9 Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

- Advertisement -

9 Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis, Hampir semua platform media sosial saat ini benar-benar menyediakan ruang yang cukup untuk promosi pemasaran.

Penggunanya diberikan fitur yang bisa dimaksimalkan untuk menjual dan menjangkau lebih banyak konsumen. Salah satunya adalah Fanpage Facebook Bisnis yang diibaratkan seperti toko di dunia internet.

- Advertisement -

Facebook tetap kuat sebagai salah satu media sosial favorit meski banyak pesaing bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Dengan inovasi yang ditawarkan oleh platform Medsos ikonik berwarna biru tua ini. Facebook tidak pernah ditinggalkan oleh penggunanya kecuali semakin banyak orang yang tertarik untuk membuat Facebook.

Tak heran hingga kini penggunanya masih terbesar di dunia. Pemilik akun FB (Facebook) memiliki rentang usia yang sangat luas dan beragam. sangat beda dengan platform medsos lainnya, seperti Twitter, Instagram atau Tiktok, yang segmen usianya lebih sempit.

Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis
Tips Jitu Optimasi Fanpage Facebook Bisnis, fanpages buyasorta

Salah satu minat tersebut adalah karena Halaman Facebook khusus untuk tujuan bisnis. Tidak perlu membuat akun terpisah karena Anda hanya perlu menambahkan pengaturan yang diperlukan. Misalnya dengan membuat Facebook Business Fanpage atau Facebook Ads. Anda dapat mengakses opsi ini di halaman Facebook yang Anda akses seperti biasa.

Mengoptimalkan Fanpage Facebook Bisnis Untuk Menjangkau Lebih Banyak Cuan
Jika Anda memulai bisnis start-up, maksimalkan media sosial untuk membuat merek Anda lebih terkenal. Pengusaha yang enggan menggunakan internet untuk mempromosikan bisnisnya saat ini bisa dipastikan akan kalah bersaing. Bisnis online itu mudah karena menggunakan kekuatan media sosial untuk merasakan dampaknya.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan Fanpage Facebook Bisnis untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Jika saat ini Anda tidak memilikinya, jangan ragu untuk memulai. Jika Anda sudah memiliki akun Facebook, tunggu sebentar dan promosi bisnis Anda siap disajikan.

- Advertisement -

Baca juga: Cara Menghasilkan Uang di Facebook

Mengapa Fanpage Facebook?

Dari data Statista.com, Facebook akhir 2019 memiliki pengguna aktif berjumlah 2,45 miliar. Maka dari itu Facebook disebut sebagai media sosial terbesar di dunia. Jumlah pengguna dapat digunakan untuk memperkenalkan merek sekaligus mempromosikan produk baru.

Perusahaan yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dkk ini juga memungkinkan pemilik merek untuk mengintegrasikan fanpage dengan akun Instagram dan situs bisnis. Untuk memperkenalkan atau memasarkan suatu produk, Anda harus memiliki fanpage Facebook Bisnis.

Cara membuatnya cukup mudah. Selama Anda memiliki akun Facebook pribadi, ikuti petunjuk untuk membuat halaman penggemar. Voila. Anda dapat menanggapi pembeli dengan cepat dan mudah melalui pengaturan.

Sesuaikan akun ini dengan deskripsi yang jelas untuk membuat bisnis Anda lebih terbuka. Misalnya, menambahkan informasi tentang alat bisnis, situs web, kontak, atau lainnya. Tambahkan juga detail produk, layanan, menu, harga, event, dan penawaran khusus.

Setelah Anda memiliki fanpage Facebook, jangan hanya memposting foto. Namun memaksimalkan kehadirannya untuk menarik lebih banyak pengikut, meningkatkan obrolan dan suka, meningkatkan kesadaran pengguna bahwa produk atau layanan yang dipromosikan adalah yang benar-benar mereka butuhkan. Dan jika berjalan dengan baik, pendapatan akan meningkat.

Keuntungan lain menggunakan Fanpage Facebook Bisnis adalah Anda akan mendapatkan data demografi orang-orang yang tertarik dengan bisnis dan produk yang Anda tawarkan. Data tersebut adalah usia, jenis kelamin, dan lokasi. Ini juga termasuk melihat kapan orang melihat Halaman Facebook Anda dan bagaimana mereka menemukannya.

Data ini kemudian dapat digunakan sebagai panduan untuk membuat promosi berikutnya di Facebook. Selain itu, untuk setiap unggahan Anda, Anda akan mendapatkan data jumlah orang yang melihat unggahan Anda.

Anda dapat menggunakan informasi ini untuk menargetkan audiens yang beragam dengan posting dan iklan yang dipromosikan, atau mengemas konten Anda sesuai dengan minat mereka.

Berikut adalah 9 tips memaksimalkan fanpage Facebook Bisnis untuk melipatgandakan keuntungan Anda:

1. Isi Detail Informasi, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis
Isi Detail Informasi, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

1. Isi Detail Informasi, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

- Advertisement -

Saat membuat fanpage, jangan lupa untuk mengisi detail informasi di kolom ‘Tentang’. Konten tentang merek, visi dan misi, produk, layanan yang diberikan jika ada, cara pemesanan, jam operasional, dan email atau nomor telepon. Tulis juga akun situs brand, Instagram, Twitter, dan link lain yang sudah terintegrasi.

Dengan informasi rinci ini, pengguna Facebook dengan cepat mengetahui identitas merek. Di kolom ini, Anda tidak perlu memasukkan identitas pribadi. Sebisa mungkin pisahkan antara akun pribadi dan fanpage untuk startup.

