10 Tool Seo Gratis, Dari Riset Keyword Sampai Mencari Ide Konten Semuanya Gratis

0
102
Seo Tool Gratis Terbaik
Seo Tool Gratis Terbaik, gambar via: oberlo.com

10 Tool Seo Gratis:Jika anda masta SEO pasti akan bilang bahwa SEO Itu mudah, tapi tidak bagi pemula. SEO terlihat mudah tapi butuh kerja keras dan terukur. Kita harus mau dan mampu untuk riset kata kunci sebelum membuat konten ini berlaku bagi semua jenis konten, artikel, video youtube, konten promosi dll.

Jangan heran jika banyak perusahaan berinvestasi dalam alat SEO. Ambil contoh Ahrefs. Platform analisis SEO dan web ini membebankan harga yang cukup tinggi. Hanya untuk fitur termurah, Anda harus mencapai $ 99 per bulan. Untuk fitur paling mahal, kalikan saja sepuluh atau hampir Rp. 15 juta sebulan.

Baca juga: Cara Riset Keyword: Untuk Membuat Artikel SEO

Dan masih banyak juga tool SEO yang berbayar seperti, semrush, Keywordtool.io Premium, Alexa dll. dan semuanya tidak murah. 

Tool SEO Gratis (Free) 

Blog buyasorta merekomendasikan tool SEO grati Terbaik yang banyak digunakan para master SEO di Indonesia bahkan di Dunia. 10 tool seo ini sekilas mirip tapi memiliki keunggulan yang berbeda-beda, saran kami gunakan 2 atau lebih tool SEO dibawah ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

#1. Google Keyword Planner

Perencana Kata Kunci Google adalah bagian dari platform iklan Google. Layanan ini sebenarnya digunakan untuk mencari dan menganalisis kata kunci yang tepat untuk iklan. Namun, dalam praktiknya, Perencana Kata Kunci juga dapat digunakan sebagai Alat SEO.

google keyword planner
google keyword planner, gambar: https://ads.google.com/aw/keywordplanner

Ada dua alasan mengapa platform ini telah menjadi alat SEO favorit bagi banyak orang. Pertama, karena dimiliki oleh Google. Sebagai platform Google, Google Keyword Planner

memiliki akses data pencarian kata kunci yang lengkap. Poin ini saja menambah nilai keakuratan penelitian kata kunci.

Kedua, Perencana Kata Kunci Google dirancang khusus untuk bisnis. Dengan penunjukan khusus, Anda bisa mendapatkan wawasan yang mendukung tingkat konversi. Wawasan seperti ini akan sangat berharga jika Anda ingin menerapkan strategi konten pemasaran untuk bisnis.

Jadi, apa sebenarnya yang bisa Anda dapatkan dari Perencana Kata Kunci Google? Setidaknya Anda dapat mengakses empat hal ini:

  • Gagasan kata kunci dari kata-kata gabungan, URL situs web, atau kategori produk;
  • Jumlah volume kata kunci dan tren kata kunci di mesin pencari;
  • Daftar gagasan kata kunci dari kombinasi beberapa kata kunci;
  • Diperkirakan kinerja kata kunci, jumlah klik, dan biaya iklan di Google Adsense.

Cukup lengkap, bukan? Semua data di atas bisa Anda dapatkan tanpa membayar sepeser pun. Sekarang, giliran Anda untuk mencoba dan meneliti kata kunci sesuai dengan industri, bahasa, dan lokasi bisnis.

Namun, ada satu hal yang perlu diingat. Data yang ditampilkan oleh Perencana Kata Kunci Google hanya mencakup pencarian berbayar. Saat digunakan untuk memprediksi tingkat persaingan untuk kata kunci, data yang muncul hanya mencakup persaingan antara pengguna Perencana Kata Kunci itu sendiri.

Dengan kata lain, Perencana Kata Kunci Google tidak akan benar-benar dapat menunjukkan tingkat persaingan untuk kata kunci. Karena itu, ada baiknya Anda tidak menjadikan Perencana Kata Kunci sebagai satu-satunya alat SEO.

