Apa itu Gutenberg?

250
Apa itu Gutenberg?
Apa itu Gutenberg Image by Yoast

Jika Anda telah menggunakan WordPress untuk jangka yang cukup lama, kemungkinan Anda menjadi sangat akrab dengan editornya. Namun, Anda mungkin juga pernah mendengar akan ada perubahan editor pada wordpress akan datang, pengguna WordPress akan merasakan editor baru dalam membuat konten. Mungkin membuat Anda mulai bertanya:

“Apa itu Gutenberg?”

Gutenberg merupakan editor baru untuk platform WordPress. WordPress akan secara radikal mengubah cara membuat postingan di blog, halaman, produk, dan hampir semua hal lain di situs Anda. Gutenberg akan siap digunakan pada dari WordPress 5.0, walaupun sekarang bisa anda gunakan  tapi secara resmi akan dirilis paling cepat pada 27 November 2018.

Jika Anda masih bertanya-tanya “Apa tepatnya Gutenberg?” jangan khawatir. Di pos ini, kami akan membahas semua hal mendasar, dan menunjukkan cara untuk mencoba editor baru untuk Anda sendiri. Mari kita mulai!

Apa itu Gutenberg?

Sejak awal, editor WordPress saat ini dalam format editor TinyMCE open-source dan belum banyak berubah:

Ini tidak biasa – pengembangan pada platform WordPress inti biasanya lambat dan bertahap. Namun, ini berarti beberapa elemennya, seperti editor, telah kedaluwarsa (setidaknya menurut pendapat sebagian pengguna).

Di seluruh web, cara yang lebih visual dan intuitif dalam membuat konten telah menjadi populer. Ada pembuat situs web yang mudah digunakan seperti Wix dan Squarespace misalnya.

Bahkan komunitas WordPress telah berkontribusi dalam hal ini, membuat banyak plugin pembuat halaman (seperti Elementor dan Divi ) yang memungkinkan Anda menggunakan drag-and-drop alat untuk mendesain layout menggunakan elemen-elemen yang berbeda.

Gaya pembuatan konten ini telah membuat editor Visual basic WordPress terlihat sedikit kuno, itulah mengapa ia mendapatkan perombakan total dalam bentuk Gutenberg:

Apa itu Gutenberg? Ini adalah editor WordPress yang benar-benar baru, yang dirancang untuk lebih mirip dengan alat pembuat situs web dan halaman. Kami akan melihat lebih dekat cara kerjanya sesaat. Namun, mari kita bahas potensi keuntungan dan kerugiannya.

Pro dan Kontra Gutenberg

Jika Anda pernah mendengar sesuatu tentang Gutenberg sebelum membaca artikel ini, Anda mungkin menyadari itu adalah perubahan yang kontroversial. Ada banyak pengguna WordPress yang berpikir itu adalah perkembangan yang menjanjikan dan perlu, dan sama seperti banyak yang lebih suka itu tidak ada.

Baca Lainya:   5 Plugin Sitemap Wordpress Terbaik

Perdebatan tentang Gutenberg adalah kompleks, dan orang-orang memiliki alasan unik mereka sendiri untuk mendukung atau berdebat. menentangnya. Namun, mari kita simpulkan beberapa potensi dan kekurangan potensial editor baru.

Pro

Pengembang Gutenberg dan mereka yang menantikan kedatangan editor berharap akan:

  • Membuat proses pembuatan konten lebih intuitif dan mudah bagi pemula untuk mengambil.
  • Membantu Anda melihat konten Anda dalam format yang lebih dekat dengan tampilannya di bagian depan.
  • Satukan pengalaman pembuatan konten dengan menghilangkan kebutuhan untuk shortcode yang terpisah .
  • Menyediakan lebih banyak pilihan untuk menyesuaikan konten Anda, melalui berbagai elemen diskrit.
  • Hilangkan kebutuhan untuk menginstal plugin yang terpisah .

