Cara Optimasi dan Jadwal Posting Youtube Shorts Indonesia

BerandaYoutuberCara Optimasi dan Jadwal Posting Youtube Shorts Indonesia
- Advertisement -

Cara Optimasi Youtube Shorts – YouTube resmi meluncurkan fitur video pendek berjudul Shorts, untuk pengguna Indonesia pada Jumat (23/7/2021). Fitur baru ini sebelumnya dirilis di India dan Amerika Serikat.

Shorts sendiri merupakan fitur video pendek dari kompetitor TikTok dan Reels dari Instagram, mengingat ketiganya memiliki tampilan dan kemampuan yang mirip.

Cara Optimasi Youtube Shorts

- Advertisement -

Menurut Veronica Utami, Direktur Pemasaran YouTube & NBU untuk Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara di Google, fitur ini sengaja dihadirkan untuk membantu semua kreator kreatif membuat video pendek langsung dari smartphone.

“Kami sangat senang akhirnya YouTube Shorts hadir di Indonesia. Dengan adanya fitur ini akan memudahkan semua kreator untuk membuat, mengedit, mengupload, dan membagikan video dengan mudah dari ponsel mereka,” kata Veronica saat peluncuran YouTube Celana pendek online, Jumat siang.

Fitur Shorts memungkinkan pengguna YouTube untuk mengunggah video pendek berdurasi 15-60 detik, lengkap dengan musik latar, filter, teks, dan teks.

Pengguna dapat langsung menemukan menu “Youtube Shorts” di bagian bawah layar saat membuka aplikasi. Itu tepat di tengah, antara menu “Home” dan ikon plus (+) untuk unggahan video.

Saat menu Shorts diklik, pengguna akan disuguhkan berbagai video Shorts yang telah diunggah oleh pengguna lain dari seluruh dunia. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah Shorts memiliki tampilan beranda yang mirip dengan Reels dan TikTok.

- Advertisement -

Baca juga: Cara Meningkatkan Subscriber Youtube

Misalnya, Shorts menggunakan format video vertikal, di mana pengguna dapat menggulir layar ke atas dan ke bawah untuk menonton lebih banyak video Shorts.

Pengguna juga dapat menyukai, tidak menyukai, mengomentari, atau membagikan video Shorts ke platform lain. Di bagian bawah tampilan Shorts, pengguna disajikan dengan tombol berlangganan dan juga dapat menyimpan musik latar di video Shorts ke favorit.

Cara mengupload video Shorts di YouTube

Pengguna dapat mengunggah video Shorts langsung dari item menu “Shorts”. Berikut cara menggunakan YouTube Shorts.

  1. Buka aplikasi YouTube
  2. Klik menu “Shorts”
  3. Klik ikon kamera yang terletak di sudut kanan atas layar
  4. Pengguna dapat merekam langsung dari kamera Shorts dengan menekan dan menahan tombol merah. Durasi video pendek adalah 15 detik secara default. Namun bisa dimaksimalkan hingga 1 menit dengan tap nomor durasi menjadi 60.
  5. Atau pengguna juga dapat mengunggah video dari galeri, dengan mengklik ikon galeri atau gambar foto di kiri bawah.
  6. Atur kecepatan video yang diinginkan, setelah Anda mengklik tanda centang di kanan bawah layar
  7. Edit Video pendek dengan menambahkan musik latar, teks, filter
  8. Setelah selesai, klik berikutnya
    Pengguna perlu menambahkan deskripsi video. Pengguna dapat menambahkan tag #Short dalam deskripsi untuk merekomendasikan video.

Fungsinya kurang lebih mirip dengan tag #FYP di TikTok. Video Shorts yang sudah di upload bisa dilihat di channel kalian
Kemudian, klik “unggah”

Dengan begitu video akan terupload dan muncul di channel pengguna. Pengguna juga dapat mengupload video Shorts melalui menu “+”> Buat Shorts. Selanjutnya, pengguna dapat mengikuti langkah-langkah dalam urutan di atas.

Dapatkan Tutorial Gratis Optimasi Youtube dan Digital Marketing di Mata Digital Indonesia

- Advertisement -
Jangan Lupa Baca Bismillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.