Asuransi Terbaik di Dunia dan Indonesia

Diposting pada

Bisnis : Asuransi Terbaik di dunia Dan Indonesia, Saat ini, ada cukup banyak instansi atau organisasi yang memberikan apresiasi terhadap perusahaan asuransi terbaik di dunia. Sebut saja salah satunya adalah majalah Forbes Global.

Terdapat berbagai perusahaan asuransi yang sudah mendapatkan penghargaan, baik di dunia maupun di Indonesia. Tentunya, masing-masing punya keunggulan dan kelebihan tersendiri.

Daftar 22 Asuransi Terbaik di dunia

Tips Memilih Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia
Tips Memilih Asuransi Rumah Terbaik di Indonesia

Nah, Lifepal sudah merangkum berbagai perusahaan asuransi di dunia dengan predikat terunggul, dari sisi kapital yang besar maupun pemberian layanan terbaik di dunia. Simak ulasan daftar asuransi terbaik di dunia berikut ini, yuk!

1. Berkshire Hathaway – Asuransi Terbaik di dunia

Negara asal Amerika Serikat (AS)
Tahun berdiri 1839
Nilai pendapatan US$223,6 miliar di tahun 2016
Total aset US$620,85 miliar di tahun 2016
Tokoh kunci Warren Buffet

Berkshire Hathaway masuk ke urutan teratas pada peringkat asuransi terbaik di dunia. Nilai pendapatan dan total asetnya sangat fantastis untuk ukuran perusahaan jasa keuangan.

Berkantor pusat di Omaha, Nebraska, AS, salah satu perusahaan asuransi terbaik dunia ini menangani investasi para konglomerat pada sektor energi, transportasi, dan jasa.

Selain dari penjualan asuransi, perusahaan ini juga mendapatkan keuntungan dari investasi di berbagai produk bisnis.

2. China Life Insurance – Asuransi Terbaik di dunia

Negara asal China
Tahun berdiri 1949
Total aset US$362,1 miliar di tahun 2015
Tokoh kunci Dairen Lin dan Yang Minsheng.

Berkantor pusat di Beijing, perusahaan ini menjadi salah satu dari kumpulan asuransi terbaik di skala internasional.

Sementara itu, perusahaan ini mengalami restrukturisasi pada 2003 dengan bisnis utama asuransi jiwa, manajemen aset, properti, dan investasi.

Lebih kerennya lagi, asuransi ini telah mencatatkan namanya di bursa saham, New York, Hongkong, dan Shanghai.

3. Ping An Insurance

Negara asal China
Tahun berdiri 1988
Total pendapatan US$130,9 miliar
Tokoh kunci Ma Mingzhe

Ping An Insurance adalah perusahaan asal Cina yang berfokus pada industri asuransi asuransi kesehatan, jiwa, dan umum.

Selain berfokus pada industri asuransi, Ping An Group juga bergerak di bidang finansial seperti perbankan dan asset management.

4. AIA Group

Negara asal Hong Kong
Tahun berdiri 1919
Kapitalisasi pasar US$80,5 miliar
Tokoh kunci Cornelius Vander Starr

Sebagian besar dari kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan Asuransi AIA. Nama besarnya di Indonesia juga didukung dengan popularitas perusahaan secara global.

AIA Group cukup terkenal karena pernah menjadi sponsor salah satu klub sepak bola liga Eropa.

5. Allianz

Negara asal Jerman
Tahun berdiri 1890
Total pendapatan 95,76 miliar euro
Total aset 848,9 miliar euro

Berkantor pusat di Munich, perusahaan ini telah merambah ke Indonesia. Allianz melayani asuransi kesehatan dan pengelolaan aset, dan dipercaya sebagai salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbaik di dunia.

Nasabahnya kini telah mencakup 70 negara di dunia asuransi dengan produknya yang beragam, baik individu maupun korporasi.

6. American International Group (AIG)

Negara asal Amerika Serikat (AS)
Kapitalisasi pasar US$76,4 miliar
Tokoh kunci Cornelius Vander Starr

American International Group atau dikenal juga dengan singkatan Asuransi AIG adalah perusahaan global asal Amerika Serikat yang juga hadir di Indonesia. Asuransi AIG di Indonesia berfokus pada produk asuransi karyawan.

