Apa Itu YPP Youtube? Yuk Pelajari dan Hasilkan Uang Sebanyak-banyaknya!

52

Apa Itu YPP Youtube, Dari mana para youtuber mendapatkan penghasilan hingga jutaan rupiah? Salah satu jalannya adalah dengan bergabung pada YPP youtube.

Untuk setiap konten video dalam channel mereka yang ditonton dan disukai oleh pengunjung, akan mendapatkan imbalan dari youtube. Semakin banyak dan semakin lama video tersebut dilihat, semakin besar pula pendapatannya.

apa itu ypp youtube
ypp youtube untuk menhasilkan Uang

TOC:

Syarat Mengikuti YPP Youtube Lengkap

Jika kamu berminat untuk menjadi youtuber dan menghasilkan uang dari konten video, yuk simak artikel dibawah ini:

#1. Pengertian Apa Itu YPP Youtube

YPP-Youtube atau kependekan dari Program Partner Youtube adalah salah satu layanan yang disediakan oleh youtube untuk pemilik channel yang ingin menguangkan atau memonetisasi video yang diunggahnya. Dari YPP inilah, para youtuber memiliki sumber pendapatan.

Secara singkat bisa dikatakan bahwa youtube akan membayar konten video yang telah dilihat
atau sebuah channel yang memiliki sejumlah pelanggan atau subscriber.

Ada beberapa syarat YPP Youtube 2019 yang harus dilengkapi, diantaranya adalah :

  1. Mengikuti semua kebijakan Program Partner Youtube
  2. Bertempat tinggal di wilayah atau negara yang menyediakan Program Partner Youtube
  3. Harus memiliki waktu lebih dari 4000 jam waktu total keseluruhan video kamu ditonton oleh publik selama kurun waktu 12 bulan terakhir
  4. Memiliki subscriber atau pelanggan lebih dari 1000
  5. Harus mempunyai akun Adsense yang ditautkan

Jika channel telah memenuhi kriteria di atas, kamu bisa mencoba untuk mendaftar pengajuan
Program Partner Youtube. Kebijakan ini mulai berlaku sejak tahun 2018. Kebijakan yang
dinilai sangat ketat ini dirasa merugikan banyak youtubers, namun ternyata YPP youtube
memiliki alasannya tersendiri yaitu :

  1. Menghindari Spammers
    Spammers adalah orang-orang yang aktif pada kolom komentar orang lain. Dia sering
    kali memberikan komentar pada unggahan yang dilakukan channel lain. Umumnya,
    spammers melakukan gerilya untuk meninggalkan sebuah link aktif dengan tujuan
    agar diklik oleh pemberi komentar lainnya.
  2. Menghindari Impersonator
    Impersonator adalah seseorang yang meniru, bahkan mencuri konten orang lain.
    Konten ini akan diunggah pada channelnya sendiri.
  3. Menghindari Bad Actors
    Bad Actors adalah orang-orang yang malas untuk berfikir kreatif. Yang mereka lakukan adalah dengan membuat ulang sebuah berita atau video tentang artis dan memberikan penambahan narasi. Video ini dibuat hanya untuk tujuan monetisasi saja tanpa memikirkan kualitas konten.

Lebih lengkapnya syarat dan ketentuan mengajukan Adsense Youtube baca di 5 Syarat Monetisasi Youtube dengan Adsense

#2. Tata Cara Daftar Program Partner Youtube

Semua channel memiliki kesempatan yang sama untuk mengajukan diri daftar pada YPP youtube ini selama memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Langkah yang harus dilalui adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftarkan AkunSetelah memastikan bahwa channel benar-benar memenuhi persyaratan yang ditentukan, kamu bisa mulai mendaftar pengajuan program ini. Sebelumnya, Youtube akan memastikan bahwa kamu telah berusia minimal 18 tahun untuk bisa menggunakan sistem pembayaran yang ditetapkan oleh youtube. Jika ternyata kamu masih berusia di bawah 18 tahun, kamu harus meminta bantuan pada keluarga atau teman yang sudah berusia 18 tahun. Persyaratan usia yang diperbolehkan adalah minimal 18 tahun.Selain itu, kamu harus melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap negara-negara yang terdaftar dalam program YPP youtube ini. Setidaknya ada 20 negara lebih yang terdaftar, diantaranya yaitu :
    • Indonesia
    • Malaysia
    • Korea Selatan
    • Australia
    • Amerika
    • Thailand
    • dan lain sebagainya
  2. Mengaktifkan Status Monetisasi Channel YoutubeUntuk mengaktifkan YPP Youtube, caranya ialah:
    • masuk terlebih dahulu pada akun atau channel youtube kamu.
    • Kemudian, pilihlah ikon dan klik tombol “ Creator Studio”
    • Pilih menu Channel lalu Status Features pada menu yang muncul
    • Temukan Tab Monetization
    • Klik Enable
  3. Setujui Ketentuan Program yang DitentukanSetelah itu, kamu akan masuk ke menu Syarat dan Ketentuan yang berlaku. Kamu harus membaca dengan teliti dan seksama. Pelajari dengan pelan apa saja yang menjadi ketentuan dari pihak Youtube. Setelah memahami dan menyetujuinya, klik Accept.

