Cara Membuat Daftar Isi Di WordPress

4

Cara Membuat Daftar Isi Di WordPress: Membuat tampilan blog menjadi menarik dan enak dibaca pengunjung merupakan sebuah keharusan. Ketika pengunjung nyaman membaca blog kita maka mereka akan berlama-lama dan kemungkinan akan kembali lagi dikemudian hari, hal itu juga menurunkan bounce rate blog.

Bagi blog wordpress dengan artikel-artikel panjang dengan membuat daftar isi di artikel akan membuat nyaman pengunjung blog.

Kali inik kita akan membahas cara membuat daftar isi (table of content) pada blog wordpress. Sebelum melangkah ke tahap tutorial, perlu tahu apa daftar isi  yang biasa disebut TOC (table of content).

Cara Membuat Daftar Isi di WordPress

Apa itu Daftar Isi?

TOC- table of content merupakan daftar isi pada halaman artikel, daftar isi ini memberikan kenyamanan bagi pembaca blog kita, dan menemukan poin penting pada setiap artikel.

Kita juga bisa mendapatkan inti dari sebuah artikel pada blog dengan sangat mudah, dengan bantuan TOC pembaca lebih mudah memahami artikel yang dibacanya.

Apa manfaat dari daftar isi?

Manfaatnya telah dijelaskan pada poin di atas, pada dasarnya memudahkan pembaca untuk menemukan inti dari artikel di blog kita. Banyak blogger beranggapan bahawa dengan membuat daftar isi akan meningkatkan SEO Blog.

Cara membuat daftar isi di WordPress (TOC)

Membuat daftar isi di platform wordpress sebenarnya mudah, dengan bantuan plugin, beda dengan pengguna blogger atau blogspot.

Dengan wordpress jahu lebih mudah mengelola website dibanding menggunakan platform lainya. cukup instal plugin di WordPress, pengaturan akan otomatis menjadi daftar isi konten.

  • Langkah pertama untuk membuat daftar isi adalah masuk ke dashboard situs wordpress  masing-masing. Jika telah masuk, maka cukup cari dan klik Plugin, lalu klik Tambah baru.  perhatikan gambar di bawah ini. Kemudian lanjutkan mengetik kata kunci table of content.

table of content plugin wp

  • Selanjutnya tampilan akan muncul seperti yang ditunjukkan di atas, lalu pilih seperti yang ditunjukkan di atas. Setelah itu klik pasang, sampai muncul kata aktifkan. Setelah muncul kata aktifkan-klik untuk mengatifkan plugin. Selesai … proses instal plugin TOC WordPress.
Baca Lainya:   Jasa Pembuatan Portal Berita dan Verifikasi Google News

Belum selesai, kita tinggal mensetting plugin TOC agar bisa secara otomatis bekerja membuat daftar isi pada setiap pontingan panjang.

Cara Mengatur Daftar Isi di WordPress

  • Langkah pertama silakan masuk ke dashboard wordpress,  cari dan klik Pengaturan.
  • Pilih Daftar Isi, jika masih bingung, harap perhatikan gambar di bawah ini.

table of content

Aktifkan fitur Otomatis pada postingan atau halaman. Sesuaikan sesuai dengan selera, atau dapat memeriksa bagian posting dan halaman, di kedua bagian.

Gulir ke bawah, akan menemukan setinggan kapan daftar isi akan muncul pada artikel blog kita, setting toc sesuai dengan selera plih H1, H2, H3 atau lebih. Kalau di blog saya ini saya pilih H3 untuk SubHeading, jadi setiap sub judul saya setting H3.

Header Label ,  bisa di isi “Daftar Isi” atau lainya. Untuk opsi lain silakan default  TOC jika sudah klik Simpan, dan lihat hasilnya.

Kesimpulan: dengan menggunakan TOC pada wordpress akan mempermudah pembaca menemukan point-point penting pada artikel.

“Dengan wordpress mengelola blog lebih mudah”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.