Youtuber Pemula Wajib Baca! Ini Cara Verifikasi Akun YouTube dan Fitur Tambahan Setelah Terverifikasi

103

Cara Verifikasi Akun YouTube, Kamu sedang mencari cara verifikasi akun YouTube? Ya, verifikasi akun merupakan langkah awal yang perlu lakukan sebagai seorang youtuber agar bisa menghasilkan uang.

Sebab dari sini banyak fitur tambahan yang bisa menunjang profesimu. Tak dapat dipungkiri, penghasilan seorang youtuber memang sangat menjanjikan. Beberapa youtuber Indonesia di jajaran atas, seperti Atta Halilintar, Ria Ricis, Rans Entertaiment bisa memperoleh ratusan juta per bulan dari iklan yang tayang di akun YouTube-nya.

Fakta di atas kemudian mengundang minat banyak orang untuk menjadi youtuber. Namun, tak semudah yang dibayangkan, platform YouTube juga memiliki kebijakan yang harus dipatuhi oleh para konten kreator.

Salah satunya adalah memverifikasi akun. Nah, untuk membantu kamu yang baru merintis karir sebagai youtuber, kali ini akan dibahas cara mudah verifikasi akun YouTube.

optimasi seo youtube
optimasi seo youtube

Cara Mudah Verifikasi Akun YouTube 2019

Pada dasarnya, ada beberapa cara verifikasi channel Youtube yang bisa dilakukan. Kamu boleh memakai PC maupun ponsel. Berikut pilihan cara mudah yang bisa dipakai untuk memverifikasi, yaitu:

#1. Cara ke-1 Verifikasi Akun Youtube di PC/komputer

  1. Kunjungi situs www.youtube.com, kemudian isi email dan password hingga dasboard youtube-mu terbuka.
  2. Tekan ikon profil yang terletak di bagian kanan atas, lalu pilih ‘youtube studio’.
  3. Tekan ‘creator studio klasik’, lalu pilih ‘channel’.
  4. Tekan ‘status dan fitur, kemudian pilih tombol ‘verifikasi’ yang terletak di bawah nama akun Youtube-mu.
  5. Setelah muncul laman verifikasi (langkah 1 dari 2), tentukan negara dan metode pengiriman kode verifikasi. Kamu dapat memilih menerima kode melalui telepon ataupun sms. Selanjutnya, isi nomor teleponmu. Pastikan bahwa nomor tersebut aktif dan belum pernah dipakai untuk memverifikasi akun YouTube lainnya.
  6. Tunggu beberapa detik, kode verifikasi akan dikirim melalui telepon ataupun pesan ke nomor yang telah kamu input. Masukkan kode verifikasi dari Google pada kolom yang tersedia di laman verifikasi (langkah 2 dari 2).

Tunggu beberapa detik, selanjutnya akan muncul notifikasi yang berisi pesan ‘Selamat! Akun YouTube Anda kini telah diverifikasi‘.

#2. Cara ke-2 Verifikasi Akun Youtube di Laptop

  1. Log in akun YouTube dengan memasukkan email dan password
    Buka https://www.youtube.com/verify
  2. Tekan tombol ‘verifikasi’ yang terletak di bawah nama akun YouTube-mu.
    Pilih negara, metode pengiriman kode verifikasi, dan isi nomor teleponmu, kemudian tekan ‘kirim’.
  3. Masukkan kode verifikasi Google yang telah dikirim melalui telepon maupun sms ke nomormu, lalu tekan ‘kirim’
  4. Jika berhasil akan muncul notifikasi yang berisi pesan ‘Selamat! Akun YouTube Anda telah diverifikasi’. Kamu bisa menakan tombol ‘lanjutkan’ untuk menikmati fitur tambahan setelah akun diverifikasi.
Baca Lainya:   10 Video Youtube ini Paling Banyak Menghasilkan Uang!

#. Cara ke-3 Verifikasi Channel Youtube di HP Android

  1. Buka aplikasi YouTube untuk seluler. Pastikan sebelumnya kamu telah login.
    Tekan ikon kamera yang berfungsi meng-upload video
  2. Tekan tombol ‘berikutnya’ yang terletak di pojok kanan atas
  3. Lakukan verifikasi dengan memilih negara, metode pengiriman kode verifikasi (panggilan suara atau pesan), dan isi nomor telepon.
  4. Masukkan kode verifikasi Google yang masuk ke nomor teleponmu.
    Proses verifikasimu selesai. Tandanya adalah muncul pesan bahwa akun YouTube-mu telah terverifikasi.

Alasan Akun YouTube Harus Diverifikasi

Sebagian orang mungkin masih bertanya-tanya mengapa akun YouTube harus diverifikasi? Alasannya adalah saat akun belum diverifikasi, maka fitur yang bisa dipakai hanya terbatas.

Diantaranya, hanya dapat mengunggah video berdurasi 15 menit, tidak dapat dimonetisasi, tidak dapat mengubah thumbnail, tidak dapat melakukan streaming, dan dianggap spam.

Bagi kamu yang berniat menjadi youtuber atau menghasilkan uang melalui YouTube wajib melakukan verifikasi akun terlebih dahulu.

