Jika pemasaran media sosial adalah tentang menciptakan metode ampuh dan hemat biaya untuk menghubungkan merek atau perusahaan Anda dengan pelanggan Anda, mengapa begitu banyak platform dan alat analisis media sosial begitu mahal? Label harga untuk beberapa sistem dasbor media profesional tingkat profesional saja dapat menambahkan ratusan dolar per bulan bahkan sampai kampanye pemasaran yang paling sederhana. Apa yang memberi.

Kenyataannya adalah kebanyakan individu, usaha kecil menengah tidak memerlukan peralatan tingkat tinggi bertenaga tinggi yang digunakan oleh orang-orang hebat. Sebenarnya, banyak alat dan platform terbaik tersedia secara gratis.

Lihatlah 14 perangkat dan media sosial gratis terbaik yang bisa digunakan secara gratis, dan Anda mungkin saja menjadi pisang teratas dalam pemasaran media sosial.

baca juga: Aturan Baru Youtube 1000 Subscriber 4000 jam dalam 12 bulan terakhir, Bikin Nyesek

1. SumAll: Tentu, kita sedikit bias dengan yang satu ini. SumAll memberikan pengalaman dashboard bisnis dan media dasariah yang paling mendalam di pasaran, dan kami tidak malu ketika harus memberitahukan orang tentang hal itu. Kami telah menghabiskan banyak waktu pengembangan untuk menciptakan layanan yang indah, intuitif, dan sangat dapat disesuaikan yang sepenuhnya kompatibel dengan setiap platform media sosial dan pemasaran digital utama. Laporan SumAll seanggun informasi yang informatif, dan tersedia di hampir semua perangkat dan dalam berbagai format. Tidak seperti banyak layanan di bawah ini, sangat sedikit fitur yang terkunci di balik akun premium.

2. Buffer: Ketika sampai pada pengalaman yang user-friendly, Buffer berada dalam kelas tersendiri. Terutama dirancang sebagai alat lintas platform untuk menjadwalkan konten media sosial, dasbor Buffer juga menawarkan cuplikan yang fantastis tentang bagaimana posting tersebut dilakukan. Akun gratis terbatas pada satu set akun media sosial, dan layanan ini hanya mendukung platform utama seperti Facebook, Twitter, dan LinkedIn.

3. Hootsuite: Sebagai salah satu dasbor media sosial paling matang di pasaran, Hootsuite menawarkan rangkaian fitur yang komprehensif dan beragam jaringan yang kompatibel. Ini adalah sumber yang luar biasa untuk mendengarkan sosial, dan alat pelaporan yang dapat disesuaikan termasuk yang terbaik yang tersedia. Sayangnya, versi gratisnya memiliki beberapa keterbatasan, membuatnya kurang kuat dibanding pilihan premium.

4. Audiense: Meski terbatas pada Twitter, Audiense menyediakan beragam alat untuk mengukur kinerja dan keterlibatan usaha Anda. Bagi perusahaan yang sangat fokus pada pemasaran berbasis Twitter dan sedikit lainnya, Audiense menawarkan pengalaman yang terfokus dan dasbor “community insight” yang cukup maju. Fitur yang lebih canggih, termasuk analisis tweet secara keseluruhan, hanya dapat diakses oleh anggota berbayar.

5. Klout: Sering diberhentikan sebagai alat sederhana untuk mengukur popularitas online, Klout adalah platform yang sangat kuat untuk mengukur seberapa efektif kampanye media sosial Anda. Klout mengklaim untuk melacak lebih dari 400 metrik dari delapan jaringan sosial utama setiap hari, memberikan wawasan menyeluruh tentang keterlibatan, jangkauan, dan pengaruhnya. Akibatnya, ini adalah dasbor sekilas untuk seluruh kehadiran media sosial Anda.

6. Laporan Google Analytics Visual: Meskipun secara teknis bukan dasbor media sosial, alat pelaporan bergaya infografis visual memang menawarkan gambaran bagus tentang seberapa baik kinerja situs web Anda, termasuk hasil dari sumber media sosial utama. Ini adalah alat yang hebat untuk menerapkan upaya media sosial Anda dalam konteks lalu lintas situs web Anda secara keseluruhan, tanpa tersesat dalam detail berat versi Laporan Google Analytics standar. Ini juga gratis.

7. Wawasan Facebook secara Visual: Sama seperti Laporan Google Analytics mereka, generator Wawasan Facebook secara visual mengubah data kering 30 hari terakhir halaman menjadi infografis yang sederhana dan menarik. Meskipun tidak berguna bagi kebanyakan orang yang benar-benar mengelola akun ini, ini adalah alat yang hebat untuk memberi tampilan yang lebih mudah kepada pengguna lain tentang keseluruhan kinerja keseluruhan halaman Facebook Anda. Ini juga gratis.

baca juga: Benarkah, Facebook Nunggak Pajak 3 Triliun ??