#2. Google Search Console

Alat yang satu ini masih dari Google. Dengan menggunakan Google Search Console, Anda dapat memantau web, mempertahankan kinerjanya, dan menyelesaikan masalah situs web yang terkait dengan hasil pencarian Google.

google search console tool seo
google search console, imag; https://search.google.com/search-console/

Secara lebih rinci, ada beberapa layanan yang dapat diakses dengan platform ini. Berikut ini adalah:

  • Monitor proses perayap bot Google di situs web;
  • Memperbaiki masalah indeksasi dan menjadi media untuk meminta permintaan indeksasi ulang web;
  • Lihat lalu lintas pencarian kata kunci di Google. Ini termasuk melihat kata kunci yang efektif di situs web;
  • Terima peringatan ketika ada aktivitas tidak biasa di situs web;
  • Menunjukkan situs web mana yang berisi tautan ke situs web Anda (backlink);
  • Menunjukkan masalah AMP, versi situs web di seluler, dan fitur pencarian lainnya.

Dari daftar di atas, Anda dapat menebak: penelitian kata kunci hanya sebagian kecil dari penggunaan Google Search Console. Meski begitu, bukan berarti fitur pencarian kata kunci tidak ada artinya. Bahkan, bagian ini sangat, sangat unik.

Melalui Google Search Console, Anda dapat mengetahui kinerja kata kunci di web. Data ini merupakan ketentuan penting bagi Anda untuk melakukan optimasi SEO di halaman.

Bagaimana Cara Riset Kata Kunci?

Mudah. Jika Anda telah menambahkan situs web ke Google Search Console, yang harus Anda lakukan adalah membuka platform yang dimaksud. Kemudian, klik menu Performa di sisi kiri halaman.

Nantinya, Anda akan diperlihatkan bagan kinerja situs web di hasil pencarian Google. Lebih lengkap, grafik ini berisi jumlah klik ke situs web, tayangan, RKT, dan peringkat rata-rata dalam hasil pencarian.

Saat Anda menggulir ke bawah, klik tab Pertanyaan dan perhatikan semua kata kunci yang muncul. Kata kunci ini perlu digunakan sebagai amunisi untuk optimasi konten. Harap perbarui konten yang dibuat dengan memasukkan kata kunci ke elemen strategis seperti pos, nama file gambar, teks alternatif, dan konten itu sendiri.

#3. Ubersuggest

Ubersuggest termasuk dalam jajaran alat SEO gratis terbaik yang tidak boleh Anda lewatkan.

Untuk ukuran alat gratis, Ubersuggest menawarkan fitur yang sangat lengkap. Mulai dari ikhtisar kinerja domain, laporan efektivitas SEO per halaman, rekomendasi untuk kata kunci, gagasan konten, dan backlink data.

Selain semua fitur yang ditawarkan, Ubersuggest juga memiliki antarmuka pengguna yang sangat ramah dan intuitif. Tidak butuh waktu lama bagi Anda untuk memahami cara kerja platform ini. Jadi, Anda tidak perlu diintimidasi oleh tombol menu cantik.

Untuk menjawab tujuan artikel di awal, bagian ini akan membahas fitur Ubersuggest yang berkaitan dengan penelitian kata kunci. Setidaknya ada tiga fitur yang bisa Anda gunakan. Ketiganya, yaitu, ide kata kunci, ide konten, dan kata kunci.

Ide kata kunci

Sama seperti judulnya, ini adalah tempat Anda bisa mendapatkan gagasan kata kunci strategis untuk web. Metode ini sangat mudah. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan kata kunci yang ditargetkan di kolom yang disediakan. Lalu, jangan lupa untuk mengubah pengaturan ke bahasa target yang diinginkan.

Ubersuggest akan segera memberikan daftar rekomendasi kata kunci. Setiap rekomendasi kata kunci yang diberikan dilengkapi dengan data dalam bentuk volume, biaya per klik (BPK) untuk iklan, persaingan kata kunci dalam kategori pencarian berbayar, dan persaingan kata kunci SEO.

Jika Anda mengklik pada rekomendasi kata kunci yang diberikan, Ubersuggest akan segera menampilkan daftar ikhtisar kata kunci. Daftar ini berisi seratus situs web besar yang berisi kata kunci yang dimaksud. Tidak hanya itu, daftar itu juga dilengkapi dengan perkiraan jumlah pengunjung web per bulan, backlink, skor domain, dan jumlah saham di media sosial.

Semua data yang ditampilkan masih dapat disesuaikan lagi. Anda dapat melihat data dari kata kunci yang dimasukkan pada tab Saran. Kemudian, Anda juga dapat melihat kata kunci yang disarankan (tidak selalu persis kata kunci yang Anda masukkan) pada tab Terkait. Opsi terakhir biasanya mencakup rekomendasi untuk kata kunci populer dan kompetisi tingkat tinggi.

Ide konten

Cara kerja gagasan konten masih sangat mirip dengan gagasan kata kunci. Anda memasukkan kata kunci yang Anda cari, kemudian Ubersuggest menemukan semua konten yang berisi kata kunci dalam judul dan URL komponen (siput).

Selain semua daftar konten, ada data tentang perkiraan jumlah pengunjung, backlink, dan pembagian sosial di Pinterest dan Facebook yang dapat diintip. Anda juga dapat membuka konten apa pun dalam daftar. Dengan begitu, Anda bisa membandingkan konten seperti apa yang dibuat oleh pesaing.

Pada titik ini, yang harus Anda lakukan adalah membuat konten yang lebih baik daripada pesaing.

Kata kunci

Melalui opsi kata kunci, Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang digunakan oleh pesaing situs web. Setiap kata kunci yang digunakan oleh pesaing akan disertai dengan data tentang volume, peringkat di mesin pencari, perkiraan lalu lintas, dan angka kesulitan SEO.

Anda juga akan disajikan dengan ikhtisar kata kunci untuk setiap kata kunci. Ubersuggest akan memuat situs web teratas yang menggunakan kata kunci serupa. Lalu Anda bisa membandingkan bagaimana efektivitas dan kinerja kata kunci saat digunakan oleh situs web lain.

#4. Keywordtool.io

Jika Anda mencari kata kunci ekor panjang untuk SEO, Keywordtool.io adalah pilihan yang tepat.

Platform ini mungkin menyediakan cara untuk menemukan rekomendasi untuk kata kunci yang cukup panjang. Sudah menjadi rahasia umum bahwa untuk meningkatkan traffic dari SEO, Anda perlu menargetkan kata kunci ekor panjang. Kata kunci ini memiliki tingkat persaingan yang lebih rendah dan memungkinkan Anda untuk mendapatkan peringkat tinggi di mesin pencari.

Untungnya, Perangkat Kata Kunci tidak hanya menyediakan platform pencarian kata kunci untuk Google. Bahkan memiliki opsi penelitian kata kunci untuk tujuh media lainnya. Mulai dari YouTube, Blog, Amazon, eBay, Playstore, Instagram dan Twitter.

Selain pilihan media yang cukup lengkap, Perangkat Kata Kunci juga menyediakan opsi lokasi dan bahasa. Pilihan bahasa untuk suatu negara tidak terbatas pada satu saja. Ambil contoh Indonesia di mana pilihan bahasa juga termasuk Indonesia, Inggris, Jawa, dan Bali.

Semua opsi dan fitur di atas bukan hanya tipuan. Semua opsi dan fitur di atas juga disertai dengan hasil pencarian kata kunci yang berkualitas. Untuk setiap entri satu kata kunci, Perangkat Kata Kunci akan merekomendasikan 750+ kata kunci ekor panjang.

Dibandingkan dengan alat SEO lainnya, Alat Kata Kunci juga dapat diandalkan. Ini karena 99,99% dari layanan selalu dapat digunakan. Tidak heran juga, karena platform yang satu ini memang sangat ringan dan cepat digunakan.

Sayangnya, untuk melihat data lengkap, Anda masih perlu berlangganan Perangkat Kata Kunci Pro. Namun, jika kebutuhan Anda masih dianggap sederhana, fitur gratis yang ditawarkan lebih dari cukup.

#5. WordStream

WordStream membantu pemasar di seluruh dunia menjalankan pemasaran online. Ini menyediakan perangkat lunak khusus untuk pemasar di berbagai media. Ini termasuk perangkat lunak untuk bisnis skala kecil dan menengah, agensi dan ecommerce.

Perangkat lunak khusus untuk bisnis UKM, misalnya, memiliki beberapa fitur seperti memantau kemajuan membuat kampanye iklan, mengoptimalkan, dan melaporkan kinerja iklan. Berbeda lagi dengan perangkat lunak yang diperuntukkan bagi agensi. Di mana optimalisasi kampanye iklan dan manajemen anggaran untuk setiap kampanye.