Kontra

Namun, mereka yang khawatir tentang kedatangan Gutenberg khawatir bahwa:

  • Meskipun tujuannya adalah untuk menyediakan antarmuka yang intuitif, itu mungkin sebenarnya lebih sulit untuk dipelajari.
  • Akan ada banyak konflik dengan tema dan plugin yang ada, dan bahkan mungkin istirahat certa di situs.
  • Tidak siap untuk dijadikan bagian dari platform inti, dan harus disimpan sebagai plugin terpisah untuk masa mendatang.

Bagaimanapun, Gutenberg akan menjadi bagian dari WordPress dengan pembaruan utama berikutnya. Ini berarti terlepas dari kecenderungan pribadi Anda apakah itu perubahan yang diperlukan, Anda setidaknya harus siap.

Bagaimana cara mencoba Gutenberg sendiri

Pada titik ini, kami telah menjawab pertanyaan “Apa itu Gutenberg? “Selain itu, kami telah menyentuh alasan mengapa itu dibuat resmi, serta argumen menentangnya. Sekarang, saatnya untuk mencoba Gutenberg sendiri.

Jika Anda telah memperbarui situs WordPress Anda ke versi terbaru baru-baru ini (yang Anda selalu harus!), Anda mungkin telah melihat pemberitahuan tentang Gutenberg di dasbor Anda:

Mengeklik Memasang Gutenberg di sini akan memungkinkan Anda mencobanya dalam bentuk plugin . Namun, kami tidak menyarankan untuk melakukan ini di situs langsung, karena editor masih dalam pengembangan. Sebaliknya, Anda akan ingin mengujinya di situs pementasan lokal atau hanya untuk aman.

Setelah Anda menginstal dan mengaktifkan plugin Anda akan dibawa ke halaman contoh di mana Anda dapat melihatnya beraksi:

Bagaimana Gutenberg bekerja

Semua konten di sini dibagi menjadi ‘blok’ individu. Gutenberg memiliki banyak jenis blok yang berbeda, yang dapat Anda lihat dengan mengklik ikon plus di sudut kiri atas halaman:

Baca Lainya:   6 Cara Untuk Mengoptimalkan SEO Postingan Blog Anda

Dalam arti dasar, itu semua ada ke Gutenberg. Anda menambahkan setiap bagian konten ke bloknya sendiri, menyesuaikan opsi blok, dan mengatur semuanya di halaman dalam tata letak pilihan Anda. Anda dapat menyeret blok ke atas dan ke bawah untuk mengatur ulang mereka, mengubah ukuran dan penyejajaran mereka, dan membuat tweak lainnya juga.

Kami sangat menyarankan untuk bermain-main dengan Gutenberg sendiri, mencoba berbagai blok, dan memahami cara kerjanya. Dengan cara ini, Anda akan dapat memutuskan sendiri bagaimana tumpukan itu melawan editor WordPress saat ini.

Jika Anda memutuskan Anda bukan penggemar Gutenberg, Anda akan dapat terus menggunakan editor yang biasa Anda gunakan, setidaknya untuk sementara waktu. Bahkan setelah WordPress 5.0 berguling, Anda dapat menginstal plugin Editor Klasik di situs Anda untuk membalik bagian pembaruan.

Namun, perlu diingat bahwa pengembang dari plugin dan tema favorit Anda sudah bekerja keras memperbarui alat-alat tersebut agar kompatibel dengan Gutenberg. Ini berarti dalam jangka panjang, Anda mungkin lebih baik dilayani dengan membuat peralihan awal.

Kesimpulan

Ternyata, jawaban atas pertanyaan “Apa itu Gutenberg” lebih kompleks daripada yang Anda bayangkan. Editor baru yang akan datang telah membuat semua orang berbicara, dan telah memicu banyak perdebatan sengit.

Apa yang kami lakukan ketahui adalah bahwa Gutenberg akan datang sebagai bagian dari WordPress 5.0 yang dapat luncurkan sedini 27 November 2018, atau selambat 22 Januari 2019, jadi sebaiknya mulai bersiap untuk perubahan ini sekarang. Anda dapat mengunduh dan menginstal versi plugin untuk mencobanya sendiri, sehingga Anda akan tahu apa yang akan terjadi dalam waktu dekat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.