Aplikasi Pinjaman Online Resmi yang Sudah Diawasi OJK

Diposting pada

Saat ini aplikasi pinjaman online resmi sedang booming di Indonesia. Banyak perusahaan berlomba-lomba menawarkan layanan pinjaman online dengan pencarian cepat. Tidak heran karena hal inilah akhirnya banyak orang yang tertarik untuk menggunakannya. Proses pengajuan yang cepat dan kebutuhan yang mendesak membuat kebanyakan orang memilihnya. Hanya melalui ponsel, Anda dapat mengajukan pinjaman online kapan saja, di mana saja.

Namun masyarakat juga harus berhati-hati, jangan sampai salah memilih perusahaan pinjaman online. Tingginya permintaan masyarakat akan pinjaman membuat beberapa pihak memanfaatkannya dan menjebak masyarakat dengan suku bunga yang tidak wajar. Pastikan menggunakan pinjaman dari perusahaan resmi yang telah diawasi dan mendapat izin OJK agar lebih aman dan terpercaya. Berikut adalah beberapa di antaranya.

Daftar Aplikasi Pinjaman Online Resmi

Untuk membantu memilih aplikasi pinjaman online yang terpercaya, berikut ini kami hadirkan beberapa aplikasi yang aman dan diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK) :

1. Dana Bijak

Dana Bijak merupakan salah satu penyedia layanan pinjaman online yang syaratnya mudah dan proses pencairannya cepat. Layanan pinjaman bisa diakses secara online melalui aplikasi mobile. Hal inilah yang membuat proses pengajuan bisa dilakukan dengan cepat dan mudah.

Anda bisa meminjam dana hingga 3 juta dengan tenor pengembalian 30 hari. Untuk nominal pinjaman, Anda bisa memilihnya sendiri sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Dengan adanya aplikasi ini, Anda bisa mengajukan pinjaman dari mana saja dan kapan saja. Dana pinjaman akan langsung ditransfer ke rekening bank. Untuk bisa mengajukan pinjaman, Anda harus memenuhi beberapa syarat sebagai berikut.

  • Minimal berusia 21 tahun.
  • Merupakan Warga Negara Indonesia
  • Memiliki buku tabungan dan akun bank pribadi.
  • Memiliki email dan nomor telepon yang aktif.
  • Memiliki KTP.
  • Memiliki penghasilan minimal 1,6 juta.

2. JULO

Pinjaman online yang menawarkan layanan cepat dan proses pencarian mudah lainnya adalah JULO. Perusahaan telah beroperasi sejak tahun 2016 dan telah melayani banyak pelanggan. Melakukan transaksi pinjaman online dengan JULO dijamin aman karena perusahaan ini sudah memiliki izin resmi dan diawasi langsung oleh OJK. Hal ini dapat membuktikan bahwa pinjaman online ini resmi dan berjalan dengan sistem yang sesuai.

JULO menawarkan berbagai macam pinjaman, mulai dari 2-8 juta. Jangka waktu pengembalian, tersedia hingga tenor 6 bulan. Bunga pinjaman yang dikenakan cukup rendah, yaitu sekitar 0,1%. Penetapan bunga yang besar diharapkan tidak membebani nasabah dan dapat membantu mengatasi kesulitan yang sedang dialami. Tidak hanya itu, JULO juga akan memberikan cashback kepada pelanggan setiap melakukan pembayaran cicilan.

Selain itu, JULO juga sering mengadakan berbagai undian dengan berbagai hadiah menarik. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan layanan pinjaman online dengan mudah sekaligus mengikuti berbagai event yang menguntungkan.

3. Tunaiku

Tunaiku adalah layanan pinjaman online yang berdiri sejak tahun 2014. Keberadaannya yang masih bertahan hingga saat ini membuat layanan pinjaman ini semakin populer dan terpercaya. Semua transaksi dijamin aman karena memiliki sistem yang jelas. Anda dapat mengajukan pinjaman hingga 20 juta. Bunga yang dikenakan cukup bervariasi, tergantung dari lamanya jangka waktu pengembalian yang diajukan. Anda dapat membayar kembali pinjaman dari 5-20 bulan. Layanan pinjaman online ini memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya secara cepat dan efisien.

4. Cicil

Aplikasi pinjaman online resmi Cicil hadir untuk memberikan akses cicilan ringan bagi pelajar. Layanan pinjaman ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mengajukan pinjaman. Umumnya lembaga pemberi pinjaman konvensional akan membutuhkan riwayat kredit dan pendapatan minimum untuk persyaratan pengajuan.

Hal ini tentunya tidak dimiliki oleh mahasiswa sehingga fasilitas pinjaman ini diberikan secara terbatas. Hanya siswa yang memenuhi syarat yang bisa mendapatkan pinjaman. Meski memberikan pinjaman online yang mudah, Cicil menerapkan persyaratan yang ketat. Untuk memenuhi semua kebutuhan pelanggan, Cicil menyediakan layanan berikut.

