Apa itu Panduan Instagram? [+ How to Create One]

Diposting pada

Digital Marketing – Apa itu Panduan Instagram?, Jika Anda menggunakan Spotify, kemungkinan Anda telah membuat daftar putar dengan semua lagu favorit Anda – dan mengaturnya kembali dalam urutan tertentu. Tapi tahukah Anda bahwa Anda bisa melakukan hal serupa di Instagram?

Masuk ke Panduan Instagram – alat yang memungkinkan Anda untuk mengatur posting Instagram favorit Anda, Reel, atau Live di satu lokasi, yang dapat Anda bagikan dengan komunitas Anda.

Untuk pemasar, ini adalah cara yang bagus untuk menghidupkan kembali konten lama, mempromosikan produk, dan memperkenalkan merek Anda.

Mari kita lihat lebih dekat Panduan Instagram, bagaimana Anda dapat memanfaatkannya dalam strategi pemasaran Anda, dan cara membuatnya dalam enam langkah.

Apa itu Panduan Instagram?

Singkatnya, Panduan Instagram adalah kumpulan posting, Reel, atau Lives – baik dari feed Anda sendiri atau dari orang lain.

Apa itu Panduan Instagram?

Semua panduan berkisar pada satu topik, cerita, atau ide. Misalnya, Anda dapat membuat panduan hadiah, koleksi produk, atau rutinitas olahraga – tetapi lebih lanjut tentang itu nanti.

Setelah Anda membuat panduan, panduan itu akan muncul di bawah tab publik di profil Anda yang dapat dikunjungi pengguna kapan saja. Anda juga dapat membagikannya ke Cerita Instagram Anda untuk visibilitas lebih.

Ada tiga jenis panduan di Instagram – tempat, produk, dan postingan.

  • Tempat adalah untuk berbagi konten terkait perjalanan atau lokasi tertentu. Misalnya, Anda dapat membagikan rencana perjalanan atau kedai kopi favorit Anda di lokasi X.Contoh: Tempat Paling Instagramable di Jogja.
  • Produk adalah untuk menampilkan produk dari Instagram Store. Anda dapat membuat apa saja mulai dari tutorial produk hingga daftar produk atau merek favorit Anda.Contoh: 8 Produk yang Harus Saya Miliki untuk Kulit Sensitif.
  • Postingan adalah untuk artikel, komentar, atau apa pun yang menarik yang telah Anda bagikan atau simpan dari orang lain. Tipe ini kurang fokus pada visual dan lebih pada keterampilan mendongeng Anda.Contoh: Cara Membangun Rutinitas Pagi yang Sehat.

Dengan pemahaman yang kuat tentang Panduan ini, mari kita bahas manfaat menggunakannya dalam pemasaran Instagram Anda.

Panduan Instagram untuk Pemasaran

Instagram memiliki banyak fitur untuk pemasar – tetapi apa yang membuat panduan ini menonjol dari yang lain?

Lihat manfaat utama menggunakan Panduan Instagram dalam pemasaran Anda:

1. Hidupkan kembali konten lama Anda

Konten di Instagram memiliki siklus hidup yang pendek. Setelah menekan tombol “Posting” – dan menonton suka mengalir selama satu atau dua hari – konten Anda ada di umpan Anda, mengumpulkan debu.

Dengan panduan, Anda dapat menyoroti konten masa lalu Anda. Saat pengguna mengklik postingan di panduan Anda, mereka akan dibawa ke postingan asli – memberi mereka kesempatan baru untuk hidup.

2. Arahkan lalu lintas ke blog atau situs web Anda.

Panduan adalah cara yang bagus untuk berbagi kiat, trik, saran, dan rekomendasi tentang topik tertentu – tetapi Anda tidak dapat mengungkapkan semuanya.

Sebagai gantinya, gunakan panduan untuk meringkas satu atau dua poin dari posting blog Anda – kemudian dorong pengguna untuk mengunjungi blog Anda untuk detail lebih lanjut (atau tip lainnya). Dengan begitu, Anda dapat mengarahkan lalu lintas ke saluran Anda yang lain.

