6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bisnis Online

0
18
Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bisnis Online
Perlu Diperhatikan dalam Bisnis Online, image via kompas.com

6 Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bisnis Online: Perkembangan teknologi saat ini membuat siapapun bisa dengan mudah membangun usahanya secara online. Bisnis berbasis internet yang sedang digandrungi kaum milenial ini memang umumnya digunakan karena praktis dan murah.

Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Bisnis Online

bisnis online

Meski menggiurkan, nyatanya tak semua bisnis online bisa menjamin kesuksesan. Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan seperti berikut ini.

1. Menentukan target pasar Untuk Bisnis Online

Sebenarnya bukan bisnis online saja yang harus menentukan target pasar dengan tepat dan akurat. Hampir semua jenis bisnis harus benar-benar paham, apa, bagaimana, untuk siapa, dan kapan produknya harus dijual.

Hal ini menyangkut ketertarikan pasar terhadap produk yang akan kamu luncurkan. Memang, menentukan target pasar untuk suatu produk tidak semudah membalik telapak tangan. Apalagi melalui suatu media berbasis internet. Kamu wajib tahu, kepada siapa produk itu akan dijual.

Jika kamu memiliki website khusus, maka website tersebut harus benar-benar ditujukan kepada target pasar yang telah kamu tentukan. Apabila itu tidak dilakukan, bisa dipastikan tidak akan ada orang tahu atau bahkan tertarik untuk membeli produk yang kamu jual.

2. Menentukan jenis produk yang akan dijual

Umumnya, bisnis secara online memang memudahkan kamu untuk menjaring konsumen secara luas. Bahkan, bisnis seperti ini cenderung memberikanmu keleluasaan untuk melakukan ekspor-impor secara mandiri. Namun ketahuilah, tidak semua komoditas bisa dijual dengan mudah secara online.

Barang dengan nilai jual tinggi tentu akan lebih sulit terjual. Pasalnya, meski belanja online bukanlah hal baru, tetap saja masih ada kekhawatiran konsumen untuk berbelanja barang bernilai jual tinggi.

Tak hanya itu saja, konsumen pasti juga mempertimbangkan berat barang yang akan dibeli. Misalnya saja perabotan rumah. Banyak orang yang masih memilih untuk belanja offline di toko yang terjangkau dari tempat tinggalnya. Sebab, barang yang dibeli secara online mungkin lebih murah, tapi bisa juga memiliki ongkos kirim yang tinggi.

3. Menentukan produsen atau distributor pada bisnis Online

Langkah berikutnya yang perlu kamu perhatikan dalam berbisnis online adalah menentukan produsen atau distributor dengan tepat. Rencanakan secara jelas dan rinci, apakah kamu akan mengambil barang dari produsen lokal atau mengimpornya dari luar negeri.

Pastinya, keputusan ini juga harus disesuaikan dengan ketersediaan dana yang kamu miliki. Jika modal yang kamu miliki terbatas, maka tak ada salahnya untuk melirik produsen ataupun distributor lokal yang ada di sekitarmu. Biasanya, harga yang mereka tawarkan jauh lebih terjangkau ketimbang harus memasok barang dari luar negeri.

Nah, jika kamu tidak mau repot mendatangi produsen atau distributor, kamu bisa langsung berbelanja di toko online yang telah tersedia. Hal ini kerap dikenal dengan sebutan reseller. Banyak toko yang memiliki harga spesial untuk para reseller, tentunya dengan pembelian dalam jumlah tertentu.

Namun, metode ini tetap memiliki kekurangan. Harga yang kamu dapatkan tidak akan semurah harga produsen atau distributor. Tak hanya itu saja, kamu juga tidak bisa memeriksa secara langsung kualitas barang yang kamu beli. Gambar yang mereka beri bisa saja sangat bagus, tapi ternyata tidak sesuai dengan harapan.

4. Manfaatkan berbagai jenis platform untuk berbisnis online

Seiring berkembangnya zaman, semakin banyak pula platform yang bisa kamu manfaatkan sebagai media berbisnis secara online. Saat ini, platform yang cukup sering digunakan dan sangat digandrungi adalah Instagram. Meski begitu, untuk memaksimalkan penjualan, cobalah untuk tidak terbatas dengan satu platform saja.

Mulailah untuk mendaftarkan akun baru di online marketplace yang tergolong populer bagi kamu milenial yang ingin segalanya serba praktis. Ketahui setiap kelebihan dan kekurangan online marketplace ini. Jangan lupa juga sesuaikan dengan kebutuhan serta kapasitasmu.

5. Mempersiapkan foto asli produk yang jelas dan berkualitas

Setelah barang yang akan dijual dan akun online marketplace sudah siap, maka langkah penting berikutnya adalah memotret produk tersebut. Gunakan kamera berkualitas demi hasil foto beresolusi tinggi. Umumnya, para distributor sudah memiliki foto produk yang bisa langsung kamu gunakan untuk menjual barang. Namun, hal ini akan membuat produkmu terlihat sama persis seperti kompetitor lain.

Oleh karena itu, kamu wajib meluangkan waktu untuk memotret produk agar mendapatkan hasil yang maksimal. Jangan lupa untuk memotret bagian-bagian detil produk sehingga calon konsumen bisa melihatnya dengan jelas. Kamu juga boleh melakukan editing pada foto tersebut, asal tidak terlalu berlebihan agar hasilnya tetap terlihat alami.

Setelah semua foto tersebut siap, jangan lupa menyertakan deskripsi produk yang lengkap saat mengunggahnya di akun Instagram atau online marketplace. Misalnya, jika kamu menjual produk pakaian, kamu wajib menyebutkan detil ukurannya mulai dari lingkar dada hingga panjang pakaian. Tulis juga bahan yang digunakan pada pakaian tersebut agar konsumen tidak ragu untuk membeli produkmu.

6. Memaksimalkan teknologi mobile untuk memudahkan transaksi

Tak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi telah memberikan sejumlah keuntungan besar bagi setiap proses bisnis berbasis internet. Salah satu yang paling berpengaruh adalah penggunaan perangkat mobile untuk memenuhi segala kebutuhan.

Oleh karena itu, sebagai pebisnis online kamu perlu mengetahui dan mengikuti perkembangan yang telah ada. Di antaranya adalah memaksimalkan perangkat mobile untuk bisnis online. Banyak media yang bisa kamu gunakan, mulai dari website versi mobile, aneka ragam aplikasi chatting, hingga media sosial.

Satu hal yang tak kalah penting adalah akun mobile banking atau electronic banking agar kamu bisa lebih mudah mengevaluasi pengeluaran. Media ini juga bisa digunakan untuk mengontrol setiap pembayaran yang masuk dari konsumen.

Kamu bisa mengecek seluruh tranksaksi bisnis online tersebut dari mana saja dan kapan saja hanya bermodalkan smartphone. Pilih bank dengan layanan mobile banking atau electronic banking yang paling baik dan mudah demi kelancaran bisnis online milikmu.

Demikian 6 hal yang perlu diperhatikan dalam bisnis online. Pada dasarnya, bisnis berbasis teknologi seperti ini memerlukan passion yang kuat. Tanpa adanya passion dalam diri, bisa dipastikan kamu akan kesulitan dalam menjalankannya. Setelah itu, 6 hal penting di atas bisa jadi faktor pendukung yang tepat untuk melengkapi usahamu. Semoga bermanfaat, ya!

penulis: A. Mujahidin

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.