Daftar Harga Mobil Sedan Terbaik, Spesifikasi dan Harganya

Diposting pada

Daftar Harga Mobil Sedan Terbaik, Ketika mencari mobil sedan terbaik, keunggulan utama yang perlu diperhatikan adalah stabilitas Stabilitas yang baik pada mobil sedan akan membuat mobil lebih terasa nyaman saat dikendarai.

Selain itu, ground clearance mobil sedan sangat ideal. Kemampuan sedan juga terlihat dari bodinya yang minimalis dan sempurna serta desain dan fitur premium.

Body yang cenderung kecil tersebut sangat pas untuk beberapa pengguna transportasi. Mobil sedan cocok untuk untuk digunakan pada beragam jenis keperluan.

Daftar Harga Mobil Sedan Terbaik

Ada banyak pilihan mobil sedan yang dijual di pasaran mobil Indonesia. Tapi, tidak semuanya cukup baik atau berkualitas.

Supaya tidak salah pilih ketika membeli, sebaiknya perhatikan rekomendasi mobil sedan terbaik dan termurah berikut ini.

1. Honda City (Rp337-352 juta)

mobil sedan terbaik

Sudah umum kalo Honda dikenal sebagai produsen mobil terbanyak. Satu di antaranya adalah Honda City yang merupakan primadona mobil kelas menengah.

Mobil sedan mewah ini memiliki perfoma mesin yang cukup tangguh dan handal. Karena,  jantung mekanis Honda City yang mengandalkan mesin 4 silinder segaris, SOHC, 16 katup, i-VTEC + DBW dengan kapasitas mesin 1.497 cc.

Mesin Honda City sendiri diklaim bisa menghasilkan keluaran tenaga sebesar 118 HP pada putaran 6.600 rpm dan torsi mencapai 145 Nm pada 4.600 rpm.

Berbicara tentang harga, mobil sedan milik Honda ini cukup terjangkau dan sepadan dengan keunggulan yang ditawarkan.

Harganya dibanderol Rp337 juta sampai dengan Rp352 juta. Inilah salah satu alasan Honda City menjadi mobil terlaris di Indonesia.

Harga tersebut cukup terjangkau, menjadikan Honda City sebagai salah satu mobil sedan terbaik dan termurah.

2. Honda Civic (Rp533 juta)

mobil sedan terbaik

PT HPM selaku pihak yang merakit Honda Civic edisi facelift melakukan berbagai perubahan eksterior yang dibuat lebih minimalis namun tetap garang. Bumper depan juga diubah sehingga tampilannya lebih elegan.

Desain lampu depan dibuat menyipit dan dengan teknologi LED beserta DRL LED. Pada bagian bawah, terdapat lampu kabut beraksen chrome garnish.

Dibandingkan sisi luar dengan perubahannya, ruang kabin Honda Civic terkesan lebih kalem dengan masih mempertahankan desain pra-facelift yang menawan. Perpaduan material soft touch dan kulit menjadikan ruang interior terasa elegan.

Desain futuristik akan sangat terlihat pada bagian kabin dan dashboard dipenuhi banyak fitur. Semakin lengkap, corak jok berbahan kulit, glove box disertai lampu, dan ada pengaturan kursi elektrik.

Honda Civic terbaru dibekali mesin 1.5L VTEC bertenaga turbo dengan Earth Dreams Technology.

Teknologi turbo tersebut membuat mobil ini mampu menghasilkan hingga 171,5 daya kuda pada putaran 5.500 rpm dan torsi puncak sebesar 220 Nm pada putaran 5.500 rpm juga.

Masuk dalam jajaran mobil sedan terbaik dan murah, harga mobil Honda Civic adalah Rp533 juta, cukup terjangkau dibandingkan sejumlah mobil sedan lainnya.

3. Honda Accord (Rp749 juta)

Honda Accord selalu dikaitkan dengan sedan premium menawan dengan tampilan eksterior yang garang. Mobil ini termasuk salah satu mobil sedan terbaik tahun 2000an.

Desain mobil Honda yang satu ini tetap agresif layaknya generasi sebelumnya ditambah dengan lampu depan berteknologi LED pipih.

Fasia depan berdesain grille berkelir panel hitam dengan sentuhan sedikit aksen chrome. Lekukan kap mesin didesain lebih tegas.

Beranjak ke bawah, asupan udara pada bumper bawah dibuat besar untuk mengisi udara pada mesin dengan lampu kabut pipih.

