Gaji Youtuber Indonesia, Benarkah Mencapai Milyaran Rupiah per Bulan

0
50
gaji youtuber 2019

Gaji Youtuber, berapa sih gaji yutuber setiap bulanya mungkin ini yang jadi pertanyaan banyak orang, karena fenomena menjadi seorang youtuber menjadi trend. Banyaknya artis menjadi youtuber adalah fenomena yang saat ini terjadi di Indonesia.

Menjadi seorang youtuber bukan hanya untuk mendapatkan popularitas tapi juga mendapatkan tambahan penghasilan yang berjibun, ada juga jadi seorang youtuber adalah penghasilan utamanya.

gaji youtuber 2019

Apa Itu Youtuber?

Youtuber adalah creator video di youtube, ada juga yang mengartikan youtuber bukan hanya creator video tapi juga penonton video di youtube juga Youtuber. Kalau melihat dari perbincangn banyak orang lebih cenderung bahwa youtuber adalah kreator video youtube atau bisa juga konten kreator.

Video-video yang diunggah bermacam-macam jenisnya, ada video pribadi yang sekarang lebih kita kenal dengan Vlog (video Blog), Sort Movie, Review Produk, Pendidikan, Tutorial, Humor dan masih banyak jenis video yang mungkin belum ada kategorinya :D. Contoh: Pak Ndul Wagu TV ada yang tahu masuk kategori apa videonya?

Darimana Gaji Youtuber?

Siapa yang membayar gaji youtuber, mungkin itu yang terlintas di benak kita sebagai orang awam. Pada artikel sebelumnya di blog ini pernah membahas penghasilan youtuber selain adsense, tapi gaji youtuber lebih banyak dari Google Adsense.

Google adsense sendiri merupakan perusahaan periklanan yang di kembangkan oleh google, adsense merupakan perantara antara youtuber dengan pengiklan.

Pengiklan membayar iklan ke youtube melalui google ads, youtuber yang menjadi partner program youtube (YPP) channel videonya akan tertaut dengan adsense. Dari setiap video yang ditonton orang akan muncul iklan, jika ada penonton yang mengklik iklan pada video tersebut Youtuber akan mendapatkan bagi hasil.

Berapa bagi hasil adsense youtube dengan kreator video (youtuber)?, dengan pembagian 40% untuk YouTube dan 60% Youtuber. Mari kita hitung sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan youtube.

3 Jenis iklan youtube

  • Iklan yang muncul pada awal video, tengah dan akhir video iklan jenis ini disebut in strean ads
  • iklan yang mencul di bagian kanan atas halaman browser disebut iklan display ads, sedangkan dalam perangkat mobile berada diatas realated video yang kita tonton.
  • Iklan yang muncul di bagian bawah video yang kita tonton dalam bentuk iklan banner disebut Overlay Ads

Pendapatan per seribu tayangan (RPM) di YTB

Jika mengacu pada perhitungan per seribu tayangan (rpm), maka perhitungan sebagai berikut:

Rumus RPM:

RPM = (Penghasilan tertaksir/Jumlah tampilan laman) * 1.000

Misalnya:

  • Jika penghasilan tertaksir sebesar $0,50 dari 25 tampilan laman, RPM laman Anda sama dengan ($0,50/25) X 1.000 atau $20,00. berarti per seribu tayang iklan dalam video youtuber akan mendapatkan $20,00
  • Jika penghasilan tertaksir Anda sebesar $180 dari 45.000 tayangan iklan, RPM iklan Anda sama dengan ($180/45.000) * 1.000 atau $4,00. artinya per 1000 tayang iklan kita akan mendapatkan $4,00

RPM merupakan nilai umum digunakan pada program periklanan, ini mungkin berguna untuk membandingkan pendapatan di saluran atau channel yang berbeda. selengkapnya bisa dibaca di sini.

Berapa Gaji Youtuber? Ini cara Menghitung Gaji Youtuber

Jika mengacu pada perhitungan RPM diatas, kita bisa memperkirakan penghasilan seorang youtuber dengan jumlah subscriber dan viewer ditiap-tiap video yang mereka unggah di channel YTB nya.

Untuk bisa memperkirahkan penghasilan youtuber kita bisa menginstall tool youtube tubebuddyatau Vidiq. Mari kita lihat channel Atta Halilintar seorang youtuber subscriber terbanyak di asia menggunakan tool tubebuddy.

viewer atta halilintar

Fitur melihat penghasilan channel tubebuddy tersedia pada versi premium karena saya menggunakan versi free estimasi penghasilan Atta tidak muncul. Tapi kita bisa memperkirakan penghasilan Atta Halilintar dengan menghitung menggunakan rumus RPM diatas.

jumlah penonton video Atta 124 juta selama 30 hari, jika perseribu tayang iklan pada video $5 maka perkiraan gaji Atta bulan juni 124.000.000x$5/1000 = $620,000,00, jadi perkiraan Gaji Atta Halilintar adalah $620,000,00x 13.000= 8,060,000,000 terus bagi saja deng 40:60 hasilnya …..

Itulah perkiraan gaji Atta untuk bulan juni, bisa kurang bisa lebih tergantung bagi hasil iklan youtube yang tayang, untuk pastinya bisa langsung tanya ke Atta Halilinta :D.

 

Gaji Youtuber Atta halilintar

Gaji youtuber Atta Halilintar

Jumlah subcribers Atta mencapai 17,2 juta subscribers dengan Viewer 1,4B (milyar),  YouTuber Indonesia yang dijuluki King of YouTube Indonesia ini, mendapat penghasilan mencapai Rp 332 juta hingga Rp 5 miliar per bulannya, dimuat laman liputan6.com.

Masih banyak lagi Youtuber dengan gaji Fantastis selain Atta, serti Ria Ricis, Kapten Vincent yang Bisa Beli Pesawat Dari hasil Youtube, dan masih banyak lagi.

Untuk youtuber yang gajinya belum seberapa besar seperti saya, terus produksi konte kreatif semoga bisa mengejar gaji atta halilintar Amin.

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.