8 Startup Pendidikan Indonesia, Salah Satunya Level Unicorn Lho!

0
31
startup pendidikan

Startup Pendidikan Indonesia, Startup merupakan usaha rintisan sebagaimana pernah saya tulis pada blog ini Panduan Membangun Startup LengkapSesuai dengan kategorinya startup mempuyai kategori sesuai dengan bidangnya masing-masing, diaranya yang akan kita kupas kali ini adalah startup pendidikan buatan anak-anak Indonesia.

Perkembangan startup pendidikan di Indonesia memang dapat disebut belum secepat ranah yang lain, seperti e-commerce contohnya. Meski begitu, telah ada banyak startup lokal yang mengambil sisi dalam usaha tingkatkan kualitas pendidikan di negara ini.

Startup Pendidikan Indonesia

Di bawah ini ialah beberapa startup pendidikan yang sudah berjalan di Indonesia, dan bahkan menurut Rudiantara Menkominfo ada yang sudah level unicorn.

RuangGuru

startup pendidikan indonesia ruang guru
startup pendidikan indonesia ruang guru

Ruangguru, satu marketplace pendidikan yang dapat menyambungkan pelajar dengan guru-guru berkualitas. Diluar itu, mereka menyiapkan service materi dan evaluasi yang dapat dibuka dengan online.

RuangGuru sudah mendapatkan permodalan Seri A sebesar tujuh digit dalam dolar dari Venturra Capital. Mereka juga sudah mengeluarkan aplikasi spesial untuk mempermudah beberapa orangtua dalam mengatur perubahan belajar beberapa anak mereka di service RuangGuru.

Mungkin Ruang Guru Yang Sebut-sebut pak Menkominfo Rudiantara sebagai startup selevel memprediksi bahwa sebelum akhir tahun 2019 akan lahir satu perusahaan rintisan (startup) dengan level unicorn di bidang pendidikan, dimuat laman republika.

Unduh aplikasi RuangGuru di playstore atau app store

HarukaEdu

startup pendidikan indonesia HarukaEdu
startup pendidikan indonesia HarukaEdu

HarukaEdu berdiri tahun 2013, Layanan yang disiapkan tidak cuma pelatihan dan juga kuliah online. Peserta yang memakai basis ini dapat memperoleh sertifikat sesudah mengakhiri tiap tahap pelatihan/kuliah.

HarukaEdu ialah satu basis belajar online yang dapat dipakai oleh beberapa instansi pendidikan. Sampai sekarang, mereka sudah bekerja bersama dengan enam lembaga pendidikan, yakni London School of Public Relations, Kampus Swasta Indonesia, President University, Sekolah Tinggi Pengetahuan Ekonomi Indonesia, ESQ Business School, serta Institut Tehnologi Keinginan Bangsa.

Pada tanggal 7 November 2016 waktu lalu HarukaEdu menginformasikan permodalan sebesar US$2,2 juta (seputar Rp29 miliar) yang di pimpin oleh Pearson Affordable Learning Fund (PALF) serta Samator Education. Mereka juga adalah satu diantara startup yang dipilih untuk ikuti program akselerator Google Launchpad.

Datangi situs HarukaEdu.com

Squline

startup pendidikan indonesia squline
startup pendidikan indonesia squline

Squline adalah startup pendidikan yang menyiapkan service evaluasi bahasa asing yang dibangun tahun 2013. Bedanya dengan Bahaso, basis ini cuma menyiapkan evaluasi lewat situs.

Mereka akan menyambungkan pelajar dengan beberapa penutur bahasa asing asli, seperti bahasa Inggris, Mandarin, serta Jepang. Diluar itu, Squline merajut kerja sama dengan pemerintah, perusahaan, serta lembaga yang lain untuk tingkatkan kualitas berbahasa asing.

IndonesiaX

startup pendidikan indonesia indonesia x
startup pendidikan indonesia indonesiax

IndonesiaX ialah basis pendidikan online yang berbasiskan Massive Open Online Course (MOOC). MOOC ialah pelatihan online tanpa ada batas peserta serta akses yang terbuka di situs resminya. Hampir semua pelatihan yang disiapkan basis ini tidak diambil ongkos serta bisa dibuka oleh semua warga Indonesia. Dikeluarkan tahun 2015, IndonesiaX jadi pionir dalam soal edukasi berbasiskan MOOC di Indonesia.