Terlepas dari semua layanan canggih, WordStream juga menyediakan layanan gratis untuk Anda. Setidaknya ada enam jenis layanan gratis yang dapat digunakan untuk pemasar online seperti Anda:

  • Penguji Kinerja Iklan Google;
  • Penguji Kinerja Iklan Facebook;
  • Grader Halaman Pendaratan AdWords;
  • Alat Kata Kunci Gratis;
  • Kalkulator Peluang Facebook;
  • Pembuat Iklan Cerdas.

Di sini kita akan membahas Alat Kata Kunci Gratis yang ditawarkan oleh WordStream. Secara umum, prinsip kerja fitur ini sama dengan alat SEO lainnya. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci atau URL di bidang yang tersedia. Anda juga dapat menambahkan industri dan ruang lingkup negara tujuan (opsional) di kolom kanan.

Tidak butuh waktu lama, WordStream akan menampilkan daftar rekomendasi kata kunci bersama dengan volume pencariannya. Namun sayangnya, data berisi tingkat kata kunci persaingan, harga iklan biaya per klik (BPK), dan skor peluang hanya ditampilkan ketika Anda membuka akun percobaan gratis.

#6. Wordtracker

Wordtracker adalah alat SEO yang berfungsi ganda sebagai alat riset pasar. Pada halaman yang sama, Anda bisa mendapatkan kata kunci untuk SEO serta membayar per klik atau kata kunci iklan berbasis PPC.

Jika Anda menganggap fitur di atas tidak cukup menarik, Anda pasti akan terkejut ketika mencoba Wordtracker secara langsung. Tidak hanya desain tampilan dan antarmuka pengguna yang bersih dan mudah dipahami, opsi tampilan data juga sangat beragam. Faktanya, Wordtracker ini dapat disandingkan ━ sebenarnya melebihi Plan Perencana Kata Kunci Google.

Seperti yang Anda sebutkan, berikut ini adalah fitur Wordtracker yang tidak dimiliki Google Keyword Planner:

  • Akses kata kunci asli (tidak dikelompokkan atau disederhanakan oleh Google);
  • Metrik persaingan SEO;
  • Perbandingan hasil pencarian (SERP);
  • Obrolan layanan pelanggan langsung;
  • Cari kata kunci sekunder / kata kunci terkait;
  • Opsi pencarian kata kunci untuk Google, Amazon, YouTube dan Ebay;
  • Cari konotasi negatif.

Seolah itu tidak cukup, Wordtracker memberikan 10.000 rekomendasi kata kunci untuk setiap entri yang dimasukkan. Anda juga dapat secara manual mengatur kata-kata apa yang ingin Anda sertakan atau tidak dimasukkan dalam penelitian kata kunci.

Satu lagi, ada kolom khusus tempat Anda bisa menyimpan kata kunci yang telah diteliti. Luar biasa bukan?

#7. KWFinder

Untuk KWFinder, SEO tidak Ilmu roket. Kami juga sepakat itu. Anda tidak perlu menjadi seorang ahli untuk mengetahui cara kerja SEO. Demikian pula bagaimana sebuah situs web dapat menempati posisi di mesin pencari.

Masih menurut KWFinder, untuk peringkat yang baik di mesin pencari, Anda hanya perlu menembak kata kunci yang tepat. Justru kata kunci yang memiliki persaingan rendah dan volume pencarian tinggi. Berbekal prinsip ini saja, kami yakin seorang pemula di dunia SEO dapat segera memahami apa yang perlu dilakukan dalam penelitian kata kunci.

Berbicara tentang pemula, sepertinya KWFinder memang ditujukan untuk segmen pasar ini. Karena, dibandingkan dengan alat SEO gratis lainnya, KWFinder memiliki halaman tampilan yang sangat fleksibel dan menggemaskan. Kesan kaku benar-benar tidak terlihat.

Karena desain tampilan juga, semua data yang dilampirkan pada halaman terasa lebih ramah dan lebih mudah dipahami. Jika Anda memiliki “fobia” dalam angka, percayalah bahwa KWFinder akan benar-benar meningkatkan hubungan Anda dengan angka.

