Cara Melindungi Konten Blog Dari Plagiat Lengkap, Berikut Cara Daftar DMCA

0
25
Melindungi Konten Blog Dari Plagiat
Melindungi Konten Blog Dari Plagiat

Melindungi Konten Blog Dari Plagiat: Sebagai pemilik situs web, tentu saja Anda telah melakukan banyak upaya untuk membuat situs web Anda dapat menarik pengunjung. Salah satunya, rajin membuat konten yang berkualitas. Namun, bagaimana jika Anda menemukan bahwa orang lain menggunakan konten Anda tanpa izin? Tentu saja Anda akan merasa kesal, bukan? Untungnya, ada solusi untuk dapat menyelesaikan masalah ini dengan cepat, yaitu DMCA.

Anda mungkin pernah mendengar istilah DMCA, tetapi Anda tidak benar-benar memahaminya. Siapa Takut. Dalam artikel ini, kami akan mengundang Anda untuk membahas DMCA secara penuh. Diskusi ini mencakup cara melindungi konten situs web Anda dengan benar dan bagaimana merespons jika Anda dianggap menggunakan konten orang lain.

dmca
dmca

Apa itu DMCA?

DMCA adalah singkatan dari Digital Millennium Copyright Act, aturan yang mengatur hak cipta ke konten digital. DMCA disahkan di Amerika Serikat pada tahun 1998.

Konten digital adalah karya seseorang dalam bentuk teks, gambar, foto, video, dan lainnya yang dikemas dalam format digital. Beberapa contoh format digital yang umum digunakan meliputi: .pdf, .doc, .ppt, .xls, .mp3, .wav, .avi, .wmv, dan lain-lain.

Tinjauan Hak Cipta

Karena DMCA mengatur hak cipta, kami perlu menyebutkan sedikit tentang konsep dasarnya.

hak cipta adalah hak atas kekayaan intelektual ketika seseorang telah menghasilkan karya nyata, baik yang diterbitkan atau tidak.

Ini berarti bahwa ketika Anda menghasilkan sebuah karya, itu akan secara otomatis menjadi hak cipta. Orang lain tidak bisa menggunakan karya itu tanpa izin Anda. Selain itu, tidak boleh ada karya lain yang menyerupai karya Anda 100%.

Misalnya, jika Anda menulis novel di blog Anda dengan karakter utama bernama Gundala. Saat Anda memberikan deskripsi terperinci tentang karakter dalam novel Anda, Gundala akan memiliki hak cipta. Jika ada pihak lain yang menggunakan karakter yang sama dengan nama yang berbeda, maka itu disebut plagiat.

Selanjutnya, hak cipta hanya berlaku jika karya Anda sudah memiliki formulir. Pada contoh di atas, sebuah novel dengan karakter Gundala. Karena, jika hanya dalam bentuk ide tidak termasuk dalam hak cipta yang dilindungi.

Penggunaan Wajar

Apakah ini berarti bahwa tidak ada yang dapat menggunakan karya Anda untuk tujuan apa pun? Jawabannya mungkin, dengan batasan tertentu. Inilah yang disebut sebagai Penggunaan Wajar.

Penggunaan Wajar adalah undang-undang yang berlaku di Amerika Serikat yang mendukung kebebasan berekspresi. Sesuai dengan hukum Penggunaan Wajar ini, seseorang dapat menggunakan karya berhak cipta untuk tujuan terbatas tanpa izin dari penulis.

Misalnya, jika Anda melakukan review film di blog Anda, tentu saja Anda akan menampilkan cuplikan adegan dalam film tersebut. Meskipun seluruh film adalah karya berhak cipta, Anda dapat menggunakan bagian-bagian film tanpa izin terlebih dahulu.

Safe Harbor

DMCA dibuat tidak hanya untuk melindungi pembuat konten, tetapi juga pihak ketiga yang terlibat dalam lalu lintas menggunakan konten digital. Dalam hal ini, pihak ketiga adalah penyedia layanan hosting, penyedia layanan internet, dan mesin pencari.

Seiring perkembangan internet, mengunggah, mengunduh, dan berbagi file menjadi hal biasa. Terkadang dalam praktiknya, identitas pencipta tidak diketahui. Inilah yang mengarah pada penggunaan konten tanpa izin, plagiarisme, dan bahkan pencurian konten.

DMCA bertujuan untuk melindungi pembuat konten dari semua tindakan penyalahgunaan sambil melindungi pihak ketiga dari tuntutan hukum.

Artinya, jika Anda seorang pembuat video, dan ternyata karya Anda diunggah oleh orang lain ke Youtube, Anda tidak dapat menuntut YouTube di bawah aturan ini. Contoh lain, jika ada pihak yang memuat novel Anda di blog mereka, Anda tidak dapat menuntut penyedia hosting.

Apakah DMCA Berlaku untuk Indonesia?

Anda mungkin bertanya, jika DMCA adalah undang-undang yang dikeluarkan di Amerika Serikat, apakah aturan itu berdampak pada Anda di Indonesia? Jawabannya, Tentu saja.