Kesan premium mengalir dari luar hingga bagian dalam Honda Accord. Dashboard dan door trim berbahan soft touch.

Pengaturan kursi dan tombol pada dashboard dan konsol tengah sangat ergonomis. Dengan desain premium tersebut, harga Honda Accord dibanderol Rp749 juta.

Mesin Honda Accord generasi kesepuluh saat ini menggunakan versi 1.5T 4-silinder segaris 16 katup bertenaga turbo dengan teknologi VTEC serta DBW khas Honda.

Mesinnya berkapasitas 1.498 cc mampu mengeluarkan tenaga hingga 190 PS pada putaran 5.500 rpm serta torsi maksimal yang cukup besar, yaitu 260 Nm dalam rentang 1.600 rpm hingga 5.000 rpm.

4. Toyota Corolla Altis (Rp491-591 juta)

Toyota Corolla Altis pertama muncul tahun 2000. Mobil ini juga menjadi salah satu mobil sedan terbaik sejak tahun 200an.

Mobil ini menjadi generasi kesembilan dari Toyota Corolla berkode E120. Di Indonesia, generasi pertama Toyota Corolla Altis mulai dipasarkan pada tahun 2001.

Mengenai desain eksterior Toyota Corolla Altis 2021, Toyota membuatnya lebih modern, sporty, dan agresif, dibandingkan model sebelumnya.

Lampu depan dengan bentuk yang menyipit menampilkan kesan agresif. Dilengkapi dengan teknologi LED, lampunya menggunakan daya rendah dengan tetap memberikan pencahayaan maksimal.

Lanjut ke dapuran mesin, Toyota Corolla Altis 2021 dibekali mesin DOHC VVTi berkapasitas 1.798 cc dipadukan dengan sistem transmisi Variable Speed CVT 7 percepatan.

Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 140 hp pada putaran mesin 6.400 rpm dan torsi maksimum mencapai 175 pada putaran mesin 4.000 rpm.

Kemampuan akselerasinya sangat bisa diandalkan, yakni 0-100 km/jam yang dapat ditempuh hanya dalam waktu 10,9 detik.

Sedangkan kecepatan maksimumnya diklaim dapat mencapai hingga 190 km/jam. Sangat cocok jika Toyota Corolla Altis dijuluki mobil sedan terbaik di Indonesia.

Baca juga: Cara Pasang Central Lock Mobil Sendiri Tanpa Ke Bengkel

Toyota Corolla Altis termasuk mobil sedan mewah dengan fitur teknologi canggih yang digunakan.

Selain itu, performa mesin dan konsumsi bahan bakarnya sangat mampu mengakomodasi kebutuhan sehari-hari. Toyota Corolla Altis harganya Rp491 juta sampai Rp591 juta.

5. Toyota Camry (Rp641-842 juta)

mobil sedan terbaik

Selain Toyota Corolla Altis, ada satu lagi mobil Toyota yang masuk dalam jajaran mobil sedan terbaik sejak tahun 2000an, yaitu Toyota Camry.

Inilah model sedan Toyota yang telah berevolusi dari generasi ke generasi. Generasi kedelapan mobil ini sudah dipasarkan di Indonesia dengan dua tipe mesin yaitu konvensional dan hybrid.

Dengan varian entry level, Toyota Camry 2.5 G A/T dibanderol Rp641 jutaan dengan Toyota Camry 2.5L A/T Hybrid dihargai Rp842 jutaan.

Toyota Camry dibekali fitur-fitur canggih dan cukup lengkap yang sangat memanjakan penumpangnya Fitur tersebut di antaranya pengaturan AC triple zone,

Tak ketinggalan, mobil ini juga memiliki fitur touchscreen convenient rear seat control dan electric sunroof. Beralih ke mesin, Toyota Camry ditenagai mesin berkapasitas 2494 cc tipe Petrol.

Harga Toyota Camry yang masih baru bisa dibanderol mulai dari Rp641 juta sampai dengan Rp841 juta.

6. Toyota Vios (Rp252,4-281,6 juta

Sebagai informasi, Toyota Vios yang kini dipasarkan adalah generasi ketiga yang sudah meluncur pada 7 Mei 2013. Toyota Vios  adalah mobil sedan Segmen B rakitan Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

Vios memiliki dimensi yang kompak ditunjang dengan konsumsi bahan bakar yang cukup irit dan mesin 2NR-FE 1.5L 4-silinder bertransmisi manual 5-percepatan dan CVT.