2. Gunakan Logo dan Foto

Walaupun ini adalah bisnis start-up, skalanya kecil, namun jangan remehkan logo dan foto sampul. Gunakan logo dan foto yang sesuai. Layak di sini berarti resolusi tinggi dan mewakili merek. Karena hal ini dapat mempengaruhi kredibilitas bisnis startup dan mudah dikenali oleh calon follower.

3. Tambahkan Tombol Ajakan Bertindak (CTA)

Sejak Facebook merilis fitur Fanspage Bisnia (Halaman Bisnis) tahun 2014, opsi dalam fitur telah berkembang secara eksponensial. Salah satunya adalah tombol Call To Action (CTA). Tombol ini berguna untuk mempromosikan produk baru atau memudahkan followers ketika ingin memesan.

Tombol CTA dapat berupa ‘Belanja Sekarang, Pesan Sekarang, Tonton Video, Daftar’, dan lainnya. Penulisan dapat diubah sesuai dengan kampanye yang dijalankan. Selain itu, merek juga dapat memilih URL situs untuk berlabuh ke CTA. Untuk mendapatkan data berapa banyak orang yang mengklik tombol tersebut, lihat saja kolom ‘View Insights’.

4. Konten Linimasa, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Sebagian besar konten di fanpage didominasi oleh foto dan video. Hal ini wajar, karena konten visual mampu menarik perhatian pengguna (di semua) media sosial. Konten semacam itu memiliki peluang 40x lebih besar untuk dibagikan oleh pengguna daripada jenis konten lainnya.

Tombol CTA ‘Tonton Video’ adalah cara paling populer untuk mendapatkan pemirsa dan keterlibatan. Selain itu, pengguna meluangkan waktu untuk menonton Facebook Live 3x lebih banyak dari video biasa. Jadi, jangan ragu untuk menunjukkan Facebook Live tentang peluncuran produk baru atau di balik layar.

5. Konsisten dalam Mengunggah Konten

Hal penting yang harus diperhatikan adalah konsistensi dalam mengupload konten. Jika tidak, merek tersebut akan terlihat tidak profesional, kehilangan kepercayaan, dan pada akhirnya para pengikut akan mencari merek lain yang loyal kepada mereka.

Untuk memudahkan mengunggah konten secara rutin, buatlah perencanaan editorial untuk media sosial. Ini membantu Anda dalam membuat jadwal posting konten yang konsisten. Misalnya, suatu hari Anda harus mengunggah satu foto dan satu video, hari berikutnya dua foto, dan seterusnya.

Adapun waktu pengunggahan, Anda dapat memilih berdasarkan data analitik. Jadwalkan unggahan konten menggunakan ‘Jadwalkan Postingan’.

6. Tandai Konten Penting Teratas

Jika produk baru, acara mendatang, konten tertentu, atau konten penting ingin diperhatikan oleh pengikut Anda, tandai konten tersebut di bagian atas atau sematkan di bagian atas.

7. Hindari Masalah Pribadi

Karena ini adalah fanpage startup, kita harus menghindari mengunggah barang-barang pribadi. Jika mood Anda sedang tidak stabil, Anda bisa menenangkannya terlebih dahulu. Jika terpaksa mengunggah konten, dikhawatirkan akan mempengaruhi hasil foto atau caption atau reaksi Anda terhadap pertanyaan netizen.

8. Promosikan Fanpage Facebook, Optimasi Fanpage Facebook Bisnis

Untuk menarik lebih banyak pengikut dan memaksimalkan keterlibatan, Anda pasti harus mempromosikan halaman penggemar. Facebook akan memberi Anda kesempatan untuk membangun promosi dari awal. Ini memungkinkan Anda untuk mencapai tujuan bisnis.

Lakukan ‘Buat Iklan’ dan pilih audiens yang sesuai untuk target pasar Anda. Seperti usia, tempat tinggal, jenis kelamin, pendidikan, minat terhadap sesuatu, dan lainnya. Siapkan materi konten plus caption yang menarik perhatian warga. Selanjutnya tentukan harga.

Cara lain untuk mempromosikan fanpage adalah berinteraksi dengan merek lain. Apalagi jika Anda menjalankan program kolaborasi dengan brand lain atau mengadakan Q&A dan mendatangkan pakar.

9. Pantau Semua Tanggapan dan Keterlibatan

Setelah mengunggah konten, pantau respons warga. Respon baik berupa komentar, like dan emoticon, dan share. Apa tanggapan mereka? Baik, netral, atau buruk?

Apakah ada hal-hal yang perlu ditangani atau yang perlu ditingkatkan pada produk dan layanan lain?

Selain itu, ia juga memantau tanggapan yang masuk ke fitur perpesanan. Tidak sedikit pengguna produk menggunakan kolom pesan untuk mendapatkan respon yang cepat. Jika respons Anda lambat, kolom akan mengatakan demikian. Jika Anda tidak ingin kolom tersebut muncul, lewati saja fitur tersebut.

Ada beberapa cara untuk mengukur keterlibatan. Pengukuran ini adalah keberhasilan sebuah konten. Untuk mengukurnya, Anda bisa memanfaatkan Insights dari facebook atau alat berbayar. Mengukur keterlibatan dapat melihat serta menganalisis demografi audiens. Dari sini merek dapat memutuskan strategi konten berikutnya.

Memaksimalkan Fanpage Facebook Bisnis untuk bisnis start-up cukup mudah. Apalagi saat ini sudah banyak fitur Facebook dan media sosial lainnya yang bisa digunakan. Tantangan selanjutnya adalah menambah atau setidaknya mempertahankan kesuksesan fanpage ini.

- Advertisement -
Jangan Lupa Baca Bismillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.