Visual Editor WordPress Tidak Muncul?, Ini Solusi Mengatasinya!

18

Visual Editor WordPress Tidak Muncul: Salah satu konten di WordPress yang diperlukan adalah editor visual. Dengan editor visual, itu berarti Anda dapat dengan mudah membuat dan mengedit untuk setiap konten yang akan dibuat.

Editor Visual WordPress hadir dengan opsi format dasar. Namun, kadang-kadang Anda mungkin perlu gaya kustom Anda sendiri untuk menambahkan tombol CSS, blok konten, slogan, dll. Jika Anda beralih dari editor teks Visual dan menambahkan CSS secara manual tentu sangat memakan waktu.

Seperti beberapa fungsi WordPress lainnya, editor visual WordPress juga tidak bebas dari masalah, salah satunya adalah editor visual WordPress tidak muncul. Mungkin Anda tiba-tiba bingung editor visual tiba-tiba menghilang.

Meskipun beberapa waktu yang lalu tidak masalah. Atau mungkin editor visual masih ada tetapi Anda tidak dapat melakukan apa-apa karena editor visual tidak berfungsi.

Sebenarnya hilangnya editor visual atau kesalahan editor visual bukan tanpa sebab. Editor visual biasanya rusak atau menghilang setelah memperbarui WordPress. Itu juga bisa disebabkan oleh plugin yang baru saja Anda instal. WordPress 5.0, Cara Menggunakan editor Gutenberg

Namun karena berbagai alasan, keberadaan gangguan seperti editor visual WordPress tidak muncul tentu membuat Anda bingung dan akhirnya membatalkan posting di situs web. Padahal, ini bisa diatasi dengan mudah.

Jika Anda merasa tidak ingin memasang plugin atau memperbarui WordPress, kami sarankan untuk tidak terlalu memikirkan penyebabnya. Lebih baik mencari cara untuk mengatasinya.

Visual Editor WordPress
Visual Editor WordPress

Cara Mengatasi Editor Visual WordPress Tidak Muncul

Pada artikel tutorial WordPress ini, kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana menangani kerusakan visual editor pada WordPress. Ini adalah bagaimana Anda melakukannya. Ada 4 cara untuk memperbaiki editor visual yang tidak berfungsi atau tidak ada:

Perhatikan menu Pengguna> Profil Anda di bagian Dasbor, lalu edit. Jika di kolom editor visual ada tanda centang, lalu hapus centang lalu klik tombol pembaruan profil untuk menyimpannya. Pastikan posisi “Nonaktifkan editor visual saat menulis” selalu dalam keadaan mati.

Baca Lainya:   Cara Mudah dan Ciamik Setting Plugin Yoast SEO

Matikan plugin

Langkah selanjutnya, matikan plugin kemudian periksa apakah editor visual telah muncul atau tidak. Jika Anda telah melihat itu berarti masalah Anda dengan hilangnya editor visual telah diselesaikan. Kemungkinan terbesar hilangnya editor visual adalah dari menggunakan plugin yang baru saja Anda instal. Mungkin saja plugin tersebut belum diperbarui atau tidak kompatibel / kompatibel dengan WordPress yang Anda gunakan. 5 Plugin WordPress untuk Photography, Anda Membutuhkan?

Tetapi masalahnya tidak teratasi jika semua plugin telah dimatikan tetapi editor visual WordPress juga tidak muncul. Jika itu masalahnya, maka langkah selanjutnya yang perlu Anda ikuti adalah di bawah ini;

Unduh skrip TinyMCE baru

Kunjungi situs web resmi WordPress lalu unggah dan tempatkan kembali file Tinymce lama Anda dengan yang baru. Kemudian simpan folder di / wp-include / js / tinymce /. Metode ini harus bekerja dan mengembalikannya ketika ditemukan Editor visual WordPress tidak muncul. Tetapi jika Anda ingin mencoba cara lain, Anda dapat menggunakan metode keempat.

