Cara Memilih dan Mengganti Theme WordPress

195 views
cara mengganti tema wordpress

cara mengganti tema wordpress

Pada artikel sebelumnya saya sudah menjelaskan cara install wordpress di cpanel hosting, selanjutnya adalah mendesain web kita dengan tema yang bagus dan keren. Theme wordpress merupakan desain dari halaman blog pada wordpress. Desain tema dari wordpress ini ialah penggabungan dari file yang berupa HTML, PHP, CSS, gambar maupun file lain. Tema disini memiliki karakter yang berbeda-beda sehingga Anda mempunyai keleluasaan dalam memilih tema yang Anda sukai.

Anda juga dapat merancang sendiri tema untuk wordpress Anda dengan cara menggunakan pemrograman atau coding. Namun apabila Anda kurang mampu dalam hal pemrograman, Anda dapat mendownload secara gratis tema tersebut.

Hal ini bergantung pada blog wordpress yang Anda gunakan. Untuk wordpress yang digunakan secara gratisan, Anda hanya bisa memakai tema yang telah disediakan dari wordpress saja.

Anda tidak perlu khawatir tentang pemilihan tema yang hanya disediakan wordpress, karena wordpres menyediakan pilihan tema yang cukup banyak. Bagi Anda yang masih awam dengan wordpress atau blogger pemula dan ingin mengganti tema blog wordpress Anda, berikut cara-cara dalam mengganti theme wordpress untuk tema dari wordpress:

  1. Langkah pertama yaitu membuka halaman Dashboard WordPress.com atau Anda juga dapat mengaksesnya dengan membuka nama situs http://namadomainkalian.com/wp-admin/.
  2. Langkah berikutnya yaitu membuka menu Dashboard yang berada di sebelah kiri halaman. Lalu pilih Appearance dan klik Themes, kemudian Anda sudah bisa memilih tema yang telah disediakan wordpress tersebut.

Sedangkan mengganti tema bukan dari yang telah disediakan wordpress, Anda tidak dapat mengganti dengan cara di atas. Hal ini dikarenaka semisal Anda membeli tema dari tempat lain. Berikut cara menginstall dan mengganti tema dari wordpress kita:

  1. Mendownload Tema Pilihan Anda

Setelah selesai melakukan proses download, Anda harus memeriksa tema yang biasanya dalam format .zip tersebut. Misalkan file .zip tersebut di dalamnya ada file .zip lagi, Anda harus mengeluarkan file tersebut, sehingga hanya ada 1 folder tema dengan nama seperti judul tema.

  1. Upload Tema ke WordPress Anda Melalui Dashboard

Buka menu dan pilih Appearance kemudian klik Upload Themes dan pilih file .zip yang telah Anda download dari situs lain tadi. Setelah proses dari upload file tersebut telah selesai, setelah itu klik Activate dan tema pun berganti sesuai keinginan Anda.

Setelah Anda telah mengetahui cara mengganti tema, namun Anda masih bingung dalam menentukan tema yang menarik. Terutama bagi Anda seorang pemula blogger, berikut beberapa tips dalam memilih tema wordpress:

  1. Memilih tema sesuai keinginan Anda
  2. Anda masih belum membutuhkan tema premium
  3. Jangan terpengaruh dengan tema yang kapasitasnya ringan
  4. Jangan terpengaruh tema SEO-friendly
  5. Jangan terpengaruh dengan mobile-friendly
  6. Jangan install tema bajakan

Sekian beberapa cara maupun tips dalam mengganti dan memilih theme wordpress yang dapat dijadikan acuan Anda. Karena tema adalah salah satu hal yang dapat menarik minat pembaca untuk membaca blog Anda.

yang belum sempat membaca cara installs wordpress bisa berkunjung ke artikel sebelumnya, Cara Install WordPress di Cpanel Hosting Untuk Pemula

Semoga Artikel cara mengganti theme wordpress ini bermanfaat bagi anda jangan lupa berkunjung lagi ke blog saya buyasorta.com .

Shares
/

Belajar Wordpress cara edit wordpress theme cara mengganti tema wordpress 2017 Cara Mengganti Theme Wordpress Ganti Theme Wordpress Mengganti Theme Wordpress

Posting Terkait