereka yang mempunyai viewers makin banyak serta penganut semakin besar akan ada di rangking atas.

Jika Kita ingin mengoptimalkan content video yang telah atau akan diterbitkan, baca tips analisa keyword berikut ini.

1.1. Dapatkan Kata Kunci Sesuai dengan Niche Jika Kita ingin terjun ke dunia YouTube dengan profesional, yang perlu dipikir dulu ialah niche atau topik yang Kita kuasai. Contoh Kita akan membuat niche dengan topik otomotif, keyword dapat seputar mobil, ulasan, serta eksperimen. Sebaliknya jika niche mengenai wisata, keyword terkait dengan tujuan dapat diberi.

Keyword ini penting untuk menarik banyak pemirsa baru jika halaman YouTube Kita masih termasuk baru. Jika telah lama serta mempunyai basis fans banyak, upload satu video saja dapat trending. Tetapi, jika masih pemula harus kerja pintar dengan mengoptimalkan keyword.

Pakai feature seperti Google Trends untuk lihat type keyword yang diincar serta frasa turunannya. Dengan alat ini Kita akan tahu berapa banyak atau kuat persaingannya. Lalu akan kelihatan berapakah kali keyword itu dicari tiap bulannya. Dari dasar ini Kita membuat content yang terancang.

1.2. Menganalisa Trend Paling baru Coba lihat tab trends di YouTube. Pada periode khusus video nomor satu selanjutnya mempunyai topik yang sama. Contoh mengenai penjelasan masalah yang sedang ramai atau ada insiden yang menggemparkan. Dari sana Kita dapat lihat jika YouTube berlaku trend serta dari trend itu Kita dapat mendulang viewers yang banyak.

Ada dua langkah untuk lihat trend yang berlangsung pada YouTube. Pertama dari feature autocomplete yang berada di kolom penelusuran. Ke-2 dengan langsung lihat tab trends serta diimbangi lihat Google Trends. Terkadang apa yang ramai di sosial media dan mengenal berita online dapat juga diangkat.

Jadi, membuat video atau mengkolase beberapa info serta gambar supaya jadi video tidak asal-asalan dikerjakan. Kita kemungkinan dapat membuat trend tertentu dari apa yang dibikin. Tetapi, Kita dapat juga manfaatkan trend itu untuk tingkatkan jumlahnya pemirsa secara cepat.

1.3. Koleksi Kata Kunci di Google Seputar 20-40% traffic yang masuk ke YouTube datang dari penelusuran organik di Google. Mengingat bagian penelusuran dari sana lumayan besar, Kita dianjurkan mengumpulkan keyword yang banyak dipakai serta sesuai niche yang sedang Kita bangun.

Dalam kata kunci yang pas dan penambahan trend yang sedang berlangsung, optimisasi dapat dikerjakan lebih gampang. Meskipun begitu, content original harus tetap dibikin supaya kanal YouTube yang Kita bikin tidak berkesan copycat atau cuma mengikuti saja.

Dalami bagaimanakah cara analisa kata kunci (keyword) di artikel 9 Langkah Analisa Kata kunci (keyword)

2. Bikin Video dengan Kualitas Paling baik Sama dengan Google

algoritma YouTube susah serta seringkali beralih. Dalam kata kunci yang sama, bisa video Kita pada halaman penelusuran kesekian serta punya orang lain ada di daftar teratas.

Dalam penelusuran YouTube, video yang ada di atas ialah video yang dipandang paling sesuai keyword atau berkaitan. Nah, sebelum lakukan beberapa optimisasi mulai dengan lakukan analisa keyword, sebaiknya Kita tahu type video yang disenangi oleh YouTube tersebut, berikut sedetailnya.

2.1. Benahi Kualitas Koreksi Kualitas koreksi memastikan apa video akan tempati rangking tinggi atau justru terbenam dibawah. Jika tehnik koreksi video masih jelek, memperoleh viewer banyak akan susah terkecuali content di dalamnya menyebabkan viral serta beberapa orang ingin tahu untuk memandangnya.

2.2. Yakinkan Orisinalitas Video Membuat content yang orisinal itu penting walau cukup susah.Jika Kita lakukan jiplakan, YouTube akan tahu hal tersebut. Ditambah lagi jika ada content video atau musik yang mempunyai hak cipta. Basis langsung bisa menurunkannya ataukah tidak dapat dimonetisasi.