Langkah pertama, Anda harus memasukkan Cpanel. Kemudian cari folder publik html, lalu pilih wp-config.php, dan klik tombol edit.

Selanjutnya tambahkan kode define (‘CONCATENATE_SCRIPTS’, false);

Kemudian simpan di bawah kode: / ** Mengatur vars WordPress dan file yang disertakan. * /

Setelah itu Anda akan mendapatkan hasilnya seperti di bawah ini;

/ ** Mengatur vars WordPress dan file yang disertakan. * /
define (‘CONCATENATE_SCRIPTS’, false);
require_once (ABSPATH. ‘wp-settings.php’);
Bersihkan Cache di Browser

Setelah melakukan 4 cara di atas, langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah menghapus cache di browser. Cache browser adalah area penyimpanan sementara yang bertujuan untuk membuat situs web memuat lebih cepat. Cache menyimpan file statis di memori komputer lokal. File akan dimuat dari area penyimpanan di komputer lokal karena jumlah permintaan ke server web yang menyimpan file yang sebenarnya akan berkurang. Oleh karena itu, dengan melakukan caching elemen seperti JS, HTML, gambar dan CSS, browser akan secara drastis mengurangi waktu pemuatan dan penggunaan sumber daya.

Dengan melakukan browser cache yang jelas, Anda dapat membersihkan semua data yang disimpan di area penyimpanan sementara. Ketika situs diakses setelah cache dihapus, Anda akan melihat bahwa browser membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk memuat file atau data. Ini karena tidak ada sumber daya yang diterima di komputer itu sendiri dan semua sumber daya harus dikirim oleh server web yang relevan.

Baca Lainya:   Rekomended, 5 Plugin Slider untuk Wordpress Terbaik

Editor Visual WordPress Versi 5.0

Sementara bagi Anda yang sudah memperbarui ke WordPress versi 5.0, Anda juga akan disuguhi versi terbaru dari editor visual bernama Guttenberg. Bagi Anda yang tidak terbiasa, Anda dapat menonaktifkan penggunaannya dan tetap menggunakan edit visual lama Anda. Yang pasti, Guttenberg adalah inovasi terbaru yang harus Anda coba karena pasti akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah.

Jika Anda ingin mengembalikan editor WordPress lama, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda coba.

  • Klik menu Plugin> Add New
  • Ketik ini Editor Klasik di menu pencarian, lalu tekan install. Setelah instalasi selesai, jangan lupa untuk mengaktifkan.
  • Untuk memeriksanya, Anda dapat membuka menu Post> Add New untuk memastikan bahwa plugin editor klasik berjalan dengan baik.

Gutenberg menjadi editor WordPress yang memiliki antarmuka baru berdasarkan Antarmuka Pengguna Berbasis Blok (UI). Jadi, dalam editor Gutenberg, setiap konten dikelompokkan dalam bentuk modular. Anda dapat memindahkan setiap blok konten dengan menyeretnya (seret & lepas).

Dirilis pada Desember 2018, Gutenberg mulai beroperasi bertepatan dengan peluncuran versi terbaru WordPress. Editor ini memberikan lebih banyak fleksibilitas bagi pengguna untuk menambahkan gambar, kode program, paragraf, dan beberapa konten lainnya secara fleksibel.

Menggunakan editor Gutenberg tidak sulit. Pengguna hanya perlu membiasakan diri, karena berbagai kemudahan yang ditawarkan di Gutenberg. Kenyamanan yang dimaksud adalah seperti menambahkan HTML khusus yang lebih sederhana jika dibandingkan dengan editor lama (Editor Klasik) dan membuat tabel.

Hanya masalah waktu, editor lama mungkin tidak akan membuat pembaruan dan semua akan menggunakan Gutenberg pada waktunya. Jadi, tidak ada salahnya mencoba menggunakan plugin Gutenberg mulai sekarang.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.