Flatform Blog Terbaik 2018, Untuk Pemula dan Profesional

319
platform blog
Blogger image freepik.com

Memilih antara platform blogging terbaik akan menjadi sulit bagi mereka yang baru memulai untuk masuk kedalam dunia blogging. Ada banyak pilihan diluar sana, dan masing-masing menyediakan satu beragam fitur yang sebernarnya tidak terlalu jahu berbeda.

Jadi semuanya tergantung bagaimana Anda membuat keputusan dan memilih platform yang anda bisa merasa nyaman dengan platform blog tersebut, semua sesuai kebutuhan untuk apa Anda membuat blog?

Saya akan membantu Anda dalam menentukan pilihan anda untuk blogging di sini!

Berikut daftar platform blog terbaik yang tersedia saat ini, dan  apa yang membuat platform blog mereka berbeda satu sama lain.

Platform blog adalah- layanan penerbitan blog dimana platform merupakan tempat membuat blog Anda. Anda tidak memerlukan server dan dapat menggunakan sub domain yang ada dari platform Blogger dan wordpress.com

Sistem manajemen konten (CMS)

CMS adalah perangkat lunak yang dihosting di server, dengan cms anda memrlukan nama domain untuk dikaitkan. Anda dapat memanfaatkan kemampuan CMS dan mengedit posting blog dan halaman Anda serupa dengan bagaimana Anda melakukannya dengan Google Docs – melalui UI yang bagus
Dalam hal kompleksitas, layanan penerbitan blog paling mudah digunakan, tetapi memiliki kemampuan terbatas untuk menyesuaikan fitur. Jika Anda berencana membuat blog secara gratis, Anda harus memilih salah satunya.

Simak Juga Gan  SEO Youtube: Cara Membuat Channel Youtube, berikut Optimasi SEO video Youtube Terbaru

Dengan CMS, kemungkinannya tidak terbatas – tetapi ada pada biaya pemeliharaan server dan pembelian domain.

Secara keseluruhan, jika kemudahan penggunaan adalah hal nomor 1 yang Anda cari, Anda mungkin akan lebih baik dengan layanan blogging. Jika kontrol penuh dan kebebasan penuh dengan blog Anda adalah sesuatu yang Anda nilai lebih maka pergi dengan CMS adalah jalan bagi Anda.

Daftar platform blogging terbaik kami mencakup campuran kedua kategori, yang melayani berbagai pengguna.

Tanpa penundaan lebih lanjut, berikut daftar kami (tanpa urutan tertentu):

Platform blogging terbaik 2018

Berharap ini bermanfaat bagi Anda yang mencari platform blogging terbaik saat ini.

  • Blogger – dan platform blogging sekolah lama orang-orang yang hanya ingin mendapatkan blog dasar
  • Medium  – platform penerbitan web baru yang memikat Anda untuk membaca karya Anda, tetapi tidak memungkinkan Anda melakukan banyak branding atau penyesuaian dengan blog Anda
  • WordPress.com – saat ini adalah opsi terbaik bagi mereka yang ingin memulai sebuah blog secara gratis, namun untuk tujuan non-komersial
  • WordPress.org – WordPress yang dihosting sendiri – yang paling populer platform blogging dari mereka semua dan pilihan yang luar biasa bagi orang-orang yang ingin mengendalikan situs web / blog mereka
  • Wix – pembuat situs web lanjutan – kemungkinan pilihan yang baik bagi mereka yang membutuhkan lebih dari sekadar blog
  • Ghost – platform blogging canggih yang bertujuan untuk menyediakan antarmuka pengguna yang jelas dan pengalaman penerbitan yang luar biasa; masih bukan yang sangat populer di antara platform blogging terbaik
Simak Juga Gan  3 Manfaat Cloud Storage

Platform mana yang akan Anda gunakan untuk blog Anda? Beri tahu kami di komentar di bawah.

Platform Blog Indonesia

Dari platform blog diatas yang paling populer di Indonesia adalah, wordpress dan blogger. 2 platform wordpress atau biasa kita sebut wp, yang pertama adalah platform wordpress.com adalah platform blog  gratis yang di kembangakan oleh Automattic sebuah perusahaan rintisan yang didirikan oleh Matt Mullenweg

WordPress.com dan wordpress.org

keduanya dikembangan oleh satu perusahaan Automattic  yang didirikan Matt Mullenweg, wordpress.com merupakan versi gratis dengan subdomain xxx.wordpress.com, juga bisa custom domain denga nama anda sendiri. wordpress.com juga ada versi premium dan berbayar dengan fitur yang cukup bagus dan dukunga langsung oleh wordpress.

Sedangkan untuk wordpress.org dikembangkan ke arah CMS, dan harus memiliki hosting atau server sendiri bagi penggunanya. Platform wordpress cms ini sangat populer bukan hanya di Indonesia tapi juga di seluruh dunia. Banyak web-web besar memanfaatkannya sebagai platform web perusahaan bahkan media besar ada juga juga yang menggunakan platform wordpress.

Simak Juga Gan  Cara Mengelola Channel dengan Creator Studio Youtube

Alasan menggunakan cms wordpress, selain sourcenya gratis ada fitur-fitur yang tidak didapatkan di CMS lainya. SEO wordpress jau lebih baik dibanding dengan yang lain, plugin-pluginya banyak karea dikembangkan banyak developer diseluruh dunia. WordPress CMS atau wordpress yang dihosting sendiri banyak pilihan temanya baik yang gratis ataupun yang berbayar, theme blog saya ini adalah contoh tema/theme premium newspaper yang dibuat oleh tagdiv.

WordPress yang dihosting sendiri. Ini adalah platform serbaguna juga memberi Anda kendali penuh. Berikut cara memulai blog menggunakan WordPress .

Blogspot atau Blogger

Blogspot ini juga populer di Indonesia, platform yang dikembangkan oleh google langsung ini sangat populer dikalangan pemula bahkan ada beberapa blogger profesional juga masih cinta denga blogspot. Selain gratis banyak fitur yang langsung terkoneksi dengan layanan dari google.

Tidak membutuhkan skil yang expert platform ini langsung bisa digunakan, kalau anda berkeinginan mengubah tema datau template, tinggal cari di penyedia template mau yang gratis atau berbayar banyak yang mengembangkan team untuk blogspot. Di Indonesia banyak juga pengembang atau developer spesialis template blogspot, seperti Sugeng, Arlina, kentooz dll.

Semoga Membantu dan selamat memulai Ngeblog.