3 Orang Ini Sukses Berbekal Ijazah Paket C, Salah Satunya Jadi Mentri

0
209
3 orang sukses
3 orang sukses

Ijazah Bukan Halangan Untuk Jadi Sukses, Banyak para pngusaha dan orang-orang sukses yang dulunya hanya mengenyam bangku sekolah setingkat SMA saja bahka ada yang cuma SMP. Bahkan ada yang tidak memiliki ijazah sekolah formal pada umumnya dikarenakan mereka ikut ujian penyetaraan setingkat SMA, mereke mengikuti ujian paket C.

Dengan berbekal ijazah ujian paket C 3 orang ini  menjadi Entrepreneur Sukses

1. Oesman Sapta Odang

 

Oesman Sapta Odang
Oesman Sapta Odang, Foto: pijar

Ketua DPD Republik Indonesia merupakan konglomerat pendiri Grup OSO yang bisnisnyamelejit. Pada 2018, Oso masuk Globe Asia sebagai orang terkaya ke 104 di Indonesia. Kekayaan OSO dilaporkan telah mencapai US $ 355 juta atau setara dengan Rp5 triliun!

Faktanya, Oso hanya mengantongi ijazah sekolah menengah atas dan dia mendapatkannya melalui ujian Paket C.

Pria dari Sulawesi Selatan dan Sumatra Barat ini memiliki masa kecil yang cukup berat, pernah menjadi penjual rokok keliling dan bekerja sebagai kuli karet di perkebunan.

Masa anak-anak yang akhirnya menumbuhkan semangat kewirausahaan seorang Oso Odang. Berawal dari bisnis pertanian, ia akhirnya berhasil membangun bisnis di bidang properti, investasi, dan pertambangan.

Salah satu anak perusahaan OSO Group yang berlantai di bursa adalah PT Citra Putra Realty, Tbk (CLAY).

2. Hary Tanoesoedibjo

Hary Tanoesoedibjo
Hary Tanoesoedibjo foto:twitter.com

Taipan media asal Surabaya baru saja menjadi pembicaraan publik karena telah membeli rumah milik Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Dalam sebuah artikel tentang Independen Hary Tanoe dengan blak-blakan mengatakan bahwa tahun-tahun sekolah menengahnya tidak bersinar. Dia adalah salah satu dari orang-orang yang gagal di tingkat sekolah menengah. 

HT keluar dari sekolah dan bukannya mencari sekolah menengah baru, pada 1980-an ia mengikuti ujian paket C.

Siapa sangka, setelah ujian Paket C, ia melanjutkan studinya ke Kanada. Dan sekarang, dia adalah konglomerat dengan kekayaan senilai Rp14 triliun!

MNC Group HT, adalah grup investasi terkemuka di Indonesia dengan tiga bisnis utama, yaitu media, layanan keuangan, dan properti.

MNC Group mengusung visi menjadi pilar penting pertumbuhan ekonomi nasional, menciptakan lapangan kerja, dan merintis pengembangan bisnis digital di Indonesia.

Di sektor media yang dioperasikan melalui anak perusahaan Global Mediacom atau dikenal sebagai MNC Media, MNC Group adalah pemilik media terbesar dan paling terintegrasi di Asia Tenggara.

Tidak hanya media, MNC juga memiliki bisnis di sektor properti dan lainnya.

3. Susi Pudjiastuti

 

Susi Pudjiastuti
Susi Pudjiastuti, foto: worldmomsblog.com

Setahun yang lalu, Menteri Perikanan dan Kelautan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti, dinyatakan lulus ujian dengan mengikuti Paket C. Menteri yang nyentrik ini sebenarnya tidak lulus dari sekolah menengah karena ia aktif dalam gerakan Golput yang dilarang oleh Orde Baru.

Susi akhirnya kembali ke rumah dan memulai bisnis. Saat itu, dia sedang berjualan sprei dan pakaian dengan modal awal Rp. 750 ribu dari penjualan perhiasan keluarga.

Seiring berjalannya waktu, ia mengembangkan usahanya menjadi perikanan dengan produk-produk unggulannya, yaitu lobster. Produk perikanan bahkan berhasil diekspor ke negara Paman Sam!

Dan sekarang, bukan hanya bisnis di sektor perikanan yang berhasil. Dia juga punya maskapai.

Wanita dari Pangandaran ini juga memegang posisi penting dalam pemerintahan.

kesimpulan: Bukan berarti pendidikan itu tidak penting, tapi semangat ketiga orang diatas yang perlu kita jadikan inspirasi untuk meraih kesuksesan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.