Install WordPress – Ada banyak orang yang menggunakan website untuk macam-macam tujuan. Untuk web yang sifatnya gratis seperti blog, dapat digunakan sebagai blog pribadi ataupun bisnis kecil-kecilan. Dengan cara yang sangat mudah untuk membuat blog gratis sendiri dengan hanya mengikuti langkah-langkah yang sudah disediakan pada penyedia layanan seperti WordPress ini.

install-wordpress-di-cpanel
Cara Install WordPress pada Cpanel Hosting

Akan tetapi, jika Anda ingin lebih leluasa mengkreasikan web Anda, misalnya website yang Anda fungsikan untuk tempat jual beli online ataupun yang lainnya. Anda perlu mengeluarkan biaya sedikit untuk performa yang lebih baik pada web Anda. Yaitu dengan terlebih dahulu mendaftarkan alamat website Anda menjadi terdaftar online dan mudah diakses oleh orang.

Hosting adalah penyedia layanan di internet yang fungsinya memasukkan website Anda yang sebelumnya sudah Anda buat secara offline menjadi terdaftar online. Sehingga alamat website Anda akan dapat dan mudah diakses untuk orang banyak. Dengan begini otomatis website yang Anda jalankan menjadi semakin bagus dan menarik.

Caranya adalah Anda harus terlebih dahulu menginstall WordPress di hosting. Yaitu Anda harus sudah mempunyai domain dan hosting sendiri yang nantinya akan Anda pakai untuk install. Untuk membantu proses install ini, ada banyak aplikasi yang fungsinya untuk mengelola hosting yang dapat Anda gunakan. Diantaranya adalah cPanel, Plesk, Kloxo dan lain sebagainya.

baca juga : Cara Membuat Blog Wordpres Adsense-SEO untuk Pemula

Aplikasi yang paling banyak digunakan untuk saat ini adalah dengan cPanel. Selanjutnya, langkah-langkah install WordPress dengan cPanel ini sebenarnya dapat Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Karena saat ini tersedia aplikasi auto installer yang dapat membantu proses instalasi. Beberapa diantaranya adalah menggunakan Softaculous, Fantastico dan QuickInstall.

Simak Juga Gan  6 Plugin Wordpress User Generate Konten Terbaik

Untuk sekarang akan kita fokuskan pada Install WordPress dengan Softaculous. Namun sebelumnya, Anda perlu perhatikan hal-hal penting yang nanti akan diperlukan saat instalasi. Seperti: nama database, username dan password, email aktif Anda, nama admin dan nama domain yang Anda pakai.

Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Anda masuk ke cPanel hosting dengan menggunakan username dan password yang sudah Anda miliki dari penyedia hosting. Jika sudah masuk, pada beranda klik aplikasi Softaculous.
  2. Setelah Anda klik aplikasi tersebut, Anda akan masuk pada pilihan website. Selanjutnya pilih WordPress.
  3. Langkah selanjutnya adalah pilih perintah install untuk masuk pada langkah instalasi WordPress milik Anda.
  4. Disana akan keluar form yang harus Anda isi dengan data yang sudah disiapkan sebelumnya dengan benar. Anda tinggal mengikuti perintah pengisian yang sudah ada. Yang perlu diperhatikan pada proses ini adalah gunakan email aktif Anda. Selain itu untuk username dan password gunakan kata yang unik namun Anda mudah menghafalnya.
  5. Setelah pengisian form ini lengkap, Anda tinggal klik install untuk tahap akhir.

 

Baca juga : Tips Memilih platform Blog yang cocok Bagi Pemula Untuk Google Adsense

Dengan demikian cara install WordPress menggunakan Softaculous sudah selesai. Sebagai tambahan untuk yang lagi mau memulai ngeblog atau membuat website apalagi untuk keperluan Adsense jangan menggunakan hosting yang tidak recomended.

Karena web atau blog untuk adsense biasanya memiliki resource dan trafic yang sangat tinggi. Saya menyarankan untuk menggunakan hosting berkelas seperti, GoDaddy, hostgator, atau seperti yang saya gunakan untuk blog saya ini hawkhostuntuk install wordpress dan setting SEO nya mudah dan sangat recomended untuk blog bahkan banyak teman saya pemain Blog blachat menggunakan hawkhost.com. Silahkan daftar mumpung lagi ada promo murah gunakan link ini untuk mendapatkan kupon potongan https://my.hawkhost.com/aff.php?aff=8335

Simak Juga Gan  Cara Mudah Membuat Blog (Web) Wordpress Self Hosting

 

untuk lebih  jelas bagaimana cara install wordpress di cpanel hosting anda bisa menonton video saya di youtube, dan jangan lupa untuk subscribe like dan share

[youtube width=”100%” height=”300″ src=”ILqBxxe_Rmg”][/youtube]