Ad Clicks : Ad Views : Ad Clicks : Ad Views :

Cara Mudah Membuat Blog (Web) WordPress Self Hosting

Cara Membuat Blog di WordPressUntuk saat ini membuat blog atau web pribadi ataupun bisnis sangatlah mudah, banyak CMS (conntent management system) yang sangat bagus dan mudah cara menggunakannya tanpa harus paham bahasa pemograman sekalipun. Untuk membuat blog atau web kita tinggal klik by klik saja. Beberapa CMS Yang populer di kalangan blogger dan developer web diantaranya WordPress, Joomla, Drupal dll.

Dan yang paling populer saat ini di Indonesia bahkan di sluruh dunia adalah WordPress yang paling banyak di gunakan, dari mulai untuk blog pribadi sampai web profesional.

Contoh: Blog saya ini merupakan blog yang saya buat dengan menggunakan wordpress Self Hosting. Web Profesional Indonesia yang menggunakan CMS WordPress seperti HIPWEE, portal berita suara dot com, Official Blog Lazada (blog.lazada.co.id), pwmu.co (web Muhammadiyah Jawa Timur yang saya Admini) dan masih banyak lagi.

WordPress Self Hosting, WordPress self hosted merupakan cms (Content Management System) open source yang bisa di gunakan untuk web atau blog dengan mandiri berbeda dengan wordpress dot com yang terintegrasi dengan server wordpress yang di sediakan secara gratis.

Sedangkan Untuk membuat blog/web dari WordPress WordPress self hosted (di hosting sendiri) ada beberapa komponen yang harus anda siapkan.

  • Nama Domain (ex : buyasorta.com)
  • Hosting
  • dan WordPress

Anda juga tidak perlu bingung bagaimana cara mendapatkan ketiganya?, karena ketiganya akan anda dapatkan dengan mudah dengan membeli atau menyewa layanan hosting. Hampir semua layanan hosting saat ini menyediahkan CPANEL dengan auto installer wordpress dengan satu klik anda sudah mendapatkan sebuah blog pribadi atau web profesional.

Saran saya dalam memilih dan menggunakan Hosting pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan anggaran anda. Selanjutnya jiga anda sudah menyewa hosting yang pas di hati dan sesuai dengan kebutuhan dan kantong anda silahkan ikuti panduan saya di bawah ini bagaimana cara membuat blog dengan self hosting. atau baca juga di Cara Install WordPress di Cpanel Hosting Untuk Pemula.

Simak Juga Gan  Kenapa Canvas Camtasia 9 Tidak muncul ???

Sebagai referensi juga dan mungkin lebih lenkap Silahkan kunjungi Juga Hostinger Tutorial  

Cara Membuat Blog di WordPress dengan Self Hosting

  1. Login ke layanan hosting akses melalui cPanel atau dashboard hosting utama Anda cari . dan pilih installer otomatis.Pertama-tama, masuk ke dashboard atau cPanel dan buka Website > Auto Installer: silahkan lihat gambar tempat auto installer di cpanel hosting 
  2. Langka berikutnya setelah anda menemuhkan auto installer di panel, silahkan klik auto installer dan anda akan masuk ke halaman yang berisi banyak script atau cms yang di sediakan hosting (lihat gambar)

    gambar dari cpanel hostinger.co.id
  3. Langkah selanjutnya silahkan klik install pada wordpress, isi semua yang di sarankan oleh wordpress. lihat gambar di bawah beberapa form yang harus di isi sesuai dengan web atau blog anda, nama blog, site diskripsi yang menjelaskan blog atau web anda di peruntukan untuk apa (ini sangat penting untuk SEO) jadi harus di isi saat install WordPress.
    cara install wordpress di hosting

    Selesai sudah dan anda sudah memiliki sebuah web atau blog pribadi dari wordpress self hosting. Kalau anda membutuhkan tutorial lengkapnya sekaligus bisa memilih paket hosting yang bagus untuk blog anda. Untuk lebih lengkap dan detail bagaimana Cara Membuat Blog dengan WordPress dari awal sampai cara mengelola blog dari wordpress silahkan kunjungi Hostinger Tutorial

    Selamat Berkarya dan memiliki blog pribadi dengan wordpress, silahkan update rutin artikel untuk mendapatkan banyak kunjungan ke blog anda.

Jangan Lupa Komentar dan share Jika Artikel Ini Bermanfaat.

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
==[Close Klik 2x]==
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali