WordPress 5.0, Cara Menggunakan editor Gutenberg

0
101

Ditetapkan untuk dirilis pada 6 Desember 2018, WordPress 5.0 membawa satu pembaruan utama – editor Gutenberg baru. Jika Anda ingin mendapatkan yang terbaik dari alat ini, Anda perlu mempelajari tentang sistem pencekalan Gutenberg.

Gutenberg membantu Anda membuat konten dengan cara yang lebih visual daripada editor TinyMCE sebelumnya. Untuk melakukan ini, ia menyediakan pustaka elemen yang dibuat sebelumnya, atau ‘pemblokiran’. Setiap blok dapat ditambahkan ke halaman atau posting dan dikustomisasi. Ada blok untuk menangani komponen dasar seperti teks dan gambar, serta beberapa yang menyediakan fitur lanjutan (seperti tombol dan tabel).

Dalam panduan ini, kami akan memperkenalkan sistem blok Gutenberg dan menunjukkan cara untuk menggunakannya. Di sepanjang jalan, kami akan memperkenalkan Anda ke beberapa blok paling berguna yang disertakan dalam editor baru. Mari mulai bekerja!

Cara menggunakan blok Gutenberg untuk membuat posting WordPress (dalam 3 langkah)

Dengan asumsi Anda telah memperbarui situs Anda menjadi WordPress 5.0 Anda situs harus menggunakan editor Gutenberg baru secara default.

Semua yang tersisa adalah mempelajari cara menerapkan sistem pencekalan Gutenberg baru!

Kami akan mengilustrasikan fitur utama editor dengan memandu Anda melalui bagaimana rasanya membuat sebuah posting WordPress dasar, tetapi Anda dapat menggunakan pendekatan yang sama tidak peduli apa pun jenis konten yang Anda buat dengan Gutenberg.

Langkah 1: Tambahkan blok ke posting Anda

Hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah berikan judul pada posting Anda, dengan menggunakan bidang khusus di bagian atas editor:

Ini bekerja dengan cara yang persis sama seperti yang dilakukan di klasik editor. Setelah itu, bagaimanapun, hal-hal mulai berubah.

Jika Anda mengarahkan kursor ke area tepat di bawah judul posting Anda, Anda akan melihat beberapa ikon:

Ikon Plus memungkinkan Anda memilih blok Gutenberg dan menambahkannya ke pos Anda. Di sebelah kanan, ada juga opsi untuk dengan cepat menambahkan blok yang paling sering digunakan – teks, gambar, dan opsi galeri.

Untuk saat ini, klik pada ikon Plus dan Anda akan melihat menu baru:

Menu ini mencantumkan semua blok Gutenberg yang saat ini disertakan oleh editor. Ada bagian di bagian atas dengan opsi Paling Banyak Digunakan Anda, sejumlah kategori terorganisir di bawahnya, dan bahkan bilah penelusuran untuk membantu Anda menemukan apa yang Anda butuhkan dengan cepat.

Untuk menambahkan blok ke pos Anda , Anda hanya perlu mencari dan mengkliknya. Mari kita mulai dengan sederhana, dengan blok Paragraf . Tempatkan blok di posting Anda, kemudian lanjutkan ke langkah berikutnya ( Anda juga dapat membuat blok paragraf hanya dengan mengetik di editor ).

Langkah 2: Sesuaikan blok Anda

Ketika Anda tambahkan blok paragraf, itu tidak terlihat seperti banyak segera. Namun, setelah Anda mulai mulai mengetik ke dalam bidang, opsi baru akan muncul:

Anda akan melihat beberapa pengaturan pemformatan dasar, seperti penjajaran, tebal , dan huruf miring. Selain itu, periksa sidebar kanan layar editor:

Simak Juga Gan  Plugin Seo Wordpress Terbaik untuk Menaikan Pengunjung

Di sana, Anda akan menemukan lebih banyak opsi khusus blok. Dalam hal ini, Anda dapat mengubah ukuran dan warna font teks, menambahkan drop cap, dan bahkan menyertakan beberapa CSS khusus (di menu Lanjutan ). Setiap perubahan yang Anda buat, baik di sini atau di blok itu sendiri, akan segera terlihat.

Setiap satu blok Gutenberg yang ditawarkan hadir dengan pengaturan uniknya sendiri.

Misalnya, jika Anda menekan Enter, Anda akan menambahkan blok baru di bawah blok paragraf Anda. Namun, kali ini Anda dapat mencoba menambahkan blok gambar dengan menggunakan tanda Plus yang sama:

Seperti yang Anda lihat, Anda ‘ dapat mengunggah gambar atau menambahkan satu yang sudah ada di Perpustakaan Media Anda. Anda dapat mengedit gambar, mengubah kesejajarannya, dan menambahkan CSS di sidebar.

Tips produktivitas: Sebagai alternatif untuk menekan tanda Plus Anda dapat mengetikkan “/” dalam blok kosong diikuti dengan nama blok yang ingin Anda sisipkan. Setelah Anda mempelajari pencekalan mana yang tersedia, ini adalah cara yang lebih cepat untuk menambahkan blok baru.

Tidak ada keraguan bahwa Anda akan menggunakan banyak blok paragraf dan gambar. Namun, Gutenberg memiliki lebih banyak untuk ditawarkan. Ada juga sejumlah blok Gutenberg yang menawarkan opsi baru yang tidak tersedia di editor klasik.

Misalnya, Anda dapat menambahkan Blok ke pos Anda:

Ini membuat tombol yang dapat diklik bagi pengunjung untuk berinteraksi. Anda dapat mengedit teks dari tombol itu sendiri, dan memasukkan URL yang akan di-link ke kanan di bawah ini:

Dengan memilih ikon di atas- pojok kiri blok, Anda dapat mengubah gaya tombol Anda:

Selain itu, Anda dapat mengubah latar belakang dan warna teks di sidebar. Meskipun ini bukan pilihan yang sangat besar, cukup untuk membuat tombol khusus yang dapat disesuaikan, yang dapat Anda gunakan untuk mendorong pengunjung untuk mendaftar daftar email membeli produk, atau apa pun yang menyerang Anda

Langkah 3: Masukkan sentuhan akhir pada postingan Anda

Setelah menambahkan beberapa blok, Anda mungkin ingin melakukan beberapa perubahan. Untungnya, editor Gutenberg cukup fleksibel dalam memungkinkan Anda mengubah tata letak konten Anda.

Jika Anda ingin menghapus blok, misalnya, Anda dapat memilih ikon Pilihan di atasnya, dan klik pada Hapus Blok :

Dengan melayang di atas blok, Anda dapat menggunakan panah naik dan turun untuk mengatur ulang blok Anda sesuka hati. Atau, Anda juga dapat mengklik enam titik antara panah untuk menggunakan drag dan drop untuk memindahkan blok:

Tips produktivitas : Gutenberg menyertakan sejumlah pintasan keyboard yang dapat membantu Anda menghapus blok atau menyisipkan blok baru dengan cepat. Ketik Shift + Alt + H untuk melihat semua pintasan keyboard Gutenberg.

Juga perlu diperhatikan bahwa Anda dapat membuat tata letak multi-kolom. Ini adalah fitur yang menarik, meskipun masih dalam tahap beta pada saat penulisan ini. Anda dapat mengaksesnya dengan menempatkan blok di pos Anda:

Simak Juga Gan  Apa itu Gutenberg?

Ini memungkinkan Anda membuat hingga enam sisi-oleh-sisi kolom, dan tempatkan blok apa pun yang Anda inginkan dalam masing-masing. Ini adalah opsi yang menawarkan banyak potensi untuk membuat tata letak yang unik.

Akhirnya, penting untuk diperhatikan bahwa Anda masih memiliki akses ke setelan pasca-selebar (atau seluruh halaman) juga. Di bilah sisi kanan, klik tab Dokumen untuk menemukannya:

Di sini, Anda akan menemukan sebagian besar opsi yang Anda miliki akrab dengan. Anda dapat mempublikasikan posting, mengatur penulis, memilih kategori dan tag, menambahkan gambar unggulan, dan sebagainya. Anda bahkan dapat memodifikasi pengaturan komentar dalam menu Diskusi . Namun, Anda tidak perlu menyimpan konten Anda, karena akan disimpan secara otomatis pada interval yang sering saat Anda bekerja.

Hanya ini yang perlu Anda ketahui untuk menggunakan sistem pencekalan Gutenberg! Sangat cepat untuk mengambil, tetapi ada lebih banyak pilihan daripada yang kami bahas di sini. Kami akan mendorong Anda untuk terus bereksperimen dengan berbagai blok Gutenberg yang tersedia, dan menjadi nyaman dengan pilihan yang ditawarkan (sehingga Anda akan siap ketika editor meluncurkan nyata).

Anda dapat menggunakan plugin untuk menambahkan blok baru, juga

Salah satu hal paling kuat tentang Gutenberg adalah Anda menggunakan plugin untuk menambahkan semua jenis blok baru ke editor. Bahkan, beberapa plugin favorit Anda mungkin telah menambahkan blok mereka sendiri.

Misalnya, beberapa plugin galeri sekarang memungkinkan Anda memasukkan galeri menggunakan blok, daripada metode shortcode lama banyak plugin yang digunakan.

Selain itu, Anda juga dapat menemukan banyak plugin yang hanya difokuskan pada penambahan blok baru. Misalnya, plugin Blok Otter memberi Anda blok untuk:

Ada banyak plugin blok Gutenberg lainnya yang dapat Anda temukan di WordPress.org, juga.

Satu plugin lain yang layak disebut adalah plugin Cloud Blocks. Meskipun masih dalam versi beta, ia menawarkan pendekatan yang menarik yang memungkinkan Anda memasang blok Gutenberg dari pengembang pihak ketiga “dari awan”.

Kesimpulan

Dengan rilis WordPress 5.0, Gutenberg diatur untuk menjadi editor default untuk semua situs WordPress ( kecuali Anda menggunakan plugin Editor Klasik ).

Untungnya, membuat konten di Gutenberg sangat sederhana. Anda hanya perlu:

  1. Tambahkan blok Gutenberg apa pun yang Anda inginkan ke pos atau halaman Anda.
  2. Ubahsuaikan setiap pengaturan individual blok.
  3. Atur ulang blok, hapus, dan bahkan mengaturnya ke dalam kolom jika Anda suka. Dan jika Anda ingin lebih banyak lagi blok untuk digunakan dalam desain Anda, pertimbangkan untuk menambahkan salah satu dari banyak plugin blok Gutenberg.Jika Anda ingin tutorial Gutenberg yang lebih komprehensif, kami telah menulis Gutenberg yang lebih umum untuk pemula memposting serta tutorial editor Gutenberg terperinci dengan beberapa kiat produktivitas lanjutan.

    Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang cara kerja blok Gutenberg, atau apakah ada opsi Anda ingin melihat ditambahkan? Bagikan pemikiran Anda di bagian komentar di bawah ini!