5 Kesalahan Cara Promosi di Medsos, yang Ternyata Bikin Jualan Gak Laku

0
68
Cara promosi di medsos

Kesalahan Cara Promosi di Medsos, Berjualan barang di medsos membutuhkan cara promosi yang tepat, jika salah melakukan promosi bukannya barang laku malah akun medsos kita di banned. Media sosial saat ini telah menjadi media  promosi produk yang sangat tepat selain gratis juga penggunanya yang banyak.

Medsos sekarang ibarat pasar besar yang pengunjungnya tiap hari bisa jutaan orang dengan berbagai kebutuhan produk. Di medsos seperti Twitter, Instagram, Facebook, Youtube adalah tempat yang sangat tepat untuk mengembangkan bisnis di era digital ini. Selain jumlah pengguna yang besar, biaya promosinya juga relatif murah.

Di medsos tidak dibatasi oleh ruang dana waktu, pembli bisa dari belahan dunia mana saja dan hanya digerakan dengan satu jempol kita.

Akan tetapi berjualan di medsos butuh teknik agar jualan kita laku dan pembeli bisa balik lagi untuk membeli barang lainya di lapak kita. Ada beberapa kesalahan yang dilakukan penjual yang membuat barang daganganya tidak laku di jual lewat medsos. 5 Jenis Produk Ini Laris dan Paling Laku Di Jual Online Di Indonesia

5 Kesalahan Cara Promosi di Medsos

Berikut kesalahan kita dalam berpromosi di medsos yang membuat produk kita tidak laku di pasar media sosial.

Cara promosi di medsos

1. Tidak Melakukan Riset Terlebih Dahulu

Banyak UKM menggunakan media sosial karena mereka mengikuti trend belaka. Denga modal percaya bahwa di media sosial dapat mencuri perhatian Warganet untuk memperkenalkan produk yang paling efektif.

Kita melupakan tahapan yang sangat penting sebelum menuju ke teknik promosi yang lebih maju, yaitu riset. Berapa banyak pengguna medsos yang tertarik dengan produk yang akan kita jual, demografi calon pembeli dll, semuanya butuh riset.

2. Membuat konten yang menyesatkan

Ada satu dua pedangang on line yang menggunakan cara-cara dan teknik promosi yang tidak baik, dengan memberikan informasi palsu. Kebohongan berupa gambar produk atau caption, dengan maksud menarik lebih banyak follower.

Yang paling kita temukan di medsos adalah menggunakan foto orang terkenal yang di edit dengan menaruh gambar produk kita didalamnya.

Ingat bahwa metode ini mungkin efektif dalam menarik pembeli potensial, tetapi jika kebohongan ini terungkap, reputasi barang dagangan kita akan buruk. Menggunakan jalan pintas yang tidak baik, bersabar dan jujurlah untuk keberlangsungan bisnis jangka panjang.

3. Spam itu Mengganggu

Spam jika dalam bahasa sama dengan bahasa Ayolah. Cara promosi barang dagangan di media sosial dengan intensitas yang tinggi sangat membantu dalam memperkenalkan bisnis kita ke warganet.

Tapi, jika dilakukan dengan cara yang salah dapat dianggap mengganggu oleh beberapa warganet, bukanya laku produk kita malah bisa dilaporkan ke facebook atau isntagram.

Hindari promosi dengan memposting produk yang sama berulang-ulang dalam waktu yang berdempetan.

4. Kapan Kita Promosi yang Tepat di Medsos?

Meskipun promosi di media sosial ini gratis dan dapat dilakukan kapan saja, tidak berarti kita dapat promosi produk kapan saja. Ada waktu-waktu yang tepat di tiap medsos yang berbeda-beda, dimana medsos memiliki jam-jam yang pada jam itu banyak orang menggunakanya. Waktu Yang Tepat Untuk Upload Video

Misalnya saja promosi pagi, siang, malam, malam promosi, tetapi materinya sama, ini kita menghindarinya.

5. Cara promosi Produk dengan Menjelekkan produk lainya

Tidak ada yang salah dengan membandingkan produk yang kita jual dengan produk lain yang sejenis, dalam promosi. Dengan membanding produk memang salah satu teknik promosi yang kuat untuk menarik banyak folloer di media sosial. Apalagi jika produk Anda ternyata lebih baik dari merek lain.

Namun ternyata tindakan itu dianggap kalangan pebisnis on line di media sosial sebagai tindakan tidak profesional. Metode ini dianggap bisa memunculkan iklim persaingan yang tidak sehat.

Meniru cara mempromosikan merek lain

Inspirasi bisnis bisa datang dari siapa saja, termasuk pebisnis yang sudah sukses. Masing-masing bisnis punya strategi sendiri. Semua strategi ini tidak dapat diterapkan pads semua jenis bisnis, karena ada yang berhasil juga ada yang tidak.

Misalnya, kita masih pemula dalan bisnis digital on line kita meniru strategi bisnis orang yang sukses tanpa di modifikasi terlebih dahulu. Mungkin kita akan mengikuti jejaknya untuk sukses tapi tetap butuh waktu dan proses yang lama tidak bisa instan seperti mereka.

kesimpulan: bisnis digital itu butuh riset dan strategi yang baik serta dibutuhkan kreatifitas dalam mengembangkan bisnis on line. Kita bisa memanfaatkan promosi di sosmed dengan promosi dengan facebook ads.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.