Pernah menjadi sponsor salah satu klub sepak bola liga eropa, perusahaan AIG memiliki pendiri yang sama dengan AIA, yakni Cornelius Vander Starr.

7. Prudential

Negara asal Inggris
Tahun berdiri 1848
Total pendapatan 71,84 miliar euro
Tokoh kunci Paul Manduca

Prudential kini telah memiliki jaringan pasar besar di negara-negara Asia, Eropa, dan Afrika. Bahkan, di Indonesia pun nama Prudential juga sudah cukup dikenal.

Prudential pun terakhir mencatatkan diri di bursa saham London, Hongkong, Singapura, serta New York. Diestimasikan pelanggannya melebihi 24 juta orang.

8. AXA

Negara asal Prancis
Tahun berdiri 1817
Total aset 887,07 miliar euro
Tokoh kunci Thomas Buberl

Saat ini, AXA memiliki lebih dari 102 juta pelanggan dan sudah melebarkan sayap bisnisnya ke 56 negara, termasuk di Indonesia.

Bisnis utamanya seputar properti, asuransi jiwa, asuransi kecelakaan, asuransi kesehatan AXA, dan penyimpanan serta manajemen aset.

Total asetnya yang cukup besar menjadikan AXA sebagai salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia.

9. ING Group

Negara asal Belanda
Tahun berdiri 1991
Total pendapatan US$59,3 miliar
Tokoh kunci Ralph Hamers

ING Group adalah salah satu perusahaan asuransi terbaik di dunia yang berfokus pada produk asuransi jiwa dan kesehatan untuk tertanggung karyawan perusahaan.

Meski produk yang dihadirkan terbilang cukup terbatas pada segmen nasabah perusahaan, namun ING Group memiliki kemampuan finansial yang sangat baik.

10. MetLife

Negara asal Amerika Serikat (AS)
Tahun berdiri 1868
Total pendapatan US$57,8 miliar
Tokoh kunci Steven A. Kandarian

MetLife Insurance adalah perusahaan asuransi internasional asal Amerika Serikat yang menawarkan produk asuransi jiwa dan kesehatan untuk tertanggung pribadi maupun karyawan.

MetLife Insurance dengan berkantor pusat di New York. Produk asuransi jiwanya juga dikenal sebagai salah satu produk asuransi jiwa terbaik di dunia.

11. Anthem, Inc – Asuransi Terbaik di dunia

Negara asal Amerika Serikat (AS)
Total pendapatan USD4,80 miliar 
Kapitalisasi pasar USD 104,21 miliar

Anthem, Inc adalah salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbaik di dunia yang berasal dari Amerika Serikat.

Anthem, Inc merupakan bagian dari grup Blue Cross Blue Shield Association, sebuah perusahaan federasi nasional yang mengelola 38 perusahaan asuransi secara independen.

12. UnitedHealth Group – Asuransi Terbaik di dunia

UnitedHealth Group merupakan salah satu perusahaan asuransi kesehatan terbaik di dunia. UnitedHealth Group mencatatkan laba bersih sekitar Rp3,156 triliun.

Tidak hanya laba bersih yang cukup tinggi, perusahaan juga memiliki beragam produk asuransi. Mulai dari ditujukan untuk individu, keluarga, pensiunan, hingga prajurit militer.

13. Japan Post Insurance 

Salah satu perusahaan asuransi internasional terbesar selanjutnya adalah Japan Post Insurance.

Perusahaan ini merupakan bagian dari grup raksasa Japan Post Holdings. Sesuai dengan namanya, Japan Post Insurance berasal dari Jepang dan berkantor pusat di Tokyo.

Japan Post Insurance berkantor pusat di Jepang dengan total pekerjanya mencapai 229.421 orang. Selain itu, perusahaan ini memiliki aset sekitar US$2,467 pada tahun 2014.

Fokus utama perusahaan ini bukan hanya menawarkan produk asuransi kesehatan tapi juga pinjaman, deposito dan surat-surat berharga.