Jangan menggunakan langkah yang instant. Lebih baik membuat content original yang bermutu. Asal optimasinya baik serta Kita cakap mengimplementasikan langkah SEO YouTube lain, video akan memperoleh banyak view.

2.3. Lihat Waktu Durasi dari video memastikan apa nanti content gampang diindeks dalam kata kunci khusus ataukah tidak. Sebagian orang yang lakukan monetisasi tetap membuat video di atas 5 menit. Video dengan waktu ini juga mempunyai ketentuan untuk dimonetisasi seperti ditampilkan Adsense.

2.4. Bikin Thumbnail yang Menarik Paket dari video harus menarik serta berisi siapapun yang kebetulan menemukannya ingin tahu. Paket ini meliputi thumbnails pada video. Jangan mengupload video lalu merilisnya tanpa ada sisi ini. Klik bait dalam beberapa kata atau hal menarik dari video dapat dimasukkan ke sisi ini.

2.5. Pikirkan Hasrat Pemirsa Video yang bermutu diperlukan untuk bikin beberapa orang senang serta pada akhirnya ingin bagikan atau disaksikan seringkali. Makin banyak video disaksikan oleh pemakai YouTube, indeks dari video ini akan baik. Dalam kata kunci yang sama, video akan gampang tampil pada halaman awal penelusuran YouTube.

Makin besar jumlahnya subscriber yang Kita punya, makin besar juga kesempatan akan tampil di posisi teratas. Tidak hanya mengurus video, lihat beberapa pemirsa supaya mereka lebih setia serta selalu kembali tiap ada content baru.

3. Optimisasi Metadata Pada bahasan awalnya Kita banyak menjelaskan keyword atau kata kunci (keyword).

Tetapi, Kita belum mengetahui dimana keyword itu harus ditempatkan. Apa harus di video atau pada gambaran, caption, tag, atau semacamnya.

Di bagian ini Kita akan mengulas bagaimana optimisasi SEO YouTube itu dikerjakan serta dimanapun keyword di letakkan. Berikut penjelasan sedetailnya

3.1. Sisipkan Kata Kunci di Judul Ketentuan judul serta keyword berlaku pada video yang diupload di YouTube. Kita harus membuat judul yang berisi keyword, turunannya, atau sinonimnya. Keyword pada judul akan dipakai jadi umpan waktu lakukan penelusuran. Makin berkaitan judul dalam kata kunci, kemungkinan akan tampil di halaman pertama.

Sedapat mungkin keyword ada di sejumlah ciri-ciri sisi depan. Biasanya ada batasan seputar 60 ciri-ciri. Jika lebih dari itu, judul akan automatis terpotong pada hasil penelusuran YouTube. Ini pasti akan disayangkan, ditambah lagi jika isinya memang bermutu.

Seterusnya, upayakan judul yang berisi keyword berkaitan dengan isi dari video. Jika tidak berkaitan serta cuma main-main dengan klik bait, bisa video Kita akan di turunkan atau memperoleh report. Kalaulah ada klik bait, upayakan masih berkaitan dengan content yang diberikan.

3.2. Optimisasi Gambaran Video Tidak hanya pada judul, keyword yang direncanakan harus juga ada pada gambaran. Apapun yang berlangsung, jangan dibiarkan kolom gambaran yang panjangnya sampai 1.000 ciri-ciri ini kosong. Beri gambaran sesuai video atau masukan CTA (call to action) atau ajakan.

Dalam membuat gambaran, upayakan untuk masukkan keyword yang direncanakan di 100 ciri-ciri pertama atau 2-3 baris pertama. Sisi itu akan ada pada video sebelum pemirsa lakukan click pada tulisan “Show more”. Upayakan keyword, CTA, atau hal penting yang lain ada di sisi itu.

Sebagian orang memberi transkrip dari beberapa kata yang ada dari video. Dari sana Kita dapat juga masukkan keyword yang sesuai dengan. Kerjakan secara benar serta berhati-hati serta janganlah sampai keyword yang direncanakan malah saltik atau typo.

3.3. Masukan Tag yang Pas

Keyword bukan sekedar dimasukkan pada gambaran dan judul. Optimisasi di mesin harus juga dikerjakan. Kita butuh masukkan keyword yang sesuai video serta keyword lain yang berkaitan di tag. Tag menolong Google serta YouTube untuk mengerti kerangka video Kita. Jika keyword dioptimalkan pada dua hal tersebut, optimisasi dapat berjalan mulus.