  • Cicil uang kuliah, layanan pinjaman online ini memberikan akses penalangan dana untuk pembayaran uang kuliah dengan bunga yang terjangkau.
  • Cicil barang, layanan ini menawarkan sistem talangan dana. Dimana pengguna bisa membeli berbagai kebutuhan mahasiswa dan membayarnya kembali secara bulanan dengan tenor atau dibayar sekaligus
  • Cicil institusi, pengguna bisa mengajukan pinjaman berupa modal usaha untuk institusi dan lembaga pendidikan.
  • Cicil belajar, pengguna bisa mendapatkan berbagai jenis voucher pelatihan dan kursus dengan harga yang lebih murah.

5. Koinworks

Sebagai penyedia layanan pinjaman online terpercaya, Koinworks menyediakan dua jenis layanan berdasarkan kategori pengguna, yaitu pribadi dan bisnis. Anda dapat memilih layanan sesuai dengan kebutuhan Anda. Setiap layanan tentunya memiliki persyaratan pengajuan dan jumlah pinjaman maksimal yang berbeda. Hal ini dilakukan agar pelanggan dapat memenuhi kebutuhannya secara optimal.

Untuk memudahkan penyediaan layanan, perusahaan telah menyediakan aplikasi yang dapat diinstal dan digunakan oleh masyarakat dengan mudah. Uniknya, dalam aplikasi tersebut Anda tidak hanya bisa mendaftar sebagai peminjam, tapi juga sebagai penyandang dana. Kemudahan akses memberikan peluang bagi masyarakat untuk dapat menerima pinjaman dengan cepat. Bagi Anda yang tertarik untuk meminjam di Koinworks, perhatikan beberapa ketentuan di bawah ini.

Syarat kategori bisnis :

  • KTP pemilik perusahaan
  • NPWP perusahaan
  • Mutasi rekening 3 bulan terakhir
  • Laporan keuangan

Syarat kategori personal :

  • KTP
  • Mutasi rekening 3 bulan.
  • KK (apabila sudah menikah).
  • NPWP (jika pengajuan pinjaman di atas 50 juta).

6. Indodana

Perusahaan pinjaman ini telah berdiri sejak tahun 2017 dan telah mendapat izin resmi dari OJK pada tahun 2018. Dengan izin dari OJK, dapat dipastikan bahwa perusahaan ini memberikan fasilitas pinjaman yang aman dan terpercaya. Untuk mempermudah proses pengajuan pinjaman, Indodana meluncurkan aplikasi mobile yang dapat diakses melalui handphone. Dengan layanan ini, semua nasabah dapat mengakses dan mengajukan pinjaman dengan lebih mudah.

Indodana menyediakan berbagai macam dana pinjaman, mulai dari 500 ribu hingga 8 juta. Jangka waktu pengembalian pinjaman juga cukup beragam, mulai 1-6 bulan. Anda dapat memilih jumlah pinjaman dan panjang tenor yang diinginkan. Nantinya, sistem Indodana akan menganalisa dan memberikan informasi terkait hasil pengajuan pinjaman melalui aplikasi tersebut.

7. Modalku

Aplikasi pinjaman online resmi ini menghubungkan UKM dengan penyandang dana. Pinjaman ini dilakukan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi Indonesia dan menciptakan dunia keuangan yang lebih inklusif. Perusahaan ini memberikan pinjaman modal usaha kepada UKM yang berpotensi untuk lebih mengembangkan usahanya. Pinjaman yang diberikan oleh pemodal akan disesuaikan dengan jenis usaha.

Orang yang ingin mengajukan pinjaman ini harus memiliki bisnis yang sudah berjalan. Pinjaman modal yang diberikan perusahaan ini mencapai 500 juta. Anda harus memenuhi syarat yang ditentukan terlebih dahulu untuk dapat mengajukan pinjaman modal.

Tenor yang ditawarkan cukup bervariasi hingga 12 bulan. Bunga pinjaman sangat terjangkau sehingga tidak akan menyulitkan peminjam. UKM tidak memerlukan agunan sebagai jaminan untuk dapat mengajukan pinjaman. Proses pengajuannya sangat mudah dan pencairannya bisa dilakukan secara instan.

8. Kredit Pintar

Perusahaan penyedia jasa pinjaman online ini sudah berdiri sejak tahun 2017. Hingga saat ini sudah banyak pemilik modal yang memberikan dananya kepada perusahaan pinjaman online ini. Hal ini membuat perusahaan mampu memberikan pinjaman dengan sistem yang mudah.

Pencairan dana juga dapat dilakukan dengan mudah berkat teknologi canggih yang diterapkan. Perusahaan menyediakan aplikasi yang dapat digunakan melalui ponsel. Dengan begitu masyarakat bisa mengajukan pinjaman dengan mudah. Perusahaan menawarkan pinjaman sebesar 600 ribu dengan jangka waktu pengembalian maksimum 28 hari dengan bunga 0,80%.