14. Assicurazioni Generali

Tidak kalah besar dengan perusahaan sebelumnya, Assicurazioni Generali juga masuk daftar perusahaan asuransi terbesar. Assicurazioni Generali atau dikenal juga dengan sebutan Generali Insurance berasal dari Italia.

Perusahaan Asuransi Generali memiliki pangsa pasar Eropa dengan jumlah aset mencapai €508 miliar pada 2013.

Untuk produk yang ditawarkan perusahaan sendiri mulai dari asuransi kesehatan, rumah, mobil, kecelakaan kerja dan lain-lain.

15. Kaiser Foundation Group of Health Plans

Kaiser Foundation Group of Health Plans berasal dari Amerika Serikat, berfokus pada produk asuransi kesehatan yang tersedia untuk tertanggung individu, keluarga, hingga kumpulan atau karyawan.

Kaiser Foundation Group memiliki popularitas yang cukup terkenal di Eropa. Bahkan, perusahaan ini masuk kategori terbaik dunia berdasarkan total premi bersih yang didapatkan mencapai US$83,6 miliar.

16. MS&AD Insurance Group Holdings, Inc.

MS&AD Insurance Group Holdings, Inc adalah perusahaan asuransi asal Jepang yang berdiri sejak tahun 2008.

Meski terbilang baru dalam industri asuransi, MS&AD Insurance Group Holdings memiliki kemampuan finansial yang sangat sehat. Perusahaan asal Jepang ini memiliki premi bersih total mencapai US$41,1 miliar.

17. China Pacific Insurance (Group) Company, Ltd.

China Pacific Insurance dikenal juga dengan singkatan Pacific Insurance. China Pacific Insurance memiliki kantor pusat di Shanghai dan telah berdiri sejak tahun 1991.

Memiliki pengalaman dalam industri asuransi selama lebih dari 30 tahun, China Pacific Insurance (Group) Company, Ltd memiliki total laba bersih senilai US$40,8 miliar.

18. National Mutual Insurance Federal Agricultural Cooperation

Sesuai dengan namanya, National Mutual Insurance Federal Agricultural Cooperation adalah perusahaan asuransi jiwa terbaik di dunia asal Jepang yang dikhususkan untuk para petani.

Tujuan keberadaan asuransi jiwa ini adalah menjamin kesejahteraan para petani di Jepang. Meski industri asuransi yang dijajaki perusahaan terbilang tersegmentasi, namun perusahaan asuransi terbaik ini mampu mencatat total premi bersih mencapai US$45,2 miliar.

19. Humana Inc.

Selanjutnya ada Humana Inc, salah satu perusahaan asuransi berkelas dunia asal Amerika Serikat.

Humana Inc menghadirkan pilihan produk asuransi kesehatan yang tersedia untuk tertanggung individu, keluarga, hingga karyawan perusahaan.

Humana Inc memiliki popularitas yang cukup terkenal di Amerika Serikat. Kesuksesan perusahaan terbukti dengan kesehatan keuangannya yang memiliki total premi bersih senilai US$52,4 miliar.

20. Nippon Life Insurance Company

Nippon Life Insurance Company atau dikenal juga dengan nama Nissay atau Nihon Seimei merupakan salah satu perusahaan asuransi jiwa terbesar di Jepang.

Berdiri sejak tahun 1889, perusahaan mencacatkan nilai premi bersih cukup tinggi yaitu US$50,6 miliar.

Angka tersebut menjadikan Nissay sebagai perusahaan asuransi jiwa dengan revenue terbesar di Jepang.

21. People’s Insurance Company (Group) of China Ltd.

People’s Insurance Company (Group) of China Limited atau dikenal juga dengan singkatan PICC Group adalah perusahaan asuransi asal China yang dimiliki oleh pemerintah atau negara Jepang.

People’s Insurance Company (Group) of China Ltd memiliki nilai premi bersih mencapai US$68,9 miliar.

22. State Farm Group

Selanjutnya ada State Farm Group yang merupakan perusahaan asuransi asal Amerika Serikat dan berfokus pada produk asuransi properti, asuransi jiwa, dan asuransi mobil. State Farm Group memiliki popularitas yang cukup baik di Eropa.