Berbicara tentang tampilan, grille depan dibuat besar sehingga memberikan kesan gagah pada sedan kompak Toyota ini.

Grille hitam menjulang hingga ke bawah bersanding dengan fog lamp yang membantu pengendara saat melaju di jalanan berkabut atau saat hujan.

Selain itu, ada Daytime Running Light berteknologi LED mobil paling terang yang menempel di bawah lampu depan.

Toyota memberikan berbagai fitur keselamatan terbaik untuk Vios seperti 7 SRS Airbag, termasuk airbag pada bagian lutut pengemudi.

Pengguna juga bisa memanfaatkan fitur Hill-Start Assist untuk membantu kendaraan agar tidak mundur ketika berhenti di jalanan menanjak.

Vehicle Stability Control hadir untuk menjaga kestabilan berkendara saat berakselerasi atau berbelok. Harga Toyota Vios terbaru dimulai Rp252,4 juta sampai dengan Rp281,6 juta.

7. BMW Seri 3 (Rp859 juta)

BMW Seri 3 atau 3-Series adalah mobil terlaris BMW sepanjang masa bersama Seri 5. Mobil sedan yang satu ini sejajar dengan dengan Mercedes-Benz C-Class.

BMW Seri 3 punya beberapa varian yang dihadirkan di Indonesia yaitu tiga bermesin bensin, dan satu varian bermesin diesel.

Menariknya, BMW Seri 3 sudah dirakit di Indonesia, kecuali varian 340i M Sport, di pabrik Gaya Motor, Sunter, Jakarta Utara.

Varian 340i, mesinnya memiliki enam silinder segaris, dengan kapasitas 3,0 liter. Tenaganya mencapai 326 hp, dan merupakan mobil Seri 3 standar yang paling kuat di keluarga ini.

Selain itu, varian menarik lainnya adalah 320d yang ditenagai mesin diesel. Mobil varian ini torsinya sangat besar, dan irit BBM. Harga mobil BMW ini mulai dari Rp859 juta.

8. BMW Seri 5 (Rp1,24-1,44 miliar)

Tahun 2021 ini, BMW Seri 5 terbaru dipasarkan di Indonesia dengan nama BMW Seri 5 LCI (Life Cycle Impulse).

BMW menghadirkan dua tipe yaitu BMW Seri 5 520i M Sport dan 530i Opulence. Tidak ada perbedaan yang signifikan dari segi mesin antara keduanya, tapi dua mobil tersebut diluncurkan dengan target pasar yang berbeda.

BMW Seri 5 mengadopsi model kidney grille berbentuk segi delapan. Interpretasi modern dari ikon BMW ini terlihat lebar dan tinggi ekstra, turun lebih jauh ke apron depan, dan dibingkai oleh single-piece surround.

Varian BMW 520i M Sport hadir dengan velg alloy ringan 19 inci M Y-spoke style 845 M Bicolour Jet Black, velg paling impresif yang pernah dipasang dalam sejarah Seri 5 di Indonesia.

Sedangkan BMW 530i Opulence tetap menggunakan velg berukuran 19 inci W-spoke style 663 Bicolour dengan ban campuran dengan Luxury Line.

Harga BMW Seri 5:

  • Harga BMW Seri 5, 520i M Sport: Rp1,24 miliar (on the road).
  • Harga BMW Seri 5, 330i Opulence: Rp1,44 miliar (on the road).

9. Mercedes-Benz E-Class (Rp1,08-2,11 miliar)

Mercedes-Benz E-Class baru adalah upgrade dari model E-Class dengan membawa kemewahan dan performa lebih. Mercedes-Benz E-Class tersedia dalam varian E-200 dan E-350 masing-masing dalam versi bensin dan diesel.

Beberapa fitur baru mobil ini termasuk lampu depan LED berperforma tinggi dengan DRL dan lampu belakang LED dengan tampilan kristal baru.

Lebih banyak lagi, fitur interior Mercedes-Benz E-Class mencakup Power Tilt/Sliding Sunroof, 64-Color Ambient Lighting, Dual-Zone Climate Control, dan Split Folding Rear Seats.

Mobil Mercedes memiliki kemudi berbobot baik dan body roll yang tetap terkendali. Daya henti remnya sangat baik.

Mode berkendara Sport atau Sport+ membuat mobil melesat lebih lebih kencang dengan tetap meningkatkan respons throttle dan kemudi.