8. Socialbakers: Aturan dan bobot tak terlihat dari Algoritma Facebook dapat membuat atau menghancurkan kampanye pemasaran media sosial. Meskipun Socialbakers hanya dapat menebak dengan baik bagaimana kinerja halaman Anda, ia menawarkan berbagai wawasan dan petunjuk tentang bagaimana meningkatkan peluang konten Anda akan muncul dalam umpan pengikut Anda.

9. Mention: Alat analisis media sosial real-time ini memberikan tampilan konten mirip mesin pencari dari seluruh pengguna internet. Selain mengidentifikasi kata kunci, hashtag dan pengguna yang paling terkait dengan situs web, perusahaan, atau nama merek tertentu, sistem ini juga menyediakan perincian sederhana dari sentimen pengguna, semangat, dan metrik pengungkapan lainnya dari berbagai sumber. Sebutkan benar-benar bebas untuk digunakan.

10. Tailwind: Sebagai satu dari hanya segelintir dasbor media sosial yang didedikasikan untuk Pinterest, Tailwind berada dalam posisi yang patut ditiru untuk memiliki produk padat di ceruk dengan sedikit pesaing. Sistem ini memiliki mesin analisis yang kuat, walaupun akses ke ini agak terbatas untuk akun gratis, hanya dengan beberapa fitur dan wawasan yang tersedia. Bagi pendatang baru untuk pemasaran media sosial Pinterest, dan hanya ingin melacak kinerja pin baru-baru ini, akun bebas Tailwind tetap merupakan titik awal yang layak.

11. SharedCount: Jika Anda mencari laporan tanpa embel-embel tentang seberapa baik situs atau halaman tertentu ditampilkan di media sosial utama, tidak terlihat lagi dari SharedCount. Metrik metrik media sosial yang ketat membuatnya menjadi cara cepat dan mudah untuk membandingkan kinerja konten Anda dengan pesaing Anda. Meskipun jelas terbatas dalam hal wawasan kedalaman dan sekunder, sistem SharedCount benar-benar bebas untuk digunakan.

12. BuzzSumo: Alih-alih berfokus pada kinerja konten media sosial Anda yang ada, BuzzSumo membantu Anda menghasilkan konten yang lebih baik yang lebih cenderung dibaca, dibagi, dan direaksikan. Cukup cari kata kunci, topik, atau kategori tertentu, dan BuzzSumo akan memberikan contoh terbaik yang berkaitan dengannya. Sistem ini juga menawarkan wawasan tentang mengapa konten tersebut diterima dengan baik, dan juga para influencer yang membantu membaginya. Sayangnya, opsi pelaporan lanjutan tidak tersedia untuk akun gratis.

13. Keyhole: Penasaran dengan performa hashtag atau kata kunci di Twitter, Facebook atau Instagram? Ingin tahu siapa yang menggunakannya, apa rincian demografisnya, dan di mana ungkapan-ungkapannya paling populer? Bertanya-tanya siapa orang yang paling berpengaruh menggunakan tag atau kata kunci? Jika Anda menjawab “Ya” untuk pertanyaan-pertanyaan itu, Anda perlu melihat Keyhole. Data pencarian real-time dasar gratis, walaupun pelacakan jangka panjang dan beberapa fitur canggih terbatas pada akun premium.

14. Wolfram Alpha Facebook Report: Apa yang terjadi saat Anda memanfaatkan salah satu mesin penghitung paling kuat di internet untuk memberikan rincian statistik profil Facebook? Informasi yang sangat akurat dan mengungkapkan, itulah caranya. Alat khusus ini tidak berguna bagi perusahaan dan merek, namun bagi orang-orang yang menggunakan halaman Facebook pribadi mereka terutama untuk mempromosikan diri atau perusahaan mereka, alat ini bisa sangat berwawasan. Jaringan sosial dan koneksi dapat dipetakan secara visual, misalnya, seperti juga detail geografis dan demografis tentang teman. Alat ini gratis, tapi perlu registrasi dengan Wolfram Alpha.

Dengan menggabungkan alat dan layanan ini, Anda dapat membuat laporan dan wawasan yang luar biasa untuk semua aspek rencana pemasaran media sosial Anda. Banyak dari penyedia ini juga memiliki rencana premi berbiaya rendah yang relatif rendah, yang memungkinkan Anda mengetahui detail tingkat perusahaan di sebagian kecil dari biaya. Di dunia di mana beberapa persentase poin pada metrik konversi dapat berarti perbedaan antara keberhasilan dan kegagalan kampanye pemasaran, ada baiknya menggunakan setiap keuntungan yang Anda miliki.

baca juga: Fakta Menggiurkan Youtube Untuk Bisnis

The 14 Best Free Social Media Dashboards and Tools

Tinggalkan Balasan