Apa Clickbait pada YouTube, Judul dan Thumbnail Video Jebakan!

0
68
pengertian clickbait
pengertian clickbait

Apa Clickbait pada YouTube: Beragam cara yang dilakukan oleh YouTubers agar videonya di buka dan ditonton. Salah satu upaya yang sering mereka lakukan adalah menggunakan trik Clickbait pada judul video dan Thumbnail di YouTube.

Masih ingat kasus Kimi Hime si ratu Clickbait Yang dipanggil Kominfo karena judul dan thumbnail pada video-video yang dia unggah Clickbait dan menjurus ke konten de__sa.

Pada dasarnya, Clickbait merupakan judul jebakan yang mengundang klik. Judulnya begitu menggetarkan, ketika di buka, videonya biasa aja, bahkan terkesan alay lebay dan tak bemutu :D. Yang sebetulnya hal itu merupakan hal yang dilarang oleh youtube baca 5 Syarat Monetisasi Youtube dengan Adsense

apa itu pengertian clickbaik
Judul dan thumbnail clickbaik pada video Kimi Hime, foto: via Youtube.com

Apa Itu Clickbait

Clickbait merupakan jebakan yang mengundang klik, seolah-olah menyimpan sesuatu yang apabila di buka akan mengejutkan para pembaca blo atau penonton video.

Judul yang terkesan mengejutkan, wah, sensasional, mengundang sesuatu, rahasia dan tersembunyi sehingga menarik pembaca atau penonton pada saat itu

Seringkali menggunakan tanda seru (!) pada awal kata maupun akhir kalimat judul dan menggunakan banyak titik-titik atau xx.

Umumnya, menggunakan kata “Inilah” atau “Itulah”, dan diantaranya menggunakan kata tanya seperti, “Apakah?”, “Benarkah?”, “Bisakah?” dan seterusnya

Di atas adalah kriteria atau ciri-ciri judul Clickbait. Nah, bagaimana dengan contohnya? Berikut ini contoh judul yang menggunakan trik Clickbait:

“5 fakta Artis Anu.., no 3 bikin kamu penasaran, Lho!”

Eh, bicara-bicara siapa sih Anu … ? Lihat foto-foto … cantiknya!

Setelah sobat mengetahui istilah kata dari Clickbait, lalu bagaimana definisi dari Clickbait YouTube?

Pengertian Clickbait pada YouTube adalah judul jebakan sensasional yang mengundang agar di klik dan ditonton videonya.

Pada dasarnya, Clickbait merupakan “dorongan” secara tidak langsung bagi yang melihat untuk mau membuka atau mengakses konten video tersebut.

Kebanyakan Clickbait baik di situs atau YouTube, tidak sesuai dengan isi konten atau artikel dan lebih banyak ke hal bersifat hoax.

Judul boleh sensasional, tapi isinya? Berkualitas dan cocok nggak sama judulnya yang sensasional? Jika tidak, tentu mereka yang menonton akan merasa dirugikan. Kecewa!

Alhasil? Orang tersebut akan meninggalkan saluran YouTube sobat sesegera mungkin. Yang lebih parahnya, mereka juga berhak memberikan down-vote untuk saluran YouTube sobat.

Salahkah menggunakan Judul dan Thumbnail Clickbait?

Tidak ada yang salah karena Clickbait merupakan salah satu strategi internet marketing, tentang bagaimana cara mereka meningkatkan lalu lintas apa yang mereka punya, entah itu situs atau video di YouTube.

Baca Juga: Cara Membuat Thumbnail Youtube Yang Unik dan Super Keren

Namun, perlu diperhatikan adalah bagaimana reaksi para penonton pada saat itu. sangat disayangkan jika judul dan thumbhnail video tidak sesuai dengan isinya. Karena akan merugikan penonton video atau pengunjung blog, dan juga akan berakibat pada berkurangnya pengunjung pada channel youtube kita.

Bahkan akan unsubscribe channel dan memblokir channel kesayangan kita, tentunya jika kita publisher adsense maka akan berkuranglah penghasilan, sayangkan?

Dampak Serta Pengaruh Clickbait pada YouTube

Secara garis besar, memang Clickbait bakal memberikan trafik (view) tinggi yang cukup menjanjikan untuk video YouTube.

Masalahnya, salah satu kekurangan dari Clickbait YouTube adalah mereka yang menonton, berhak memberikan menurunkan Ratting pada video-video YouTube, atau bahka memblokir chanel dan video kita.

Apabila terlaku banyak video-video yang ditandai buruk, bisa jadi itu berakibat fatal bagi saluran YouTube. Da Reputasi Channel menjadi buruk dan berakhi pada dismon atau banned channel. Selain dengan click bait kita juga bisa mengoptimasi video dan chanell dengan seo silahkan baca: Panduan Lengkap SEO Youtube Terbaru, Utamakan Riset Keyword!

Itula seklumit pengetahuan tentang Clickbait pada YouTube serta bagaimana dampak, Dampak Clikbait pada video-video yang ada di saluran Channel YouTube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.