Pada tahun 2019, perusahaan ini masuk dalam daftar perusahaan asuransi dengan revenue tertinggi di urutan ke 36 dalam Fortune 500. Perusahaan ini mencacatkan total premi bersih mencapai US$69,9 miliar.

Baca juga: Manfaat Asuransi Rumah

Kriteria perusahaan asuransi terbaik

Semakin berkembangnya bisnis asuransi membuat berbagai perusahaan baru bermunculan. Tentunya kamu harus semakin jeli memilih asuransi sesuai dengan kebutuhan.

Nah, kali ini beberapa kriteria perusahaan asuransi terbaik yang bisa menjadi rujukan kamu ketika membeli produk asuransi.

1. Reputasi perusahaan

Reputasi perusahaan menjadi hal wajib yang harus kamu pertimbangkan ketika membeli produk asuransi.

Kamu bisa melihatnya berdasarkan surat izin usaha. Perusahaan yang bagus tentu saja memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Selain dari sisi legalitas yang wajib kamu perhatikan, prestasi dan penghargaan juga bisa menjadi pertimbangan. Perusahaan yang bagus tentu saja akan memiliki banyak prestasi.

2. Kesehatan keuangan 

Asuransi menjadi salah satu cara untuk mencapai keamanan dalam hal finansial. Tentu saja ketika kamu memilih perusahaan kesehatan keuangan juga harus menjadi pertimbangan.

Sebab, keuangan yang sehat tentu saja akan berdampak pada  kesanggupan perusahaan memenuhi pertanggungan klaim asuransi yang diajukan oleh seluruh nasabah aktifnya.

Di Indonesia sendiri perusahaan asuransi wajib memenuhi standarisasi keuangan yang telah ditentukan di dalam Peraturan Jasa Otoritas Keuangan (Nomor 71 dan 72 /POJK.05/2016).

Ketentuan mengenai rasio solvabilitas adalah minimal 120 persen, ekuitas minimal Rp100 miliar untuk perusahaan asuransi dan minimal Rp200 miliar untuk reasuransi, dan perusahaan asuransi dikategorikan baik apabila minimal asetnya minimal Rp150 miliar.

3. Cabang yang luas

Hal lainnya yang menjadikan perusahaan asuransi masuk kriteria baik atau tidak adalah cabang yang luas.

Cabang disini bisa artikan kantor yang tersebar luas di berbagai wilayah maupun provider perusahaan.

Memilih perusahaan dengan kantor cabang yang tersebar luas di berbagai wilayah tentunya memudahkan kamu ketika ingin mendapatkan informasi seputar produk perusahaan.

Tidak hanya itu saja, rekanan bengkel maupun rumah sakit yang cukup luas juga akan memudahkan kamu ketika ingin mengajukan klaim.

4. Pangsa pasar premi

Perusahaan asuransi terbaik di Indonesia tentu saja harus memberikan harga premi yang sesuai.

Perlu kamu ketahui, premi murah belum tentu menjadikan rujukan utama perusahaan tersebut baik atau tidak. Jadi cek ulang mengenai legalitas dan kesehatan keuangan perusahaan.

Sementara itu, untuk asuransi mobil besaran premi atau harga asuransi kendaraan sudah diatur berdasarkan Surat Edaran OJK Nomor 6/SEOJK.05/2017.

Jadi, bagi kamu yang penasaran tentang besaran premi asuransi mobil kesayangan, yuk lakukan simulasi perhitungan menggunakan kalkulator premi asuransi mobil berikut ini!

5. Banyaknya nasabah perusahaan

Banyaknya nasabah perusahaan tentu saja menjadikan salah satu kriteria perusahaan asuransi tersebut baik.

Sebab dengan banyaknya nasabah tentunya berkaitan dengan produk yang ditawarkan. Selain itu dengan banyaknya nasabah aktif yang dimiliki perusahaan maka akan menjamin pelayanan dari asuransi yang diberikan.

Asuransi Indonesia yang berafiliasi dengan perusahaan asuransi internasional

Tertarik untuk menjadi nasabah di perusahaan asuransi terbaik di dunia, tapi bingung bagaimana mengajukannya?