Satu hal yang perlu dipahami adalah bahwa aturan ini tidak didasarkan pada tempat tinggal seseorang. DMCA berlaku sesuai dengan tempat konten disimpan. Jadi, jika konten Anda disimpan server terletak di Amerika Serikat, Anda secara otomatis harus mematuhi aturan ini. Demikian juga mereka yang menggunakan konten Anda tanpa hak.

Selain itu, bahkan jika Anda menyimpan file konten Anda di salah satu layanan hosting di luar Amerika Serikat, Anda tidak perlu khawatir. Alasannya adalah, meskipun perusahaan hosting tidak diharuskan secara hukum untuk mematuhinya, kebanyakan dari mereka menghormati berlakunya undang-undang ini.

Cara Mendaftar DMCA untuk Situs Web

Apakah ada cara yang lebih efektif untuk melindungi konten situs web Anda? Mengaktifkan perlindungan DMCA di situs web Anda adalah solusinya.

Ketika logo DMCA tertanam di situs web Anda, itu pasti akan mencegah pencuri untuk mengambil keuntungan. Mengapa demikian? Logo adalah tanda bahwa Anda dapat segera melaporkan pihak yang mencuri konten dan bahkan menutup situs web.

Lalu, bagaimana cara mendaftar DMCA? Berikut ini beberapa langkah yang harus Anda ambil:

1. Isi data pribadi

Silakan akses ke halaman ini untuk memulai pendaftaran. Mengisi Nama depan, nama keluarga dan alamat email Kamu. Jangan khawatir, Anda tidak akan dikenai biaya.

Pilih logo yang akan Anda tampilkan di situs web / blog Anda. Pilihannya sangat banyak. Jadi, Anda dapat menyesuaikannya dengan tampilan situs web Anda.

Setiap halaman situs web yang menampilkan logo DMCA akan dilindungi oleh hak cipta. Setelah proses ini berhasil, akan ada sistem yang melakukannya merangkak konten situs web Anda sehingga ia mengetahui konten yang Anda miliki.

Penting untuk diingat bahwa, ketika pendaftaran berhasil, jangan lupa untuk mengonfirmasi apakah sistem berfungsi dengan baik.

Bagaimana Jika Konten Anda Digunakan Tanpa Izin?

Lalu, bagaimana jika Anda merasa seseorang telah menggunakan konten Anda tanpa izin? Bagaimana DMCA dapat membantu Anda?

Meskipun Anda memiliki hak untuk mengajukan permintaan penghentian (pemberitahuan penghapusan), ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

1. Memastikan Pelanggaran Hak Cipta Terjadi

Seperti yang Anda ketahui, ada beberapa aturan menggunakan karya yang bisa dilakukan tanpa izin. Jika penggunaan konten yang Anda temukan termasuk dalam kategori Penggunaan Wajar, maka Anda mungkin tidak mengirimkan pemberitahuan penghapusan. (Kami akan membahas ini lebih lanjut di bagian selanjutnya)

Contoh Penggunaan Wajar termasuk kritikus, komentar, reportase berita, pengajaran dan penelitian.

Jika konten seseorang hanya digunakan sebagai bagian dari karya dan digunakan untuk tujuan yang berbeda, seperti dalam ulasan, maka itu bukan pelanggaran hak cipta.

Penggunaan beberapa konten yang tidak dimaksudkan untuk mendapatkan keuntungan finansial, akan dianggap sebagai bagian dari Penggunaan Wajar.

Mengambil ide dasar untuk menghasilkan karya lain yang berbeda, bukanlah bentuk pelanggaran hak cipta. Misalnya, jika Anda menulis sebuah cerita dengan mengambil inspirasi dari cerita lain, itu diperbolehkan.

2. Menghubungi Orang yang Melakukan Pelanggaran

Setelah Anda mengkonfirmasi bahwa pelanggaran telah dilakukan oleh pihak lain dan Anda tahu pihak itu, Anda dapat menghubungi mereka.

Jika Anda tidak ingin konten Anda digunakan, Anda dapat meminta segera menghapus publikasi yang terkait dengan konten itu. Jika Anda ingin menggunakan konten sesuai dengan ketentuan yang Anda berikan, Anda dapat memintanya untuk mengirimkan aplikasi tertulis.

Namun, jika Anda sudah melakukan itu dan pihak-pihak terkait mengabaikannya, Anda dapat mengirimkannya pemberitahuan penghapusan.

Cara mengirim Pemberitahuan Penghapusan

Langkah ini dapat dilakukan jika seseorang tidak memiliki itikad baik untuk menghapus konten Anda setelah Anda mengajukan keberatan.

Pemberitahuan Penghapusan adalah dokumen yang berisi pernyataan Anda tentang pelanggaran hak cipta yang Anda alami. Anda harus melengkapi dokumen dengan bukti pelanggaran.

