Eranya Belajar Online, Ini Situs-situs Belajar Yang Recomended

0
27
Situs belajar online
belajar online, foto: via kumparan

Website Belajar Online : Pada era digital ini untuk menambah pengetahuan sangatlah mudah, dulu saat  admin masih menjadi seorang guru selalu bilang pada murid-murid saya bahwa ilmu sekarang ada di kantong kalian. Tergantung kamu memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk belajar. Ada berbagai situs yang dapat Anda gunakan untuk belajar online. Belajar Adsense Youtube Dan Bisnis Online

Jika Anda benar-benar berniat untuk meningkatkan kemampuan dan kemampuan akademik Anda sesuai dengan minat Anda, batasan waktu dan menengah tidak lagi menjadi penghalang. Kita hidup di zaman yang serba instan dan hampir semuanya menjadi lebih mudah, termasuk belajar.

website belajar online
belajar online, image: kemendigbud.go.id

Website Belajar Online 

Anda dapat menggunakan beberapa situs di bawah ini untuk mendapatkan pengetahuan yang nantinya dapat Anda gunakan untuk mengembangkan dan mengasah kemampuan Anda dalam lingkungan persaingan yang semakin ketat.

Akademi Khan (khanacademy.org)

Anda yang selalu ingin mempelajari hal-hal baru di luar pendidikan formal, mungkin pernah mendengar nama situs web ini. Khan Academy adalah organisasi nirlaba yang dibentuk oleh Salman Khan pada tahun 2008.

Ada begitu banyak jenis pengetahuan yang dapat Anda pelajari di Khan Academy, mulai dari pelajaran Matematika yang dapat dipilih sesuai dengan topik atau kelas, ilmu komputer, sains hingga perkembangan pola pikir dan sejarah seni dari seluruh dunia dibagi menjadi periode waktu tertentu.

TEDEd (ed.ted.com)

Media yang namanya singkatan dari Technology, Entertainment, Design adalah organisasi yang dibentuk sejak 1984 oleh Richard Saul Wurman dengan nama TED Conference. Saat ini, TED telah berkembang untuk mencakup TED Talks, TED-Ed, TEDx, dll.

Melalui TEDEd, Anda tidak hanya mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi, hiburan, dan hanya desain, tetapi Anda juga dapat berbagi melalui TED-Ed Student Talks.

Coursera (coursera.org)

Masih sama dengan konsep pembelajaran online gratis, Coursera menawarkan ratusan pelajaran yang dapat Anda pilih gairah-anda. Tidak hanya menyediakan pendidikan online, situs ini juga dapat memberi Anda sertifikat online jika Anda membeli program premium dengan harga tertentu.

Tentu saja, sertifikat yang dikeluarkan oleh Coursera dapat berguna untuk CV Anda. Alasan lain yang membuat Anda tidak perlu ragu pendidikan yang disediakan oleh Coursera adalah karena materi yang tersedia di situs web disajikan oleh para ahli dari berbagai universitas terkenal, seperti Universitas Yale, Universitas Columbia hingga Universitas Stanford dan IBM.

Brainly (brainly.co.id)

“Dari bertanya hingga memahami” adalah slogan situs yang didirikan pada 2009 di Polandia. Brainly mengoperasikan kelompok jaringan pembelajaran yang dapat digunakan oleh siswa, guru, dan bahkan orang tua.

Memiliki sistem seperti Yahoo! Jawaban, Brainly telah membantu jutaan siswa di seluruh dunia mendapatkan jawaban untuk tugas mereka. Anda juga dapat menggunakan Brainly untuk mengeksplorasi keterampilan mengajar Anda melalui tulisan.

Ruang Guru (ruangguru.com)

Yah, Anda pasti sudah mendengar tentang perusahaan itu memulai terlibat dalam bidang pendidikan ini. Situs web ini dengan nama yang sama dibuat oleh orang-orang muda dari Indonesia pada tahun 2014, Adamas Belva Syah Devara dan M.

Iman Usman. Ruangguru yang lebih fokus pada aplikasi ini menawarkan kursus atau bimbingan belajar online (les online) dengan biaya yang sangat terjangkau dibandingkan dengan bimbingan belajar reguler atau les privat.

Cozora (cozora.com)

Situs ini cocok untuk Anda yang ingin menambah ilmu di dunia medis. Didirikan pada tahun 2016 oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer UI, Riza Herzego, situs ini menggunakan metode streaming langsung interaktif hingga sekarang.

Materi yang disajikan dibagi menjadi empat jenis, yaitu Dokter, Denspirasi, Farmasi, dan Perawat yang dibanderol dengan harga terjangkau.

Udemy (udemy.com)

Berbeda dengan Khan Academy, yang lebih fokus pada pendidikan akademik dan teknis, Udemy telah muncul sebagai situs pembelajaran online dengan ilmu-ilmu praktis yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Mulai dari meningkatkan kepercayaan diri, kepemimpinan, teknik pemasaran hingga cara merawat dan mengajar hewan peliharaan. Namun, mungkin bagi Anda untuk mempelajari topik akademik, seperti Sains, Matematika, Bahasa, atau Teknologi.

edX (edx.org)

Tidak jauh berbeda dari situs lain, edX juga menyediakan materi yang bisa Anda pelajari di luar materi formal yang bahkan mungkin tidak Anda dapatkan di lembaga pendidikan yang pernah atau sedang Anda ambil.

Namun, selain materi pembelajaran non-formal, edX juga menyiapkan opsi untuk mengejar gelar non-formal yang dapat Anda gunakan untuk meningkatkan nilai atau nilai Anda di CV. Topik-topik yang ditawarkan oleh edX juga beragam, mulai dari teknologi, hukum, arsitektur, hingga pelatihan dan contoh pertanyaan untuk mengikuti ujian TOEFL.

Alison (alison.com)

Satu lagi situs yang sangat disayangkan jika Anda tidak menggunakannya untuk belajar, Alison.com didirikan di Irlandia pada 2007. Meskipun namanya kurang dikenal di Indonesia, Alison sebenarnya menyediakan ratusan bahan yang dapat Anda pelajari untuk gratis, kecuali Anda memutuskan untuk membeli sertifikat yang menyatakan kelulusan Anda atas materi.

Tidak hanya berfokus pada pendidikan online gratis, Alison juga menyiapkan materi yang dapat mengarahkan Anda untuk mempelajari pengetahuan terkait pekerjaan yang ingin Anda ambil berdasarkan industri yang ingin Anda kejar.

Youtube 

Sepertinya youtube perlu saya masukan pada artikel ini. Youtube selain sebagai media hiburan bisa juga dimanfaatkan sebagai media belajar online yang asik. Banyak kreator youtube yang konsen pada dunia pendidikan atau media pembelajaran.

Tidak hanya media pembelajaran sekolah tapi lebih dari itu, banyak pengetahuan dan materi belajar disitus youtube. Contoh: saya ingin belajar membuat website, saya belajarnya dari youtube. Di Youtube bisa kita temukan banyak hal baru, dan kita bisa belajar dari sana.

Kesimpulan: “Tidak ada kata berhenti Untuk Belajar”

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.