3. Perkenalkan merek Anda.

Panduan Instagram adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan pelanggan baru dan saat ini ke merek Anda dan nilainya. Gunakan mereka untuk menyoroti pekerjaan tanggung jawab sosial, pencapaian baru, konten di balik layar, atau inisiatif baru.

Misalnya, pasar mode Vestiaire Collective menyoroti nilai mereknya dengan memposting panduan tentang cara membuat lemari pakaian yang lebih berkelanjutan dan daya yang dapat didaur ulang.

vestiaireco

4. Manfaatkan konten yang dibuat pengguna.

Dengan Panduan, Anda dapat menggabungkan konten dari pengguna lain dengan konten Anda sendiri – memberi Anda kesempatan untuk memanfaatkan konten buatan pengguna.

Misalnya, Anda menjalankan merek kacamata hitam. Anda dapat membuat panduan berjudul, katakanlah, “Kacamata Paling Trendi tahun 2022” yang berisi foto pelanggan Anda yang memakai produk Anda. Apa cara yang lebih baik untuk memanfaatkan UGC, mempromosikan produk Anda, dan menarik pelanggan baru – semuanya pada saat yang bersamaan.

5. Promosikan produk Anda – tanpa over-selling.

Jika Anda mengalami masalah dalam mempromosikan produk Anda tanpa terdengar seperti infomersial, Panduan Instagram adalah cara yang bagus untuk mencapai keseimbangan itu.

Kembali ke contoh kacamata hitam di atas – jika Anda ingin membuat panduan untuk koleksi baru Anda, Anda dapat menambah nilai bagi pembaca Anda dengan memasukkan saran, tip, atau trik dalam panduan. Kemudian, beri judul panduan Anda dengan cara yang menempatkan nilai di depan dan di tengah, seperti “Cara Menata Kacamata Hitam Besar”.

Ini adalah salah satu cara untuk mempromosikan produk Anda secara halus tanpa menjadi pusat perhatian.

Cara Membuat Panduan di Instagram

Membuat panduan relatif sederhana, tetapi Anda memerlukan Instagram versi terbaru sebelum dapat memulai. Ini juga merupakan ide yang baik untuk melakukan brainstorming tentang jenis panduan yang ingin Anda buat – dan catat konten yang ingin Anda sertakan. Kemudian, ikuti langkah-langkah ini:

1. Arahkan ke profil Instagram Anda dan ketuk tombol plus (+). Ini akan membuka menu dengan opsi apa yang dapat Anda posting di Instagram. Ketuk “Panduan”.

IMG-3564

2. Selanjutnya, ketuk jenis panduan Instagram yang ingin Anda buat. Anda dapat memilih dari Places, Products, atau Posts.

IMG-3565

3. Pilih konten yang ingin Anda tambahkan ke panduan Anda. Ini bisa berupa konten yang telah Anda bagikan atau simpan dari orang lain.

IMG-3567

4. Dari sini, Anda harus menuliskan beberapa detail tentang panduan Anda – judul dan ringkasan. Anda juga perlu mengunggah foto sampul jika ingin mengubah apa yang disediakan Instagram.

IMG-3570

5. Saat Anda menggulir panduan, tambahkan judul dan deskripsi, komentar, atau pemikiran ke setiap posting.

IMG-3569

6. Setelah Anda puas dengan panduan ini, klik Bagikan.

Baca juga: Tips Instagram, Cara Mengecek Akun IG yang di Isengi Orang Lain

Panduan Instagram adalah tentang mengubah konten. Jadi, periksa feed Anda dan temukan cerita baru yang bisa Anda ceritakan.

Gunakan tips dalam artikel ini untuk mengubah panduan Anda menjadi strategi pemasaran top-of-the-corong yang efektif untuk melibatkan pengguna, mempromosikan produk Anda, dan memperkenalkan merek Anda.

Sumber: Schmu.id