Basis ini mendatangkan pengajar-pengajar berkualitas dari instituti-institusi memiliki pengalaman di Indonesia. Pemakainya telah sampai beberapa ribu orang. Diluar itu, Indonesiax bekerja bersama dengan lembaga luar negeri seperti Harvard University yang mempunyai basis berbasiskan MOOC bernama edX.

Arkademy

Arkademy ialah basis belajar tehnologi info serta pemrograman sesuai standard industri. Dikeluarkan tahun 2017, basis ini mempunyai tujuan cetak sdm yang berkualitas agar berkompetisi di dunia kerja.

Ada 3 feature yang dipunyai basis yang diutamakan untuk siswa SMK ini, diantaranya modul belajar, dashboard monitoring yang mempermudah guru memonitor hasil belajar siswa, serta pendistribusian kerja langsung ke perusahaan. kunjungi: https://www.arkademy.com

Bahaso

startup pendidikan bahaso
startup pendidikan bahaso

Bahaso adalah satu diantara startup pendidikan yang menyiapkan service evaluasi bahasa asing. Dibangun tahun 2015 serta satu tahun selanjutnya mulai mengeluarkan aplikasi yang ada di Playstore serta App Store.

Bahasa yang bisa dipelajari diantaranya bnahasa Inggris serta Mandarin. Nantinya bahasa Korea, Portugis, Perancis, serta Jepang akan selekasnya dikeluarkan. Untuk jaga kualitas materinya, Bahaso bekerja bersama dengan Fakultas Pengetahuan Pengetahuan Budaya Univeristas Indonesia.

Bahaso memakai cara evaluasi learning by konten. Pelajaran yang dipertunjukkan berdasar topik seperti perjumpaan, buah-buahan, serta kosa-kata yang digunakan seharian. Mereka mengambil kurikulum Common European Frame-work of Reference for Languange (CEFR) yang mengendalikan tingkat kemahiran berbahasa asing berdasar persetujuan beberapa negara Uni Eropa. https://bahaso.com

MejaKita

MejaKita dibangun tahun 2016 oleh 10 orang pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA). Basis ini mempermudah beberapa pelajar untuk kerjakan pekerjaan rumah (PR) mereka, berdiskusi, serta belajar dengan tutor yang sudah disiapkan. Semua siswa serta siswi di Indonesia dapat terhubung MejaKita dengan gratis. https://www.mejakita.com

Kelase

Kelase dibangun tahun 2014 serta adalah startup pendidikan yang menyiapkan alat membuat kelas online buat sekolah, perguruan tinggi, perusahaan atau komune. Dengan Learning Management Sistem (LMS) yang dipakai, mereka berupaya memberi skema edukasi online yang gampang untuk siapa saja.

LMS ialah aplikasi piranti lunak untuk pekerjaan dalam jaringan, program evaluasi elektronik, serta isi kursus. Sampai sekarang, lembaga yang sudah bekerja bersama diantaranya, Universtias Negeri Makassar, Kementerian Perdagangan, serta Kementerian Agama. https://www.kelase.com

Quintal

startup pendidikan quintal
startup pendidikan quintal

Quintal adalah startup pendidikan yang dibangun tahun 2015 dengan visi memodernisasi proses belajar mengajar di sekolah melalui jalan keluar digital. Service yang diberi diantaranya memudahkan guru untuk isi nilai pelajar, pencatatan presensi serta absensi siswa, serta cetak rapor.

Bukan sekedar guru yang bisa terhubung perubahan belajar siswa dan juga beberapa orangtua siswa. Quintal bisa didownload lewat Playstore serta App Store. quintal.com

AIMSIS

AIMSIS adalah singkatan dari Academic Information Management Systems in Schools. Dibangun tahun 2013 dengan bentuk aplikasi piranti lunak yang sangat mungkin beberapa guru untuk masukkan nilai, presensi, serta absensi pelajarnya.

Di tiap akhir semester, guru dapat juga memakai AIMSIS untuk cetak buku rapor. Diluar itu, aplikasi ini berperan menjadi fasilitas komunikasi di antara faksi sekolah dengan orangtua siswa. Beberapa orangtua dapat dengan gampang terhubung kalender akademik serta terima pemberitahuan jika anak mereka tidak masuk sekolah.

D-Skola

D-Skola, Startup d skolah merupakan sistem yang mengintegrasikan semua kebutuhan sekolah, guru, siswa dan orang dalam 1 Aplikasi mobile dan dekstop. d-skola yang memiliki tagline “belajar ya d-skola”, dengan harapan sekolahlah satu-satunya lembaga legal.

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.