Pengalaman Pinjam Uang di AdaKami. Benarkah Seburuk Itu?

Diposting pada

Jika Anda sering membaca berita tentang dunia pinjol atau bergabung dengan salah satu grup yang membahas tema tersebut, kemungkinan besar Anda pernah mendengar berita tentang perlakuan buruk DC Adakami saat billing. Meski Ada Kami terdaftar sebagai pinjol legal, namun tindakan DC ini membuat penggunanya meragukan status legalitas Ada Kami. Jika itu legal, mengapa DC bertindak kasar dan mengintimidasi?

Krediblog mendaftarkan Ada Kami ketika berita itu belum terdengar, mungkin sudah ada hanya belum sampai ke telinga. Karena berpikir Ada Kami adalah salah satu pinjol yang bisa dipercaya, daftar saja seperti biasa. Dan tidak ada yang aneh. Dari mulai proses pendaftaran, pengajuan hingga penagihan, semuanya baik-baik saja. Review detailnya bisa kamu baca di postingan AdaKami. Pengalaman pinjam uang di Ada Kami berikut Krediblog menulis Real berdasarkan apa yang sebenarnya terjadi.

Poin Pengalaman Pinjam Uang di AdaKami

Parameter yang akan diukur adalah seberapa cepat dana bisa cair, bagaimana perasaan yang timbul saat proses pengajuan dan efek kepuasan secara keseluruhan. Karena ini pengalaman pribadi, tentu saja akan subjektif dan kemungkinan berbeda dengan penilaian dari pengguna lain.

adakami pinjol

Kecepatan AdaKami

Jika kamu mencari aplikasi pinjol yang dananya bisa segera cair, AdaKami masuk kategori itu. Meski pencairan dana tidak instan tapi masih bisa ditunggu. Setelah mendaftar dan mendapatkan limit kredit, Krediblog langsung mengajukan pinjaman sebesar Rp 1.400.000 dengan tenor 21 hari. Setelah pengajuan terkirim terlebih dahulu akan dilakukan proses peninjauan oleh tim Ada Kami. Mereka menyebut untuk pencairan dana membutuhkan waktu 1×24 jam. Namun, dari 4 kali pengalaman meminjam dana selalu cair kurang dari 60 menit.

Kecepatan meminjam di Ada Kami normal. Ia tidak cepat yang sekali klik langsung cair tetapi tidak juga lambat atau bertele-tele. Ia normal karena menerapkan cek dan ricek pada setiap prosesnya. Proses peninjauan bahkan menjadi lebih cepat pada pengajuan kedua, ketiga dan seterusnya. Baik pengajuanmu diterima atau ditolak akan muncul notifikasi melalui Push Notification. Jadi kamu tidak perlu bolak balik mengecek saldo mBanking jika belum menerima notifikasi tersebut. Jika pengajuanmu di acc, dana biasanya langsung ditransfer tidak lama setelah notifikasi kamu terima. Pengalaman pinjam uang di AdaKami untuk kecepatan, bintang 4 dari 5.

Kenyamanan AdaKami

Tidak ada yang sulit dalam proses pendaftarannya. Bahkan saking mudahnya, ibu rumah tangga juga bisa mendaftar tanpa panduan khusus. Ini serius karena ibu tetangga sebelah ternyata pengguna Ada Kami. Begitu kamu selesai melengkapi data dan mengirimnya, di hari yang sama kamu akan mendapatkan plafon pinjaman atau limit saldo yang sudah disesuaikan dengan hasil skor kreditmu.

Bagaimana dengan penagihan yang katanya barbar itu? Tidak lama setelah mendaftar Ada Kami, akhirnya berita buruk tentang DC yang menagih sampai juga di telinga. Sempat deg-degan saat tiba saatnya ditagih, mencoba mereka-reka sejauh mana level kebrengsekannya. Adegan itu berakhir antiklimaks karena tim Desk Collection diseberang sana berbicara dengan nada yang lembut dan sama sekali tidak intimidatif. Jika itu terjadi sekali atau dua kali memang bisa dibilang kebetulan, tapi dari 4 kali penagihan pinjaman yang dilakukan (biasanya menelpon 2-3 hari dalam 1 periode pinjaman) tidak pernah sekalipun Krediblog mendapatkan penagihan yang kasar. Tidak yakin dengan pengguna yang ditagih dengan cara sebaliknya, pengalaman penagihan yang Krediblog terima normal dan nyaman. Pengalaman pinjam uang di AdaKami untuk kenyamanan, bintang 4 dari 5.

Kepuasan AdaKami

Ada Kami relatif normal untuk sebuah aplikasi pinjaman online. Mereka legal, hanya mengakses CAMILAN (Camera, Microphone dan Location), menerapkan perhitungan bunga dan biaya secara transparan dan memberikan dana pinjaman seperti yang dijanjikan. Jika ada yang harus diperhatikan itu adalah perhitungan biaya admin yang dikenakan. Pada hitung-hitungan Krediblog di tulisan Ada Kami, mereka mengenakan biaya admin yang tinggi. Silahkan merujuk kesana untuk melihat perhitungan lengkapnya.

Krediblog cukup puas dengan Ada Kami secara keseluruhan. Bukan pinjol favorit memang tapi mereka tidak seburuk yang didengar, setidaknya itu yang Krediblog alami. Satu lagi yang bisa kamu catat dari aplikasi ini, mereka cukup ramah terhadap pengguna baru. Masih ingat dengan Ibu tetangga sebelah? dia pemain baru di pinjol. Belum pernah mendaftar di aplikasi manapun yang artinya belum memiliki histori kredit yang bisa dijadikan bahan pertimbangan. Tapi ketika mendaftar di Ada Kami langsung di acc meski dengan limit saldo yang minim. Pengalaman pinjam uang di AdaKami untuk kepuasan, bintang 4 dari 5.

Kesan Pinjam Uang di AdaKami

Untuk pembahasan yang lebih detail tentang, silahkan merujuk ke tulisan review AdaKami. Tulisan pengalaman meminjam di Ada Kami ini lebih fokus ke sisi emosi jadi data dan fakta yang ada tidak semua disertakan. Dan seperti yang sudah kamu baca, kesan dan pengalaman Krediblog dengan Ada Kami adalah baik.

Ada Kami adalah pemain senior di dunia Fintech Lending. Mereka termasuk generasi awal yang hadir di tanah air dengan basis pengguna yang banyak. Sudah menyalurkan pinjaman dalam level triliun baik untuk kebutuhan produktif maupun konsumtif. Melihat reputasinya tersebut harusnya bisa meyakinkanmu jika ingin mendaftar. Namun tetap kamu harus melakukan pengamatan dan kalkulasi sendiri apa mereka bisa menjadi pilihan yang tepat buatmu. Karena yang cocok bagi orang lain belum tentu cocok buatmu.