    Beberapa hal yang perlu kamu ketahui adalah bahwa kamu telah menyetujui untuk mengikuti ketentuan dari komunitas youtube dengan menghasilkan konten yang baik dan tidak melanggar. Selain itu, kamu juga tidak diijinkan untuk menambahkan musik dan foto pada konten video asli yang kamu miliki tanpa seijin dari pemilik aslinya.

  4. Pilih Cara MonetisasiCara monetisasi adalah cara iklan yang akan ditampilkan pada video. Ada tiga pilihan yang akan diberikan oleh youtube yaitu :

    1. Overlay In-video Ads, yaitu iklan yang akan ditampilkan dalam bentuk pita atau spanduk yang lewat ketika video sedang diputar.

    2. Trueview in-stream Ads, yaitu iklan muncul sebelum video

    3. Video Contain A Product Placement, yaitu iklan pendek yang akan ditampilkan sebelum video diputar
    Kamu bisa memilih salah satu dari ketiga pilihan tersebut, namun jika kamu ingin mengoptimalkan iklan, kamu bisa menggunakan ketiganya.

    Kamu memiliki kemampuan untuk memilih jenis iklan yang akan ditampilkan di kanal untuk kemudian hari ataupun untuk menampilkan iklan di video-video tertentu saja.

    Apapun pilihannya, sebuah iklan spanduk akan tetap ditambahkan oleh youtube secara otomatis di halaman kanal youtube.

  5. Klik Monetize untuk melakukan konfirmasi pendaftaranJika semua langkah pengajuan di atas telah disetujui, klik tombol Monetize My Videos yang ada di bagian pojok kiri bawah.
  6. Proses PeninjauanYoutube akan melakukan peninjauan sebelum menyetujui permohonan kamu untuk bergabung. Jika channel mengandung video-video berbau SARA, seks, kekerasan dan lain sebagainya, kamu patut waspada karena jelas akan ditolak oleh youtube. Oleh sebab itu, kamu harus benar-benar menyeleksi video apa saja yang akan kamu bagikan ke youtube.

    Jika memang channel kamu belum disetujui, cobalah untuk melihat lagi isi konten yang kamu miliki. Hapus saja video-video yang dirasa terlalu mengundang komentar atau video yang berisikan hasil plagiat. Youtube memiliki sistem kecerdasan buatan yang bisa mendeteksi adanya plagiarism.

  7. Menunggu Persetujuan YoutubeJika akun youtube kamu disetujui untuk bergabung dengan YPP youtube, kamu akan menerima email konfirmasi persetujuan sebagai partner youtube. Kurang lebih sekitar 30 hari dari hari pertama pengajuan monitisasi Adsense Youtube.

    Channel kamu akan mendapatkan predikat Akun Verified dan iklan-iklan akan ditampilkan pada video-video kamu. Semakin lama video ditonton dan semakin banyak kamu memiliki subscriber, semakin besar pula penghasilan yang akan diterima.

Jika telah mengikuti YPP Youtube ini, kamu harus lebih seksama dan berhati-hati dalam membuat sebuah video konten. Pihak Youtube memberlakukan peraturan cukup ketat perihal plagiarism yang dilakukan oleh channel-channel nakal yang hanya ingin mengeruk keuntungan tanpa mau bekerja keras membuat konten sendiri. Hal ini akan menimbulkan kerugian bagi pembuat konten original. Dalam membuat konten hal yang paling utama adalah melakukan riset niche dan keyword silahkan baca Riset Keyword Dengan Youtube Auto Suggestions (SEO YTB)

Berbeda kasusnya jika hal seperti ini terjadi. Beberapa channel membuat sebuah video kompilasi yang menggabungkan beberapa file video asli dan mengeditnya sedemikian rupa dengan penambahan teks, suara, lagu dan narasi. Untuk beberapa pertimbangan, video kompilasi ini masih dimaklumi dan diberikan dispensasi. Namun tidak dengan plagiarism atau konten duplikat.

Itulah beberapa hal mengenai YPP youtube yang bisa kamu pelajari. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, kamu bisa secara langsung mempraktekkannya. Namun sebelumnya, isilah channel kamu dengan konten-konten berkualitas dulu ya. Selamat Berkreatifitas.

“Tidak ada Usaha Yang Sia-sia, Manusia hanya diwajibkan untuk berusaha sedangkan yang menetapkan adalah Allah”

 

Baca Lainya:   5 Free Download Music no copyright For Youtuber & backsound video dokumenter

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.