Biasanya, di tahap akhir pembuatan akun YouTube akan muncul arahan untuk memverifikasi. Namun, beberapa orang sering melewatkannya, karena akun hanya digunakan untuk menonton video, bukan membuat konten.

#1. Fitur yang Diperoleh Setelah Verifikasi Akun YouTube

Verifikasi merupakan langkah yang diminta oleh pihak YouTube untuk memastikan bahwa kamu adalah Youtuber asli, bukan robot. Setelah berhasil memverifikasi, kamu akan memperoleh beberapa fitur tambahan, yaitu:

#2. Upload video dengan durasi lebih dari 15 menit

Sebelum diverifikasi kamu hanya bisa mengupload video dengan durasi maksimal 15 menit. Namun setelah diverifikasi, kamu boleh mengunggah maksimal 128 GB atau berdurasi 12 jam.

Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi kamu yang aktif menjadi Youtuber dengan konten game, review, film, dan masih banyak lagi. Sebab, dari sini kamu bisa bebas berkarya.

Selain itu, dengan video yang berdurasi panjang akan memberi peluang lebih besar untuk mendapatkan banyak jam tayang. Keuntungan ini pada akhirnya membuahkan hasil pendapatan.

Sebab untuk memperoleh uang dari iklan, videomu harus bisa memperoleh 4000 jam waktu tonton (watch time) dalam 12 bulan terakhir. Perlu diingat, jika kamu telah memverifikasi, namun gagal upload video lebih dari 15 menit, kemungkinan videomu terkena hak cipta atau pelanggaran lainnya.

Baca Lainya:   Ria Ricis Berbagi Tips, Cara Jadi Youtuber Sukses

#3. Bebas menambahkan thumbnail

Bagi kamu yang belum tahu, thumbnail merupakan gambaran singkat tentang videomu. Ibarat sebuah buku, thumbnail adalah covernya. Adapun fungsinya adalah menarik viewers untuk membuka videomu.

Setelah memverifikasi akun, kamu bebas menambahkan thumbnail karya sendiri. Dengan begitu kamu berkesempatan membuat tampilan thumbnail semenarik mungkin.

Buatlah thumbnail yang bagus dan klik bait tapi jangan berlebihan karena akan berakibat fatal buat akun youtube kamu. silahkan baca, Cara Membuat Thumbnail Youtube Yang Unik dan Super Keren

#4. Streaming video

Fitur tambahan selanjutnya yang kamu peroleh setelah memverifikasi akun adalah dapat melakukan streaming. Ini artinya kamu bisa menayangkan secara langsung aktivitasmu.

Bagi kamu seorang youtuber, fitur ini dapat menambah kedekatanmu dengan para subscribers. Selain itu, peluang memperoleh pendapatan dari iklan video streaming juga lebih besar.

#5. Monetize video

Semua youtuber tentu ingin videonya bisa dimonetize agar menghasilkan uang. Nah, syarat utamanya adalah akun tersebut harus terverifikasi. Sebab, video yang diupload oleh akun belum terverifikasi akan dianggap spam oleh pihak YouTube.

Selain itu, jumlah subscribersnya minimal harus mencapai 1000 orang dengan 4000 jam tayang dalam 1 tahun terakhir. Akun YouTube yang telah berhasil dimonetisasi akan mendapatkan iklan.

Youtuber boleh meletakkan iklan di bagian awal, tengah, ataupun akhir video. Nah, iklan yang ditonton oleh viewers inilah yang menjadi sumber penghasilan. Dalam dunia YouTube dikenal dengan penghasilan dari ‘adsense’.

Untuk syarat mendaftarkan ke adsense youtube, 5 Syarat Monetisasi Youtube dengan Adsense

#6. Prioritas di halaman pencarian

Kamu ingin videomu berada di peringkat atas halaman pencarian? Jika iya, maka verifikasi akun YouTube-mu. Sebab dengan verifikasi, pihak YouTube akan memberi reputasi baik untuk channelmu, bukan lagi dianggap spam.

Walhasil, videomu akan sering muncul dalam beranda pencarian YouTube. Jika sudah demikian, peluang videomu mendapatkan viewers akan semakin meningkat.

Untuk mendapatkan view dari mesin pecaria youtube silahkan baca, Riset Keyword Dengan Youtube Auto Suggestions (SEO YTB)

Itulah cara verifikasi akun YouTube yang bisa kamu lakukan. Silahkan pilih cara ke-1, ke-2, atau ke-3, yang menurutmu paling mudah. Jika kamu masih bingung, baca panduan di atas secara perlahan, kemudian praktekkan dengan teliti.

Menjadi seorang youtuber memang sangat menyenangkan. Kamu bisa menekuni hobimu sekaligus menghasilkan pundi-pundi rupiah darinya.

Sebelum mendaftarka diri menjadi partner Youtube pelajari terlebih dahulu, Apa Itu YPP Youtube? Yuk Pelajari dan Hasilkan Uang Sebanyak-banyaknya!

Semoga langkah ini menjadi awal kesuksesanmu sebagai youtuber. Selamat menciptakan karya terbaik bersama YouTub

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.