SEO Youtube: Cara Memaksimalkan Channel Youtube

278

Cara Memaksimalkan Channel Youtube, Bagi yang memulai jadi youtuber selaing konten yang kreatif dan unik untuk mendapatkan banyak subscribe dan penonton (viewers) kita harus memaksimalkan video di channel kita.

Pada course di youtube creator akademi setidaknya ada 6 hal yang harus kita lakukan untuk meningkatkan potensi penelusuran (SEO) dan penemuan channel Anda di YouTube denga menggunakan metadata, kolaborasi, subtitel, dan promosi.

6 Hal yang harus kita lakukan pada video yang kita upload di channel youtube:

1, Penelusuran dan penemuan di YouTube / SEO Youtube

Untuk membuat video kita memerlukan banyak waktu dan tenaga, sayangkan jika kita sudah bersusah payah membuatnya terus tidak ada yang menonton. SEO Youtube juga pernah saya kupas di blog ini.

Penelusuran atau search engine serta penemuan video di YouTube ada dua, pertama untuk membantu calon penonton menemukan video yang dicari dan ingin ditonton, kedua memaksimalkan interaksi serta kepuasaan penonton untuk jangka panjang.

Kita harus memahami metadata dari video kita di search engine youtube ataupu google,  agar video kita berpeluang lebih banyak ditonton. Lebih lengkapnya kita bisa mengikuti Course Academi Creator Youtube link ada dibawah artikel ini.

Simak Juga Gan  3 Manfaat Cloud Storage

 

2, Membuat thumbnail dan judul yang menarik dan efektif

Buatlah Thumbnail dan judul berfungsi layaknya banner atau spanduk, jadi buatlah semenarik mungkin supaya dapat membantu calon penonton memutuskan apakah akan menonton video kita atau tidak.

Thumbnail dan judul yang dibuat dengan bagus dapat menarik lebih banyak subscriber ke channel kita, mendorong penonton menonton video kita karena mereka tahu apa yang akan dia dapatkan, dan membuat konten kita menarik bagi calon pengiklan ketika pengiklan tertarik maka penghasilan adsense kita juga akan melejit.

Bagi yang tidak jago desain untuk membuat Thumbnail kita bisa memanfaatkan online desain grafis seperti canva atau yang lainya.

 

3, Menulis deskripsi singkat dan cerdas

Perlu kita ketahui merupakan salah satu mesin pencari terbesar di dunia. Dengan menulis deskripsi dengan memasukan kata kunci didalamnya sesuai denga judul dan konten video, calon penonton akan dengan mudah menemukan video kita melalui penelusuran youtube ataupun google search. Inilah yang sering disebuta bayak orang dengan Optimasi SEO, memenangkan keyword video kita di mesi pencarian google dan youtube.

Simak Juga Gan  Cara Seo Youtube, Video Kita Jadi Trending Youtube

Jadi buatklah diskripsi singkat yang bagus dan cerdas, kita juga bisa memasukan # (tanda pagar) yang sesuai dengan kata kunci yang kita target.

4, Pasang kartu dan layar akhir

Youtube menyediakan tool dalam video kita yang bisa gunakan untuk penonton melakukan tindakan (menonton video lain, playlist, subscrber channel).

Card (kartu) kartu pada video youtube bisa kita pasang sesuai dengan keinginan kita, bisa di tengah video atau menjelang bagian akhir video, ini bisa mendorong penonton untuk melihat video lain dari channel kita.

Layar Akhir, ini merupakan tool yang disediakan youtube, ini juga akan membantu penonton membuka video lain dari channel kita atau video atau playlist yang kita rekomendasikan untuk dilihat.

 

5,  Upload Video Rutin dan Teratur Jaga agar channel kita tetap segar, dan buatlah playlist.

Bagian ini yang mungkin berat apalagi pemula yang teriming-iming kesuksesan berlimpah dari youtuber-youtuber yag udah lama dan menghsailkan banyak uang.

Denga menjadwal publikasi teratur akan membuat penonton kembali ke channel kita menonton video lainnya, kita bisa mengatur harian atau mingguan.

Simak Juga Gan  10 Cara Simple Mendatangkan Traffic Web

Bagian terpenting lainya adalah membuat playlist video-video kita yang memiliki kesamaan, kita juga bisa memasukan video orang lain ke daftar playlist yang kita buat.

Dengan membuat playlist kita akan mempermudah penonton menemukan lebih banyak video yang mereka sukai pada channel kita.

 

6, Kolaborasi

Kolaborasi dengan kreator lain bisa menjadi cara ampuh, menjangkau penonton baru diluar subscriber kita. Ajak youtuber atau kreator lain untuk berkolaborasi temukan koneksi  segmen penonton yang lebih luas.

Kesimpulan:

Untuk jadi Youtuber perlu konten video kreatif dan unik, istiqomah dalam membuatnya dan bangunlah jaringan dengan youtuber lain. Rawatlah subscriber channel kamu dengan konten yang kreatif dan mendidik.

Youtube Creator Academy