Dokumen ini ditujukan kepada penyedia layanan hosting yang menggunakan konten Anda. Bahkan, jika Anda juga ingin mesin pencari tidak menampilkan hasil pencarian dengan konten yang dilindungi hak cipta, Anda dapat memberi tahu pihak tersebut

Informasi apa yang harus dimuat dalam dokumen pemberitahuan penghapusan Kamu?

  1. Data Anda sebagai pemilik konten berhak cipta. Pastikan data lengkap dan ditulis dengan benar sehingga pihak hosting dapat menghubungi Anda lagi. Misalnya ketika Anda mengirimnya ke Facebook.
  2. Bukti yang memperkuat bahwa Anda memiliki konten.
  3. Informasi konten Anda yang hak ciptanya dilanggar. Jika ada lebih dari satu konten, Anda dapat mengirim beberapa informasi secara bersamaan sehingga dapat diproses lebih cepat.
  4. Pernyataan yang menyatakan bahwa Anda yakin telah terjadi pelanggaran konten pada poin ketiga yang Anda sebutkan.
  5. Tanda tangan Anda memasukkan dokumen yang Anda kirim. Atau, pihak ketiga yang Anda tunjuk mewakili Anda tentang masalah tersebut.

Anda hanya harus menunggu proses untuk berjalan. Pihak yang Anda beri tahu akan melaksanakan kewajiban sesuai dengan ketentuan DMCA. Secara otomatis proses penghentian penggunaan konten pada layanan mereka akan dilakukan. Jika tidak, maka Anda dapat mengambil tindakan hukum untuk masalah ini.

Ingat, pengiriman yang Anda lakukan melalui pemberitahuan penghapusan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab Anda. Jika ada yang salah, itu bisa berdampak pada Anda. Kami menyarankan Anda meninjau dokumen Anda dengan cermat sebelum mengirimnya.

Selain itu, beberapa layanan telah menyediakan formulir untuk mengirimkan pemberitahuan penghapusan. Jadi, Anda tidak perlu mengatur email Anda sendiri. Beberapa layanan ini termasuk, Facebook, Kericau, Instagram, dan Youtube.

Baca juga: Apa Clickbait pada YouTube, Judul dan Thumbnail Video Jebakan!

Dengan Bijak Menanggapi Pemberitahuan TakeDown Dari Pihak Lain

Di sisi lain, bagaimana jika Anda mendapat notifikasi email yang diduga menggunakan konten berhak cipta?

Langkah-langkah yang perlu Anda ambil kurang lebih sama ketika Anda akan mengirimkan pemberitahuan penghapusan.

1. Belajar Pertama

Seperti kamu tahu, pemberitahuan penghapusan akan memberikan informasi lengkap tentang persepsi penggunaan konten ilegal. Pastikan Anda membacanya dengan baik. Catat poin yang disebutkan dalam email notifikasi. Apakah surat itu juga menyebutkan keberadaan informasi dalam bentuk e-mail yang bisa dihubungi.

Jika Anda menggunakan konten seperti yang dinyatakan, Anda harus mengikuti ketentuan bahwa konten tersebut harus dihapus.

Sebaliknya, jika Anda berpikir bahwa Anda memiliki konten, Anda dapat mengajukan bantahan yang disebut Pemberitahuan Tanggapan.

2. Menentukan apakah akan mengirimkan Pemberitahuan Tanggapan

Pemberitahuan Tanggapan adalah pernyataan bahwa Anda belum menggunakan konten ilegal seperti yang dinyatakan.

Untuk itu, Anda harus mengirim surat kembali ke layanan. SEBUAH pemberitahuan tanggapan juga akan mengandung:

  1. Data pribadi Anda lengkap.
  2. Klarifikasi konten yang dianggap melanggar hak cipta.
  3. Pernyataan bahwa konten tersebut bukan hasil dari pelanggaran hak cipta.
  4. Tanda tangan Kamu.

Anda harus mempertimbangkan langkah ini dengan cermat. SEBUAH pemberitahuan tanggapan akan memiliki implikasi hukum. Surat yang Anda kirim akan ditanggapi oleh pihak yang melaporkan 10 hari terlama untuk diambil melalui saluran hukum. Ketika Anda melebihi batas waktu ini, konten Anda harus dikembalikan seperti sebelumnya.

Kesimpulan

Konten digital yang Anda terbitkan adalah karya intelektual yang berharga. Oleh karena itu, perlindungan konten mutlak diperlukan.

DMCA adalah aturan yang membantu Anda melindungi hak cipta dari konten digital Anda. Jika Anda menemukan pelanggaran oleh pihak lain, Anda dapat melaporkannya. Kami sudah menjelaskan prosedur untuk melakukan ini.

Namun, jika Anda mendaftarkan situs web Anda dengan DMCA, Anda dapat menempatkan logo perlindungan DMCA. Keberadaan logo ini dapat mencegah pencurian konten karena Anda dapat dengan mudah melaporkan situs web yang mencuri konten Anda.

Semoga diskusi tentang DMCA ini dapat membuat Anda dapat mengelola konten Anda dengan lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.