Cara Menautkan Akun Adsense ke Channel Youtube

83

Menautkan Akun Adsense ke Channel Youtube. Apabila channel kita sudah di setujui untuk bergabung dengan Program Partner YouTube, kita harus mengaitkan akun AdSense yang telah disetujui ke channel YouTube supaya kita dapat menghasilkan uang dari video youtube dan menerima bayaran.

Apabila channel kita sudah memenuhi syarat monitisari sebagaimana pada artikel saya sebelumnya 5 Syarat Monetisasi Youtube dengan Adsense

Kenapa kita harus menautkan akun adsense ke channel youtube?, karena dengan akun adsense yang tertaut dengan channel youtube, kita aka memperoleh penghasilan dari youtube dan juga untuk menerima pembayaran.

optimasi seo youtube with creator studio

Sebelum membuat akun adsense alangkah baiknya mengenal dulu apa itu adsensedan sebelum memulai kita harus mematuhi Persyaratan dan Ketentuan AdSense, kita hanya diperbolehka memiliki satu akun saja dengan nama penerima pembayaran yang sama, artinya tidak diperbolehkan membuat beberapa akun yang penerima atau rekeningnya dengan nama yang sama.

Jika melanggar ketentuan diatas maka akun adsense ganda yang dibuat melalui youtube tidak akan disetujui, bukan hanya itu monetisasi channel juga akan ditagguhkan atau dinonaktifkan.

Menautkan Akun Adsense ke Channel Youtube

Ada dua cara menautkan akun adsense ke channel youtube,

#1. Menautkan Akun Adsense yang sudah Aktif

Bagi pemilik akun adsense yang sudah aktif, yang sebelumnya mendaftar melalui web/blog atau admob.

Pemilik akun adsense bisa langsung menautkan ke channel youtube, caranya adalah:

Menautkan akun AdSense yang telah disetujui

Jika kita sudah punya akun AdSense yang telah disetujui, kita bisa menautkan akun adsense tersebut ke channel YouTube.

  1. Silahkan Login ke akun YouTube dan buka www.youtube.com/account_monetization, selanjutnya mulai ikutti langkah-langkah menautkan akun AdSense dengan mengklik Mulai.
  2. Selanjutnya kita akan diarahkan ke halaman Monetisasi, klik Berikutnya ke AdSense
  3. Kita akan diarahkan untuk memilih Akun Google yang akan digunakan untuk mengakses akun AdSense. Jika tidak melihat akun kita dalam daftar, pilih Gunakan akun google lain untuk login.
  4. Selanjutnya akan diarahkan ke halaman pendaftaran AdSense. Silahkan Klik Terima Pengaitan. Jika akun yang ditampilkan adalah akun yang salah, klik “Gunakan akun lain” untuk mengganti akun yang ingin ditautkan.
  5. Kita akan dialihkan kembali menuju halaman Monetisasi YouTube, dan dapat melanjutkan ke tahap berikutnya untuk menetapkan preferensi monetisasi channel.
Baca Lainya:   Google Update Dasboard Adsense Oktober

Setelah akun adsense yang ditautkan ke channel youtube aktif, kita akan menerima pemberitahuan bahwa akun sudah aktif. Youtube membutuhkan waktu kurang lebih 2×24 jam atau 2 hari, kadang lebih cepat dari itu.

#2. Menautkan Akun Adsense  Baru ke Channel Youtube

Warning, Google melarang saat menautkan channel YouTube dengan akun AdSense baru, jangan membuat akun AdSense baru melalui, adsense.com.

Jika melakukan hal tersebut yaitu denga membuat akun adsense dari adsense.com maka pengajuan monetisasi channel youtube akan langsung ditolak oleh youtube.

Untuk membuat akun adsense dari channel youtube silahkan ikuti petunjuk dibawah ini:

  1. Silahkan Login terlebih dahulu ke akun YouTube, dan klik www.youtube.com/account_monetization, ikuti langkah-langkah untuk membuat akun adsense dan menautkannya ke channel. kita akan dialihkan ke halaman pengajuan AdSense.
  2. Pastikan Akun yang akan kita buat untuk adsense sudah siap!. 
  3. untuk login ke Akun Google yang ingin dibuatkan akun AdSense-nya. Silahkan cek kembali akun email bahwa email yang akan kita buat mendaftar akun adsense sudah benar, email yang akan digunakan adalah email pengelola channel.
  4. Langkah selanjutkan terima pengaitan akun AdSense.
  5. Berikan informasi kontak kita yang valid dan kirimkan ke pengajuan akun AdSense. Kita akan diarahkan kembali menuju ke channel YouTube. Kita akan mendapatkan pesan bahwa pengajuan akun adsense youtube kita diterimah.

Youtube butuh waktu 48 jam untuk benar-benar menerima pengajuan akun adsense. Jadi kita tunggu saja sampai kita mendapatkan email dari youtube.

Kita juga bisa memonetisasi atau menautkan 1 akun adsense ke lebih dari satu channel YouTube.

saya tulis ulang dari panduan youtube di, https://support.google.com/youtube/troubleshooter/7367438 semoga bisa membantu para youtuber pemula untuk lebih mudah memahaminya.

Sebagai tambahan bahwa pengajuan akun adsense melalui channel youtube bisa saja terjadi akun adsense diterima tapi channel youtube belum bisa dimonetisasi karena disebabkan 1 atau lebih konten video kita bermasalah dengan konten id.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.