Video Prank dan Challenge Berbahaya dilarang Youtube (YTB)

0
41
video prank dilarang

Video Prank dan Challenge Berbahaya dilarang Youtube, YTB baru saja memperbarui aturan main mereka untuk diberlakukan per 25 Februari 2019. Konten bakal langsung dihapus ketika terbukti menyimpang.

Selama ini, YouTube memberlakukan hukuman yang berbeda ketika kreator mengunggah konten yang menyimpang dari aturan main YouTube. Misalnya saja pembekuan channel selama 90 hari untuk pelanggaran konten live streaming, serta 14 hari untuk konten video biasa.

 

Ke depan, setelah peringatan pertama, YTB (YouTube) bukan cuma langsung menghapus konten bersangkutan, tetapi juga membatasi aktivitas kreator.

Mereka tidak bisa mengunggah video, live streaming, dan aktivitas YouTube lainnya selama seminggu. Jika terjadi pelanggaran kedua di 90 hari pasca masa hukuman pertama selesai, maka kreator akan dijatuhkan hukuman pembekuan dengan durasi lebih lama yaitu dua minggu.

Nah, untuk pelanggaran ketiga dalam jangka 90 hari setelah pelanggaran kedua, channel akan dihapus oleh YouTube.

Perlu dicatat, setiap pelanggaran yang dilakukan bakal diputihkan (reset) setelah 90 hari berlangsung, sebagimana dirangkum dari Cnet, Rabu (20/1/2019).

Artinya, jika pengguna melanggar di hari ke-91 setelah menerima hukuman pertama, maka kreator dianggap melakukan pelanggaran pertama dengan sanksi pembekuan channel selama seminggu.

YouTube bakal menginformasikan kreator jika terjadi penyimpangan. Kreator juga diarahkan untuk membaca rujukan aturan yang menunjukkan pelanggaran mereka.

Selain itu, YouTube juga memperbarui policy resources pada platformnya, sehingga kreator mengetahui dengan jelas konten seperti apa yang boleh dan tidak boleh diunggah.

Pada Januari lalu, YouTube pun sempat memperbarui seperangkat aturan main untuk melarang video prank dan challenge berbahaya, seperti Tide Pod challenge dan Bird Box challenge.

Bukan hanya itu aturan youtube juga akan membatasi video terkait dengan anak-anak, video  yang melanggar juga akan dapat peringatan bahkan suspend channel youtuber.

Beberapa video yang akan terkena pembatasan usia bisa di baca di YTB: 4 Hal Yang dilarang Youtube Terkait Usia (anak-anak).

Sepanjang Juli hingga September 2019, YouTube  telah menghapus 58 juta video yang menyimpang dari aturan main mereka.

Kesimpulan: jadilah youtuber yang kreatif tapi tidak meninggalkan etika, produksilah konten-konten yang mendidik dan bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.