Dalam mode Comfort atau Eco, pengendaraan akan menjadi lebih tenang. Harga mobil Mercedes Benz E-Class 2021 mulai dari Rp1,08 miliar hingga Rp2,11 miliar.

10. Mercedes-Benz C-Class (Rp779 juta sampai Rp1,02 miliar)

Mercedes C-Class adalah mobil sedan yang menawarkan kemewahan dan kenyamanan. Mobil C-Class ini juga termasuk efisien, kuat, dan aman karena pengereman otomatisnya.

Mercedes-Benz C-Class mempunyai plug-in hybrid (PHEV) dan dua mesin bensin empat silinder yang sangat maksimal daya dorongnya jika dipacu dalam keadaan normal.

Soal dapur pacunya, mobil Mercedes-Benz C-Class ini ditenagai oleh mesin bensin 2.0 liter turbo yang dapat menghasilkan torsi 181bhp dan 280Nm dan mesin diesel 2.0 liter.

Nah, mesin diesel ini sangat sesuai dengan dengan BS-VI dua kondisi yaitu motor 192bhp dengan tenaga 400Nm torsi dan motor 241bhp dengan torsi 500Nm.

C-Class menawarkan inovasi yang mumpuni terutama dari segi tata letak kabin dan juga fitur bantuan pengemudi tingkat lanjut.

Pengguna bahkan bisa mengubah gaya kabin dengan 64 warna pencahayaan ambient LED. Harga Mercedes Benz C-Class Sedan 2021 mulai dari Rp779 miliar sampai Rp1,02 miliar.

Rekomendasi mobil sedan bekas terbaik

Pada poin-poin di atas telah disebutkan mobil sedan terbaik dan termurah di Indonesia. Namun, harga-harga yang disebutkan adalah harga untuk versi mobil baru.

Lantas, bagaimana dengan mobil bekas? Jika ingin mobil sedan murah, kamu bisa juga membeli versi bekas atau second. Berikut ini rekomendasi mobil sedan bekas terbaik yang bisa dijadikan pertimbangan.

Jenis mobil  Harga bekas (mulai dari)
Honda All New City bekas Rp270 juta
Toyota Vios Rp136 juta
BMW seri 5 Rp760 juta
Toyota Camry Rp480 juta
Honda Accord Rp300 juta

Perlu diingat, harga-harga yang disebutkan di atas adalah harga perkiraan. Karena, tidak ada harga pasti untuk mobil bekas. Harga mobil bekas ditentukan berdasarkan kondisi mobil tersebut.

Membeli mobil, baik baru maupun bekas, memang memerlukan biaya yang tidak sedikit. Jika kamu butuh membeli mobil dalam waktu cepat tapi dananya terbatas, bisa juga mempertimbangkan untuk membeli mobil dengan sistem kredit.

Sebagai gambaran, coba lakukan simulasi perhitungan dengan kalkulator angsuran kredit mobil bunga flat berikut ini.

Kelebihan dan kekurangan mobil sedan

Mobil sedan adalah salah satu jenis mobil yang sering dipilih sebagai pilihan kendaraan. Meskipun, ada juga yang lebih memilih jenis mobil lain dibandingkan mobil sedan.

Mobil sedan memang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Sebelum memutuskan untuk membeli mobil sedan, coba pertimbangkan dulu kelebihan dan kekurangan berikut ini.

Kelebihan mobil sedan

Dari segi keunggulan, mobil sedan memiliki kelebihan dalam hal performa. Umumnya, apabila dibandingkan dengan jenis mobil lain, performa sedan lebih nyaman karena postur mobil ceper atau pendek dan ground clearance yang rendah.

Selain itu, kebanyakan mobil sedan juga memiliki desain eksterior yang memberikan kesan mewah. Ini juga jadi salah satu kelebihan yang patut dipertimbangkan.

Kekurangan mobil sedan

Bila dilihat dari sisi negatifnya, kekurangan mobil sedan ada pada pajaknya yang tinggi dan cenderung mahal. Pada dasarnya, pajak mobil sedan hingga saat ini memang masih tinggi.

Pajak yang tinggi inilah yang memengaruhi harga jual mobil sedan, membuat sebagian besar mobil sedan memiliki harga yang juga tinggi.

Selain itu, karena ground clearance pada sedan rendah, maka bagian bawah mobil rentan terhadap kerusakan ketika mobil dibawa berkendara di jalanan yang rusak.

Sumber: Harga Mobile sedan Terbaru