Apa Itu Cryptocurrency? Ini Penjelasanya

0
14
Cryptocurrency uang digital
Cryptocurrency uang digital

Cryptocurrency Itu Apa?, Bicara-bicara tentang cryptocurrency, Cryptocurrency telah ada sejak 10 tahun lalu, tepatnya sejak kemunculannya Bitcoin. Sebagian besar populasi dunia kemungkinan sudah mengetahui Cryptocurrency terutama di Indonesia sejak kemunculan bitcoin.

Saat ini, ada ratusan jenis cryptocurrency di Internet. Bitcoin adalah salah satu yang paling terkenal saat ini. Dari sini anda sudah bisa menebak, apa sebenarnya cryptocurrency ini? Berikutnya adalah penjelasannya secara detailnya.

Cryptocurrency mata uang digital
Cryptocurrency mata uang digital

Apa itu Cryptocurrency?

Cryptocurrency merupakan mata uang digital yang transaksinya dilakukan secara online menggunakan konsep kriptografi, sebuah sistem pembayaran yang dikembangkan untuk pertukaran informasi dan keuangan online dengan tujuan tidak dapat dipalsukan karena memiliki kode keamanannya cukup canggih.

Berbeda dengan koin dan kertas yang dibuat oleh bank dari bahan yang bisa dilihat oleh mata. Mata uang digital ini dibuat dengan memecahkan masalah matematika berdasarkan sistem kriptografi.

Kriptografi, atau kriptologi; berasal dari bahasa Yunani κρυπτός kryptós, “tersembunyi, rahasia”; dan γράφειν graphein, “menulis”, atau -λογία logi, “ilmu”. Bisa juga berarti sandisastra yang merupakan keahlian dan ilmu dari cara-cara untuk komunikasi yang aman tanpa kehadiran pihak ketiga. (wikipedia)

Cryptocurrency merupakan salah satu sistem pembayaran rahasia yang biasanya dilakukan oleh seseorang yang tidak ingin identitasnya diketahui. Beda dengan transaksi bank yang biasanya nama-nama orang dan nomor rekeningnya diketahui, pembayaran cryptocurrency sama sekali tidak menampilkan identitas pengirim dan penerima.

Pembuat Cryptocurrency

Generasi awal cyrptocurrency adalah bitcoin,  bitcoin ini ditemukan Satoshi Nakamoto, falid apa tidak siapa penemunya belum ada kejelasan. Yang jelas bitcoin telah menginisiasi kemunculan mata uang digital lainya.

Mata uang digital sejenis bitcoin, Ethereum, Litecoin, Dogecoin, dan ratusan cryptocurrency lagi tersedia di internet. Cryptocurrency ini juga diburu oleh banyak orang dengan cara berdagang, atau berburu gratis di layanan bounty dan faucet.

Cryptocurrency di Indonesia

Tidak semua orang Indonesia tahu mata uang digital termasuk Cryptocurrency ini. Sebagian dari mereka yang tidak menerima uang digital adalah orang-orang yang belum paham tentang mata uang internet (orang jadul).

Bagi sebagian orang Indonesia mendapatkan penghasilan dari internet adalah omong kosong. Sebetulnya ini merupakan peluang bagi pelaku bisnis digital.

Bank Indonesia belum mengakui cryptocurrency sebagai alat pembayaran karena dianggap beresiko tinggi jika digunakan dalam perdagangan riil.

Pembayaran dengan menggunakan bitcoin masih diizinkan, asalkan risiko ditanggung oleh masing-masing individu.

Dilarang karena risiko tinggi, tapi di Indonesia pengguna dan investor cryptocurrency kian bertambah karena mereka menganggap crypto merupakan bisnis digital masa depan yang menjajikan.

Tempat Membeli Cryptocurrency Yang Dapat Diandalkan

Penjual cryptocurrency tepercaya, kita  bisa menemukannya di situs-situs indonesia atau internasional. Berikut beberapa situs jika anda berminat untuk berinvestasi  dengan mata uang digital cryptocurrency:

  • Binance : Juga salah satu pertukaran mata uang digital terbaik di dunia.
  • Indodax : Ini adalah salah satu pertukaran paling berharga untuk mata uang digital dan salah satu tempat untuk membeli bitcoin.
  • Luno : Satu situs yang menjual bitcoin dan tersedia di lebih dari 40 negara di dunia.

Artikel diatas bisa menambah pengetahuan kita tentang Apa itu cryptocurrency. Dan kabarnya facebook juga akan membuat mata uang digital Crypto.

Kesimpulan: cryptocurrency merupakan mata uang digital yang rahasia penggunanya terlindungi, dalam bahasa program ter encryption. Bagaimana hukum jual beli Cryptocurrency menurut MUI, NU dan Muhammadiyah sepertinya belum ada yang mengeluarkan.

“Jika anda ingin berinvestasi dengan cryptocurrency, belajar dan cari tahu dulu untuk meminimalkan resiko kerugian”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.