8 Cara Menjadi Youtuber bagi Pemula Agar Menghasilkan Uang

47

Cara Menjadi Youtuber bagi Pemula, Dewasa ini, istilah youtuber semakin populer. Secara tidak disangka-sangka, bidang ini mampu menghasilkan pundi-pundi uang dengan hasil sangat lumayan. Bahkan dapat membuat seseorang menjadi kaya raya.

Mungkin Anda pernah mendengar youtuber terkenal seperti Atta Halilintar, Ria Ricis atau Raditya Dika.Meskipun mereka bukan publik figur dengan keahlian seni tertentu, mereka mampu menjadi jutawan hanya dengan modal profesi youtuber.

Sebenarnya, bagaimana cara menjadi youtuber dan menghasilkan uang dari internet?

Ria Ricis Youtuber Sukses
Ria Ricis Youtuber Sukses

Tips Dan Trik Menjadi Youtuber Agar Menghasilkan Uang Dari Internet

Youtuber adalah seseorang yang mendedikasikan dirinya untuk membuat konten video dan diunggah pada Youtube. Video-video yang mereka ciptakan menjadi trending topik dan ditonton oleh jutaan pengguna youtube.

Youtube menyediakan berbagai sumber pendapatan yang bisa dimaksimalkan untuk menghasilkan uang. Ada youtuber yang bahkan bisa menghasilkan milyaran rupiah setiap bulannya.

Sebenarnya, cara menjadi youtuber biar menghasilkan uang mudah untuk dipelajari. Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda ikuti jika ingin mengikuti jejak orang-orang yang telah berhasil menggeluti dunia profesi kreatif ini. Diantaranya adalah :

#1. Ciptakan Channel Youtube

Anda harus membuat channel di youtube. Channel ini ibaratnya seperti sebuah stasiun televisi. Anda akan membuat video kemudian mengunggahnya di channel ini. Langkah-langkah untuk membuat channel youtube adalah :

  1. Masuklah pada situs youtube
  2. Jika Anda belum pernah login, pilihlah tombol Sign In
  3. Masuklah dengan menggunakan akun Gmail yang Anda miliki
  4. Jika Anda sudah bisa login pada YouTube, klik pada ikon profil di bagian kanan atas dan pilih menu settings
  5. Buatlah sebuah channel baru
  6. Masukkan sebuah nama channel pada kolom yang disediakan. Buatlah sebuah nama channel yang mudah diingat dan menarik.
  7. Setelah membuat nama channel, Anda bisa mengatur menu tampilan dengan yang ada pada tombol customize channel.
  8. Kemudian tambahkan foto profil dan berikat deskripsi singkat mengenai diri Anda dan jenis konten yang hendak Anda bawakan
  9. Jika sudah selesai, maka channel Anda siap dipergunakan

Sebagai tambahan di blog ini juga pernah saya tulis panduan membuat channel dan SEO

#2. Tentukan Ide dan Konsep Konten Anda

Ide dan konsep yang dimaksud di sini adalah mengenai konten apa yang hendak Anda bawakan. Cara menjadi youtuber yang berhasil adalah memilih tema atau ide yang saat ini sedang digemari dan pastinya Anda juga menyukai tema tersebut. Jangan sampai memilih tema diluar kemampuan Anda seperti membuat konten cover lagu namun Anda tidak memiliki suara yang bagus atau tidak memiliki keahlian memainkan alat musik.

Baca Lainya:   7 Cara Menghasilkan Uang Sambil Tidur, Coba Kalau Berani

Akan lebih baik jika Anda benar-benar menyukai tema channel yang hendak Anda tekuni. Seperti misalnya jika Anda hobi memasak, Anda bisa membuat konten mengenai cara memasak makanan-makanan khas daerah tertentu, dan lain sebagainya. Jika Anda salah memilih konsep konten yang diterapkan, bukan tidak mungkin Anda akan merasa malas untuk mengisinya channel YouTube Anda.

Untuk menemukan konsep dan ide membuat konten anda perlu melakukan riset, untuk youtuber pemula lakukan Riset Keyword Dengan Youtube Auto Suggestions (SEO YTB).

#3. Lengkapi Keperluan untuk Membuat Konten

Menjadi seorang youtuber bisa dibilang cukup menjanjikan. Hampir setiap hari orang-orang mengunjungi youtube untuk melihat sebuah video tertentu atau sekedar berselancar. Oleh sebab itu, jika Anda memang ingin mendalaminya sebaiknya lengkapi persenjataan Anda dengan peralatan sekompleks mungkin.

Mulai dari kamera, tripod, laptop, lighting, alat perekam dan lain sebagainya. Semua perlengkapan tersebut akan membantu Anda membuat sebuah video konten yang berkualitas tinggi.

