Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang OJK, Ini Daftar Terbarunya

Diposting pada

Tujuh aplikasi pinjaman online alias pinjol bunga rendah tenor panjang OJK berikut ini bisa menjadi penyelamat saat kamu dalam kondisi terdesak. Tenor yang ditawarkan bervariasi, bahkan mencapai 15 bulan dengan limit mencapai Rp 30 juta.

Pinjol bunga rendah tenor panjang memang menjadi incaran beberapa orang yang memerlukan dana secara cepat, tetapi tidak bisa membayar bunga tinggi. Namun, pemilihannya harus memperhatikan juga status pinjol tersebut, apakah sudah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) atau belum.

Melansir laman OJK, Fintech Lending/Peer-to-Peer Lending/Pinjaman Online adalah penyelenggaraan layanan jasa keuangan untuk mempertemukan pemberi pinjaman/lender dengan penerima pinjaman/borrower dalam rangka melakukan perjanjian pinjam meminjam dalam mata uang rupiah secara langsung melalui sistem elektronik.

Tujuan Layanan Pinjol

Ketua Satgas Waspada Investasi (SWI) OJK, Tongam L. Tobing, menilai kehadiran pinjol memiliki tujuan mulia. Keberadaan pinjol ini telah melayani sebanyak 66,70 juta masyarakat. Dengan total pinjaman secara kumulatif sebesar Rp 236,47 triliun dan outstanding Rp 24,21 triliun.

“Jadi kalau ada yang mengatakan pinjol mudaratnya banyak, fakta mengatakan tidak. 66,7 juta yang menikmati pinjaman dalam rangka pengembangan UMKM, dalam rangka pemenuhan kebutuhan dana yang tidak diperoleh masyarakat dari sistem keuangan pemerintah,” ujar Tongam dalam diskusi yang digelar Info Bank soal keberadaan pinjol, Jumat (3/9).
Tak hanya memiliki tujuan mulia, Tongam juga menyebut pinjol merupakan jembatan agar masyarakat kecil bisa mendapatkan pinjaman dana tanpa perlu menggadaikan barang.
“Jadi kondisi yang saat ini terjadi, gara-gara nila setitik rusak susu sebelanga. Tujuan pinjol sangat mulia, menjembatani pendanaan yang tidak bisa dilayani sektor keuangan formal, ke bank tidak bankable, perusahaan pembiayaan tidak dapat pembiayaan, ke pegadaian tidak ada barang yang dijaminkan,” ujar Tongam, dikutip dari laman kumparan Bisnis.

Daftar Pinjol Bunga Rendah Tenor Panjang

Jangan tergiur dengan pinjol ilegal yang menawarkan bunga rendah, namun ujungnya abal-abal ya. Adapun beberapa aplikasi pinjaman online yang terdaftar di OJK dengan bunga rendah dan tenor panjang yang bisa kamu manfaatkan untuk mengajukan pinjaman ialah sebagai berikut.

1. Akulaku

– Limit Pinjaman hingga Rp 15 juta.
– Tenor Pinjaman hingga 15 bulan.
– Pencairan pinjaman dalam hitungan menit.
– Bunga paling rendah adalah 0,07% perhari.
– Tidak ada persyaratan pengajuan Akulaku, tidak membutuhkan persyaratan apa pun. Jika sudah memiliki akun dan sudah pernah melakukan pembelanjaan atau pinjaman tunai di KTA Asetku Akulaku, maka fitur Dana Cicil otomatis akan langsung terbuka. Namun jika ingin mengajukan pinjaman limit maksimal hingga 15 juta wajib melampirkan BPJSTKU.

2. Kredit Pintar

– Limit Pinjaman hingga Rp 20 juta.
– Tenor pinjaman dari 91 sampai 360 hari.
– Pencairan Pinjaman dalam hitungan menit
– Bunga mulai dari 0,8% dan suku bunga tahunan maksimum 11%
– Keunggulan aplikasi kredit pintar ialah memberikan pinjaman langsung cair tanpa BI checking dan tanpa jaminan apa pun termasuk tanpa kartu kredit.

3. Rupiah cepat

– Plafon pinjaman mulai 600 ribu rupiah sampai Rp 5 juta.
– Tenor pinjaman dari 3 sampai 12 bulan.
– Suku bunga yang ringan mulai 0,39% sampai 0,54%.
– Pencairan pinjaman dalam 15 menit.
– Syarat yang dibutuhkan adalah e-KTP WNI dan melampirkan buku rekening untuk 3 bulan terakhir.

4. Julo

– Plafon pinjaman mulai dari 1 juta hingga 8 juta.
– Tenor pinjaman dari 3 sampai 6 bulan.
– Bunga sebesar 1,5% sampai 4% per bulan atau sebesar 0,53 per hari.
– Produk pinjaman dengan menggunakan jaminan BPKB atau surat berharga lainnya.

5. Maucash

– Plafon kredit mulai Rp 500 ribu hingga Rp 8 juta.
– Tenor angsuran yang panjang cicilan sampai 6 bulan.
– Bunga 0,53% – 0,75% per hari menyesuaikan dengan tenor yang di pilih debitur.
– Syarat utama melakukan pinjaman adalah e-KTP, namun bila proses peminjaman ingin cepat di ACC melampirkan slip gaji, foto rekening tabungan 3 bulan terakhir, NPWP usaha, SIUP, SKU, dan laporan rekening koran 3 bulan terakhir.

6. Optima

– Plafon pinjaman Rp 300.000 sampai Rp 5.000.000.
– Tenor angsuran kredit 2 bulan dan 3 bulan.
– Hanya butuh KTP sebagai syarat pengajuan pinjaman.
– Proses verifikasi cepat dan dana langsung cair 24 jam.
– Bunga mulai dari 0,6% perhari masih di batas wajar sesuai saran dari Asosiasi Fintech Pendanaan Indonesia (AFPI).

7. Kredivo

– Tenor 30 hari-12 bulan.
– Plafon pinjaman Rp 1.500.000-Rp 30.000.000.
– Bunga mulai dari 0% – 2,6% per bulan.

Itulah tadi rekomendasi pinjol dengan bunga rendah dan tenor yang panjang. Jika kamu menemukan atau menerima tawaran investasi yang mencurigakan, kamu dapat melaporkan kepada Layanan Konsumen OJK 157 atau WA nomer 081157157157, email konsumen@ojk.go.id atau waspadainvestasi@ojk.go.id.