Selain itu, ada juga pinjaman dana hingga 2,3 juta dengan tenor cicilan 3 bulan. Anda dapat memilih jumlah dana yang ingin Anda pinjam dan berapa lama pembayarannya. Jika persyaratan sudah terpenuhi, aplikasi akan memakan waktu 1×24 jam untuk memberikan hasil. Jika disetujui, dana akan dikirim langsung ke peminjam.

9. Cashwagon

Rekomendasi aplikasi pinjaman online terbaik yang pertama adalah Cashwagon. Aplikasi ini merupakan salah satu penyedia pinjaman tanpa agunan dan slip gaji. Cashwagon mengklaim sebagai aplikasi pinjaman online yang dapat langsung cair hanya dalam 30 menit. Adapun persyaratan dan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman di aplikasi ini adalah:

  • Berusia 22-60 tahun
  • Karyawan atau profesional tertentu yang berpenghasilan tetap
  • Berdomisili di Jabodetabek

Aplikasi ini tidak memerlukan dokumen untuk diserahkan. Kamu hanya perlu mengisi informasi sebagai berikut:

  • Informasi pribadi
  • Informasi rekening bank

Tenor pinjaman melalui aplikasi ini adalah 10, 20, atau 30 hari. Dengan jumlah pinjaman berkisar antara Rp500 ribu sampai Rp2 juta untuk pinjaman pertama dan sampai Rp5 juta untuk pinjaman kedua atau pinjaman selanjutnya.

10. DanaRupiah

DanaRupiah merupakan aplikasi pinjaman online yang menawarkan batas pinjaman mulai dari Rp400 ribu sampai Rp8 juta dengan tenor mulai dari 21 hingga 90 hari. Untuk suku bunganya, aplikasi fintech ini memberikan angka yang cukup terjangkau yakni sebesar 1 persen per hari.

Untuk mencegah debitur lupa membayar, DanaRupiah akan mengirimkan pesan pengingat pembayaran melalui SMS saat tanggal jatuh tempo. Persyaratannya cukup mudah. Selain harus WNI, kamu harus berusia di atas 18 tahun.

11. KreditPintar

Kredit Pintar juga merupakan aplikasi online yang tidak memerlukan slip gaji. Kamu bisa mendapatkan dana dengan cepat cukup dengan bermodalkan KTP dan ponsel saja. Aplikasi ini tidak dipungut biaya apa pun. Kamu juga bisa memilih jenis pinjaman dengan tenor 14 hari, 30 hari, hingga 3 bulan sesuai dengan kebutuhan.

Syarat pengajuannya adalah sebagai berikut:

  • KTP
  • Rekening bank atas nama peminjam
  • WNI
  • Berusia 18-21 tahun jika belum menikah
  • Berusia 22-60 jika sudah menikah
  • Berdomisili di Indonesia

Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Mengisi data pribadi di aplikasi.
  • Tunggu proses verifikasi mengenai data selesai.
  • Setelah proses verifikasi selesai, dana akan langsung dikirimkan ke rekening.

12. Pinjam Gampang

Pinjam Gampang adalah aplikasi pinjaman online 24 jam yang dapat diunduh di Play Store. Kamu tidak perlu menyerahkan dokumen dalam bentuk kertas. Cukup ikuti petunjuk pada halaman aplikasi dan menyiapkan KTP serta kartu bank sebelum mengajukan permohonan. Jumlah pinjamannya mulai dari Rp600 ribu sampai Rp5 juta. Jangka waktu pinjaman 7 hari dan 14 hari.

Persyaratannya adalah sebagai berikut:

  • WNI
  • Berusia di atas 21 tahun
  • Memiliki sumber pendapatan yang stabil
  • Berdomisili di Jakarta, Bandung, Surabaya, Bekasi, Tangerang, Bogor, atau Tangerang Selatan.

13. WinWin

WinWin adalah pinjaman online asal Surabaya yang sudah berdiri sejak tahun 2016. Pada awalnya pengajuan pinjam WinWin diakses melalui website, tetapi kini sudah dapat diakses melalui aplikasi mobile.

Jumlah pinjaman paling tinggi adalah Rp2 juta dengan masa pinjaman paling lama 30 hari. Dalam website-nya, Win Win menyebutkan bahwa mereka wajib bertatap muka secara langsung dengan calon nasabah untuk memvalidasi persyaratan dokumen.

Itulah beberapa aplikasi pinjaman online resmi. Aplikasi pinjaman online resmi memberikan solusi ketika ada kebutuhan yang mendesak. Proses pencairannya cepat, jadi bisa langsung digunakan. Pastikan saat pertama kali memilih pinjaman online, Anda sudah mengevaluasinya agar tidak salah dalam memilih.