3.4. Beri Hashtag yang Sesuai dengan Tidak hanya tag yang tidak kelihatan di luar, Kita harus juga masukkan tagar atau hashtag yang sesuai dengan. Hashtag ini keluar dibagian atas judul berbentuk sinyal pagar diikuti dengan beberapa kata yang sesuai dengan. Waktu tagar di-click, YouTube akan tampilkan video dengan tagar sama hingga penelusuran bertambah detil.

3.5. Bikin Thumbnail yang Sesuai Isi Video Tehnologi dari Google serta turunannya terhitung YouTube sangatlah hebat serta dapat mengetahui objek seperti tulisan di gambar. Oleh karenanya Kita dianjurkan menyimpan keyword atau yang terkait di thumbnail. Tempatkan dengan seimbang serta jangan terlalu berlebih.

4. Promokan Video Sesudah lakukan beberapa langkah SEO YouTube di atas.

Ada beberapa hal yang perlu dikerjakan untuk menarik banyak pemirsa video. Cara tersebut dikerjakan dengan lakukan promo. Berikut cara-cara promo video yang pas.

4.1. Pakai Media Sosial yang Pas Sosial media mempunyai fungsi cukup penting untuk lakukan konten marketing berbentuk apapun terhitung video. Kita cukup share di sosial media yang Kita punya seperti Twitter atau Instagram.

Beri link serta footage video yang berisi rangkuman atau beberapa bagian yang dapat membuat orang ingin tahu. Dengan lakukan itu mereka akan tertarik lakukan click. Langkah berikut cukup efisien walau tidak sesignifikan dari penelusuran organik di YouTube tersebut,

4.2. Bikin Komune Jika kanal atau kanal yang dipunyai telah besar serta mempunyai basis fans yang besar, sebaiknya untuk mulai merajut komunikasi. Kita dapat memberi balasan pada kotak kometar atau jika banyak cukup lakukan like jadi sinyal ada hubungan yang berlangsung.

4.3. Iklankan Video Kita Jika video yang dibikin dipakai untuk kampanye produk dengan dana yang besar, pasti dengan posting saja kurang. Sebab maksudnya ialah memperoleh banyak capaian, iklan dapat diaplikasikan. Kita dapat mempromokan video Kita lewat service iklan Google AdSense. Dengan Google AdSense, Kita dapat memastikan dimana iklan akan ditunjukkan, diantaranya ialah YouTube.

5. Pelajari (analisa) Video YouTube Kita Sesudah jalankan ke empat langkah di atas.

Masih ada satu langkah yang tidak kalah penting. Kita butuh lakukan pelajari pada semua video yang telah Kita launching.

Bagaimanakah cara lakukan pelajari video YouTube di kanal Kita?

YouTube telah sediakan analytics. Cukup membuka Studio YouTube Kita lalu tujukan cursor ke sisi kiri serta click Analytics. Kita akan merasakan gambar semacam ini

Disana Kita akan memperoleh data analytics semua video Kita. Dari jumlahnya view, waktu saksikan, jumlahnya subscriber, capaian tiap video, sampai engagement tiap video.

Adanya data itu, Kita dapat menganalisa apa yang butuh Kita naikkan pada pengerjaan beberapa video seterusnya. Jadi Kita tidak berencana pengerjaan video cuma berdasar anggapan, dan juga berdasar data dari beberapa video awalnya.

Telah Siap Mengaplikasikan SEO YouTube? YouTube awalannya dikeluarkan untuk menampung semua kemauan warga akan video yang baik serta dapat dibuka darimanakah saja. Tetapi, bersamaan dengan berjalannya waktu, YouTube beralih seperti dalam mesin perayap dan basis untuk cari pendapatan pasif.

Dengan mengoptimalkan SEO pada video YouTube yang Kita punya traffic akan naik serta kemungkinan tingkatkan Adsense yang didapat. Tidak hanya mengoptimalkan hal tehnis di atas, hal sangat penting dari membuat content ialah kualitas.

Walau tidak semua video kualitas mempunyai view yang tinggi, minimal video itu worth to sharing. Jika video memang wajar serta optimisasi di atas dapat dikerjakan secara baik, Kita bersiap mendulang banyak view, pendapatan, serta pemirsa setia yang akan lakukan subscribe.

Semoga Sukses Menjadi Youtuber Beruang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.