Apakah Capital Gain?, Ini Artinya

Diposting pada

Apakah Capital Gain? – Tahukah Anda apa itu keuntungan dalam bentuk uang dan bagaimana cara menghitungnya dengan benar? Jika belum, temukan jawabannya di artikel yang satu ini, ya!

Berlawanan dengan topik ital profit adalah capital loss, yaitu situasi dimana harga jual lebih rendah dari harga beli. Dalam investasi yang sah, pada umumnya keuntungan yang diperoleh investor berasal dari capital gain dan deviden.

Sedangkan dalam investasi real estate, keuntungan diperoleh dari capital gain dan pendapatan.

Keuntungan Modal Apakah?

Aplikasi Saham Terbaik untuk Pemula
Aplikasi Saham Terbaik untuk Pemula

Mitra Finansial saya yang aktif berinvestasi pasti sering mendengar istilah profit berupa uang bukan?

Sebenarnya, apa itu? untung dalam uang? Secara sederhana, profit in money dapat dipahami sebagai keuntungan yang diperoleh dari penjualan properti modal (investasi atau perumahan) yang harga jualnya melebihi harga pembelian awal.

Konsep keuntungan berupa uang seperti membeli dua ekor ayam seharga Rp 5.000, kemudian menjualnya seharga Rp 40 ribu saat ayam sudah besar.

Anda memang mendapat untung dalam bentuk Rp 40 ribu, tetapi pada saat yang sama, Anda kehilangan aset berupa uang yaitu ayam.

Tidak, Anda bisa mendapatkan jenis manfaat ini dalam investasi real estat atau komoditas, reksa dana, obligasi, opsi, koleksi, dan bahkan bisnis.

Sedangkan lawan dari profit in money adalah capital loss, yaitu ketika harga jual lebih kecil dari harga beli.

Jenis Capital Gain

Keuntungan dalam bentuk uang dibagi menjadi dua jenis, yaitu:

  1. Keuntungan Modal Jangka Pendek

Yang pertama adalah keuntungan tunai jangka pendek, yang diperoleh investor selama periode 36 bulan atau tiga tahun untuk jenis investasi real estat ini.

Untuk jenis investasi selain properti, seperti saham dan reksa dana, keuntungan tunai dibebankan pada investasi untuk jangka waktu satu tahun.

Jika Anda tertarik untuk mendapatkan keuntungan melalui investasi reksa dana, ada baiknya Anda mengetahui cara memilih produk yang akan dijelaskan dalam video berikut.

2. Keuntungan Modal Jangka Panjang

Jenis kedua adalah keuntungan dalam bentuk uang jangka panjang yang merupakan kondisi investor menyimpan aset selama 3 tahun.

Namun, biasanya keuntungan jangka panjang berupa uang ini tidak digunakan untuk aset bergerak seperti reksa dana, perhiasan, dan instrumen sejenis lainnya.

Untuk barang bergerak biasanya dianggap sebagai: keuntungan tunai jangka pendek, dimana kepemilikannya hanya untuk jangka waktu kurang dari 12 bulan.

Lalu, apa itu pendapatan? Keuntungan berupa uang kena pajak? Anda bisa mengetahui jawabannya di artikel berikut ini.

Capital Gain – Pengertian, Jenis dan Contoh

Padahal dalam dunia saham, sumber keuntungan investor tidak hanya dari profit in money, tetapi juga dari deviden.

Hal yang membedakan antara keuntungan tunai dan dividen itu sendiri adalah, untuk mendapatkan keuntungan dari dividen, Anda tidak harus menjual aset Anda, jadi keuntungan bersifat pasif dan tetap.

Istilah keuntungan dalam bentuk uang, digunakan tidak hanya dalam dunia saham, tetapi juga dalam jenis investasi lain, seperti real estat.

Dalam dunia real estate, keuntungan tidak hanya diperoleh dari keuntungan berupa uang tetapi juga melalui pendapatan.

Pendapatan itu sendiri adalah keuntungan investasi properti yang dihitung dari nilai sewa tahunan versus harga properti.

Misalnya harga properti yang kami jual Rp 200 juta, sedangkan harga sewa Rp 10 juta setahun.

Artinya, hasil dari properti tersebut adalah Rp 5%. Tidak, angka ini kemudian dijadikan sebagai tolak ukur untuk menilai apakah properti tersebut layak atau berpotensi memberikan keuntungan saat disewakan.

Hasilnya terdiri dari beberapa jenis, yaitu:

Jika Anda ingin lebih memahami tentang masalah investasi real estat tetapi masih memiliki masalah, mari bicarakan dengan ahlinya untuk menemukan solusi terbaik.

Hubungi perencana Keuangan saya melalui aplikasi Keuangan Saya atau WhatsApp di 0851 5866 2940.

Cara Menghitung Keuntungan Modal

Setelah mengetahui apa itu keuntungan finansial, mari kita beralih ke pembahasan selanjutnya tentang cara menghitung keuntungan finansial secara terhormat.

Rumus keuntungan dalam bentuk uang untuk properti adalah:

(Harga Jual – Harga Beli): Harga Beli x 100%

Mari kita masuk ke contoh kasus:

Pak A membeli rumah seharga Rp 500 juta pada tahun 2017. 5 tahun kemudian, rumah tersebut dijual seharga Rp 800 juta belum termasuk pajak.

Jadi, persentase keuntungan per tahun dari rumah yang dibeli oleh Tuan A adalah:

(Rp 800.000.000 – Rp 500.000.000): Rp 500.000.000 x 100% = 60%

Artinya, berdasarkan perhitungan di atas, keuntungan berupa uang rumah Pak A per tahun sekitar 60%.

Tidak. Pertanyaan selanjutnya, apakah cukup menguntungkan? Anda dapat mengetahui lebih lanjut tentang investasi real estat melalui ebook Keuangan saya yang dapat Anda akses secara gratis di bawah ini

Sedangkan untuk menghitung profit in money pada instrumen investasi saham, rumusnya adalah:

(harga jual – harga beli) x jumlah saham yang dibeli

Misalnya, Anda membeli saham ABC dengan harga 500 per saham untuk 10 lot pada tahun 2018.

Kemudian tahun ini anda berniat menjualnya dengan harga Rp 2000 per buah, maka keuntungan berupa uang yang akan anda dapatkan adalah :

(Rp 2000 – Rp 500) x 1000 = Rp 15.000.000

Melalui perhitungan di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa keuntungan tunai dari saham yang Anda beli 4 tahun yang lalu adalah Rp 15 juta.

Nah itulah penjelasan dari profit in money dan cara menghitungnya. Apakah Anda memiliki pertanyaan tentang ini? Jika ya, beri tahu kami di bagian komentar, oke!

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini kepada sesama investor lainnya melalui opsi media sosial, ya. Terima kasih!

Itulah informasi mengenai Capital Gain: Pengertian, Jenis dan Cara Menghitungnya, yang kami tulis ulang (kompilasi) dari keuangan saya dan beberapa sumber lainnya.

Baca Selengkapnya: Capital Gain Adalah?