Jangan khawatir, di Tanah Air ini pun sudah ada beberapa perusahaan asuransi terbaik berkualitas internasional sebagai pilihan kita. Yuk, kita cek satu-persatu.

1. Cigna

PT Asuransi Cigna (Cigna Indonesia) merupakan perusahaan asuransi jiwa terbaik di Indonesia yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Didirikan pada tahun 1990, Cigna Indonesia merupakan anak perusahaan Cigna Corporation. Cigna Corporation adalah salah satu perusahaan pelayanan kesehatan terbesar di pasar Amerika Serikat.

Perusahaan ini berkantor pusat di Bloomfield, Connecticut, dan telah beroperasi secara internasional di 30 negara serta memiliki sekitar 95 juta nasabah di seluruh dunia yang dilayani oleh kurang lebih 41 ribu karyawan.

Cigna Indonesia kini telah tumbuh dan berkembang menjadi salah satu perusahaan peringkat asuransi terbaik di Indonesia dengan keunggulan dalam menyediakan produk dan layanan yang menjangkau konsumen dan rekan bisnis secara langsung.

Pada akhir tahun 2016, Cigna Indonesia membukukan pencapaian rasio tingkat solvabilitas atau disebut RBC (Risk Based Capital) sebesar 637 persen, jauh di atas peraturan pemerintah sebesar 120 persen.

2. Tokio Marine

Tokio Marine Umum juga menjadi salah satu perusahaan asuransi terbesar dunia yang hadir di Indonesia.

Tokio Marine Group sendiri sebenarnya merupakan perusahaan patungan antara Tokio Marine Asia Pte Ltd dan PT Asuransi Jasa Indonesia yang telah beroperasi sejak tahun 1975

Produk yang ditawarkan perusahaan antara lain adalah asuransi mobil, asuransi rumah, asuransi perjalanan, asuransi bisnis, dan asuransi kecelakaan diri. Sementara untuk Tokio Marine Life berfokus memasarkan asuransi jiwa dan kesehatan.

3. MSIG

Perusahan yang berafiliasi dengan perusahaan Internasional selanjutnya adalah PT Asuransi MSIG Indonesia.

Perusahaan ini masuk bagian dari MSIG Holdings (Asia) Pte. Ltd. yang tersebar di ASEAN dan Hong Kong.

Selain itu, perusahaan MSIG juga sudah berpengalaman lebih dari 100 tahun menyediakan solusi asuransi umum (kerugian) di berbagai negara.

Tidak hanya itu saja, di Indonesia sendiri MSIG juga sudah terdaftar sebagai anggota Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI).

Perusahaan pun telah mengantongi izin Usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan Surat Keputusan Menteri Keuangan Nomor KEP-588/MD/1987 tanggal 2 Februari 1987.

4. Allianz

Allianz (Allianz Life; NYSE: AZ) merupakan perusahaan jasa keuangan multinasional yang berkantor pusat di Munich, Jerman, dengan bisnis utamanya adalah asuransi.

Pada 2013, Allianz merupakan perusahaan terbesar ke-25 dunia menurut ukuran gabungan oleh majalah Forbes. Allianz pertama kali berdiri tahun 1890.

Kini Allianz Indonesia didukung oleh lebih dari 1.400 karyawan dan lebih dari 20 ribu tenaga penjualan dan ditunjang oleh jaringan mitra perbankan dan mitra distribusi lainnya untuk melayani lebih dari 7 juta tertanggung di Indonesia.

5. AXA Mandiri

AXA Mandiri Financial Services (AXA Mandiri) adalah salah satu perusahaan asuransi jiwa yang berdiri sejak 1991 dengan kantor pusat di Jakarta.

Memulai bisnis asuransi pada 2004, AXA Mandiri berhasil membentuk bisnis asuransi umum pada 2011. AXA juga dikenal memberikan produk asuransi

Hingga kini, layanannya semakin lengkap dan kuat serta terus berfokus memberikan berbagai solusi yang dibutuhkan nasabah, baik jasa finansial maupun investasi serta perlindungan jiwa dan aset.

Sumber: Asuransi Terbaik