Fitur Baru WhatsApp untuk Cek Hoax

- Advertisement -

Fitur Baru WhatsApp Cek Hoax,WhatsApp barusan mengenalkan service pengecek bukti di India. Layanan ini diperuntukan  disinformasi dan menangkal berita palsu melalui platform whatsapp mendekati pemilian umum di India tanggal 11 April.

Dikutip dari detikINET/Reuters, Rabu (3/4/2019) anak perusahaan Facebook ini bekerja bersama dengan startup lokal Proto untuk memandang serta melabeli pesan yang menebar di WhatsApp menjadi benar, salah, menyesatkan dan palsu.

- Advertisement -

pesan hoax whatsapp

Pesan yang dapat mendapatkan cap ini ialah yang sudah dilanjutkan terlebih dulu oleh pemakai pada ‘Checkpoint Tipline’. Pesan-pesan ini lalu dipakai menjadi database untuk pelajari serta mengerti bagaimana disinformasi menyebar. Silahkan baca 5 Hal Penting Untuk Cegah Hoax Di WhatsApp agar anda bisa menangkal hoax.

Bukan pesan teks saja tetapi pesan berupa gambar dan video juga bisa dicek kebenaranya. Layanan ini mendukung bahasa Inggris serta empat bahasa lokal seperti Hindi, Telugu, Bengali serta Malayalam.

Fitur baru dari wahtsapp ini adalah satu diantara beberapa fitur yang ada untuk melawan penyebaran berita palsu. Aplikasi chatting sudah membatasi share pesan cuma dilanjutkan sekitar lima kali, dan memberikan cap pada pesan yang diteruskan.

Sebelum whatsapp juga berikla besar-besaran untuk melawan hoax yang di sebarkan melalui pesan berantai di whatsapp. Whatsapp juga mengenalkan fitur mengidentifikasi photo hoaks melalui ‘search by image’.

- Advertisement -
Jangan Lupa Baca Bismillah