#4. Buat Konten yang Kreatif

Berkecimpung di dunia youtuber, Anda dituntut untuk menjadi kreatif. Jangan hanya meniru seorang youtuber yang sedang booming atau terkenal. Jika Anda melakukannya, bisa jadi Anda hanya akan dijadikan bahan cemoohan. Lebih baik jika Anda memiliki konten kreatif tersendiri yang unik, menarik dan pastinya dengan ide yang original.

Konten youtuber tidak memiliki batasan. Selama Anda tidak melanggar undang-undang dan norma yang berlaku dalam masyarakat, Anda bisa menciptakan sebuah konten kreatif yang menghasilkan, Dengan kata lain, membuat sebuah konten yang out of the box merupakan cara menjadi youtuber sukses.

#5. Perdalam Kemampuan Mengedit Video

Kemampuan mengedit video merupakan salah satu keahlian yang harus dimiliki oleh youtuber. Anda tidak mungkin mengunggah file asli atau hasil rekaman mentah ke youtube bukan? Pastinya Anda akan melakukan pengeditan, pemotongan, penambahan tulisan, filter dan aktivitas editing lainnya, sebelum kemudian mengunggah hasilnya ke channel youtube Anda.

Untuk youtuber pemula, Anda mungkin bisa mempelajari cara mengedit di sebuah aplikasi secara otodidak. Namun jika petunjuk atau panduannya kurang jelas, Anda bisa bertanya pada teman yang sudah pernah menguasai. Jadi, pastikan Anda memiliki skill editing yang mumpuni agar hasil video Anda lebih menarik.

Baca Lainya:   Bukan Youtuber, Remaja 14 Tahun Punya Penghasilan 15 Milyar

Silahkan gunakan editor Video yang anda kuasai berikut rekomedasi editor video bagi youtuber:  6 Aplikasi Editor Video untuk Youtubers, Cocok untuk Youtuber Pemula

#6. Hasilkan Uang Dari Youtube

Bagaimanakah cara youtuber menghasilkan uang dari akun atau channel youtube mereka? Ada banyak sekali cara menjadi youtuber yang dibayar oleh youtube. Diantaranya adalah :

Google Adsense, yaitu sebuah layanan dari Google yang khusus untuk menghasilkan uang. Seseorang harus memenuhi ketentuan yang dibuat oleh pihak Google seperti jumlah jam tayang dan jumlah subscriber.

Jika ingin mendapatkan uang dari adsense youtube baca: 5 Syarat Monetisasi Youtube dengan Adsense

Affiliate Marketing, yaitu bekerja sama dengan sebuah e-commerce dengan harapan pengunjung Anda akan juga berkunjung ke akun e-commerce yang ditautkan pada konten Anda.

Sponsorship, yaitu mendapatkan sebuah sponsor yang akan membayar untuk produk mereka yang Anda tawarkan.

Berjualan produk, cara ini merupakan cara yang paling efektif karena Anda bisa secara langsung mengambil dari keuntungan hasil penjualan.

#7. Belajar dan Berkolaborasi dengan Youtuber Lainnya

Cara jadi youtuber biar menghasilkan uang adalah tidak melulu hanya membuat konten dan terus menerus mempublikasikannya. Sesekali Anda harus melakukan kerjasama dengan youtuber lainnya untuk membuat sebuah konten bersama.

Dengan cara ini, subscriber yang dimiliki oleh partner youtuber Anda mungkin juga bisa berlangganan channel Anda. Semakin banyak Anda melakukan kolaborasi dengan banyak youtuber lain, semakin besar pula Anda bisa mendapatkan subscribe.

#8. Bulatkan Tekad dan Tidak Mudah Putus Asa

Profesi apapun jika dijalani dengan tekun dan pantang menyerah pasti akan memberikan hasil yang manis. Mungkin pada awalnya memang dirasa sulit, meskipun secara tulisan mudah sekali menyusun cara menjadi youtuber agar berpenghasilan banyak uang, namun belum tentu kenyataan berkata demikian.

Yang harus Anda yakini adalah bahwa tujuan awal Anda membuat sebuah akun YouTube adalah agar bisa menghasilkan uang. Jadi selalu berpegang teguhlah pada tujuan tersebut. Lakukan promosi di media sosial lain seperti Facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya agar channel YouTube Anda lebih dikenal orang.

Sejatinya hasil tidak akan mengkhianati usaha.

Itulah beberapa cara menjadi youtuber bagi pemula. Profesi ini sangat menarik perhatian banyak pihak karena banyak youtuber sukses dengan jumlah penghasilan fantastis. Seorang youtuber yang memiliki jutaan pelanggan bahkan bisa mengantongi puluhan juta setiap bulannya. Nilai tersebut bahkan melebihi pendapatan seorang manager sekalipun. Berapa Gaji Youtuber Indonesia: 7 Youtuber Terkaya Indonesia, Salah Satunya Anak-anak

Sungguh menggiurkan bukan? 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.