Ketika datang ke fitur dan cara kerja, KWFinder sebenarnya sangat mirip dengan alat SEO lainnya. Anda hanya perlu memasukkan kata kunci target atau domain, lokasi target, dan bahasa. Secara otomatis, KWFinder akan memproses kata kunci ini. Akibatnya, Anda akan dibawa ke halaman dengan dua divisi kolom utama.

Di kolom kiri, ada daftar kata kunci yang direkomendasikan. Untuk setiap rekomendasi, Anda dapat mengintip tren penggunaan kata kunci dalam 12 bulan terakhir, volume pencarian, nilai BPK dan PPC, dan tingkat kesulitan SEO. Juga di kolom ini, Anda dapat menentukan satu dari tiga jenis kata kunci: kata kunci terkait, pelengkapan otomatis, dan pertanyaan.

Di sebelah kanan, Anda dapat melihat kinerja SERP dari kata kunci yang dimaksud. Situs web peringkat teratas akan dianalisis oleh nomor otoritas domain, otoritas halaman, aliran kutipan, aliran kepercayaan, backlink, pembagian sosial di Facebook, kekuatan profil tautan, dan perkiraan pengunjung bulanan.

#8. Google

Google Ya, Anda tidak salah membaca. Mesin pencari Google juga bisa menjadi alat SEO gratis terbaik. Tidak perlu membayar, tidak perlu membuat akun, tidak perlu repot mengetahui data ini dan itu. Asal….

Anda menggunakannya di mode penyamaran atau jendela tamu. Hanya melalui dua mode ini, Google dapat membantu Anda mencari kata kunci Longtail secara akurat. Jika Anda menggunakan mode normal, kata kunci yang ditampilkan akan dipengaruhi oleh riwayat pencarian. Dengan kata lain, kata kunci yang dihasilkan tidak akan seakurat yang diharapkan.

Cara Kerja Google Search 

Anda cukup memasukkan kata kunci yang ditargetkan dan menunggu Google untuk merekomendasikan kata kunci. Persis seperti yang ditunjukkan pada gambar di atas.

Anda juga dapat memasukkan kata kunci dan melihat hasil pencarian. Kemudian, gulir ke bawah untuk menemukan rekomendasi kata kunci pencarian lainnya.

#9. Kata Kunci LSI

Kata kunci tidak hanya tentang kata kunci primer atau kata kunci sekunder. Google juga mempertimbangkan kata-kata yang berhubungan dengan topik yang ditulis. Dengan cara ini, Google tahu bahwa konten yang Anda buat relevan dengan pengguna.

Meski tayangan bisa kasar dan sekilas mirip sinonim, menentukan kata-kata yang dimaksud juga membutuhkan data. Itulah mengapa Anda membutuhkan alat SEO dalam bentuk Kata Kunci LSI.

Platform ini memungkinkan Anda untuk mencari kata kunci LSI berdasarkan kata kunci utama dan topik yang terkait dengan konten. Untuk membuat rekomendasinya lebih akurat, Anda dapat memasukkan hingga 10 kata kunci seperti yang diinginkan sekaligus.

Hanya setelah itu, Anda akan mendapatkan serangkaian kata kunci yang direkomendasikan. Lengkap dengan jumlah pencarian per bulan, tingkat BPK, dan tingkat persaingan SEO. Berbeda dengan konsep kata kunci utama yang digunakan untuk tujuan peringkat, rekomendasi Kata Kunci LSI digunakan untuk memperkuat tautan antara konten yang Anda buat dan maksud pencarian lebih fleksibel.

#10. Keywords Everywhere

Masih sama dengan keword tool yang diatas, tapi keywords everywhere ini lebih simple dan mudah digunakan. Kita tinggal install di browser chrome atau firefox karena bentuknya berupa ekstensi browser jadi lebih mudah digunakan.

tool seo gratis Keywords Everywhere
tool seo gratis Keywords Everywhere

Cara kerja Keywords Everywhere

Setelah browser kita terinstall keywords everywhere ketika memasukan kata kunci dimesin pencarian google maka akan muncul disamping kanan browser keyword-keyword yang relevan dengan kata kunci. Bukan hanya itu keywords everywhere juga menampilkan volume pencarian setiap bulanya.

Bagi blogger Adsense keywords everywhere ini juga penting karena memiliki fitur untuk melihat CPC Keyword.

Kesimpulan: Konten adalah raja akan tetapi konten yang baik tapi tidak didukung dengan riset maka akan sia-sia. 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.