Riset Keyword dengan Google keyword Planner Tools

91

google keyword planner tools , Mencari keyword terbaik adalah kunci dari kesuksesan sebuah website. Pada artikel kali ini kita akan membahas sebuat tool dari google ads atau google adword, tool ini gratis yang disediakan oleh google langsung sebagai pemilik search engine terbesar di dunia tentu tidak perlu diragukan lagi.

Apaan tu Google Keyword Planner?

keyword planner, Tool yag dirilis langsung Google untuk melakukan riset keyword bagi pemasang ikla di Google Ads (dulu Google AdWords). Pengiklan atau calon pengiklan google ads bisa melakukan riset keyword di google keyword planner guna mendapatkan kata kunci yang relevan dengan bisnisnya.

Dalam perkembanganya keywordplanner tidak hanya digunakan bagi pengiklan google saja, google keyword planner banyak digunakan juga oleh para blogger,internet marketer atau youtuber dalam membuat konten digital.

Banyak juga yang kurang paham bahwa Google Keyword Planner bisa digunakan meskipun kita tidak beriklan di google ads (google adwords), google keyword planner itu gratis.

 

Fungsi Google Keyword Planner

Google Keyword Planner berfungsi dengan tool riset keyword lain, bahka mungkin lebih komplit dibandigka dengan keyword tool lainya.

Keyword Planner berfungsi umenganalisis volume pencarian kata kunci bulanan,  kompetisi keyword, saran keyword, dan harga pemasang iklan di Google Ads.

google keyword planner

Beda Google Keyword Planner dengan Research Tool Lain

Google Keyword Planner, salah satu dari tool riset keyword Free yang kita bia gunakan untu riset. Ada banyak tool yang bisa kita gunakan untuk riset keyword dari gratisa hingga berbayar. contoh, keywordtool.io, semrus, keywordsiter dan masih banyak yang lagi yang lainya.

Kelebihan keyword planner tepat dalam memperkirakan CPC iklan agar kita bisa memperkirakan anggaran iklan untuk google ads.

Kedua, kelebihan keyword planner adalah karena dikembangkan oleh google untuk tujuan pengiklan google ads, jadi lebih valid memperkirakan trend di mesin pencarian google.

Kelebihan ketiga, free alias gratis walau sebenarnya keyword planner dibuat untuk para pengiklan google ads tapi kita masih bisa menggunakan untuk riset keyword hanya dengan login menggunakan akun google kita.

kekurangan Google Keyword Planner, saran keyword tidak tidak begitu banyak tapi cukuplah untuk memperkirakan target dan memproduksi konten. Keyword Planner menyediakan saran kata kunci hingga maksimal 1000 sampai 2000 kata kunci.

Keyword Planner, menurut saya tool yang bagus untuk riset keyword baik bagi pengiklan google ads ataupun untuk para plublisher dan pelaku usaha online. Kita juga bisa menggunakan keywordtool yang lain sebagai pembanding seperti, SEMRush, KWFinder, dan Google Trends. Bagi youtuber selain menggunakan keyword planner ditambah dengan 2 tool andalan youtuber vidiq dan tubebuddy

Cara Daftar Google Keyword Planner
Bagi pemilik akun google kita sudah tidak perlu mendaftar, tinggal login menggunakan akun gmail kita.

Baca Lainya:   9 CMS Toko Online Terbaik, Cukup 1 Click Selesai Toko On-linenya

keyword planer

Setelah login kita akan kita diarahka ke halaman dasboarb google ads, klik fitur kita akan mendapati seperti yang ada pada gambar diatas. Silahka pilih temukan kata kunci baru, masukan kata kunci yang ingin anda riset.

Ide kata kunci
Ide kata kunci

Kita akan diberikan hasil analisa keyword oleh keyword planner pada halaman ide kata kunci. Data yang disediahkan adalah volume penelusuran, cpc, kompetitor, dan kebutuhan bagi pengiklan.

Bagi  kita yang membutuhkan kyword planner untuk riset kata kunci saja bukan pengiklan google ads sudah cukup komplit.

 

Untuk memakai Google Kata kunci (keyword) Planner, Kita perlu account Google AdWords. Kita tak perlu keluarkan ongkos untuk mendaftarkan serta memakainya. Tool ini memang dibikin untuk memberi dukungan pemakaian Google AdWords. Tapi Google Kata kunci (keyword) Planner masih dapat Kita pakai tanpa ada Google AdWords untuk menolong Kita temukan kata kunci (keyword) yang pas untuk website serta artikel Kita.

Seperti yang telah disebut awalnya, Google Kata kunci (keyword) Planner sendiri ialah tools dari Google AdWords.

Bila Kita telah mempunyai account Google AdWords, Kita tinggal click tulisan biru start using kata kunci (keyword) planner.

Homepage Google Kata kunci (keyword) Planner kelihatan seperti berikut ini. Yang butuh Kita kerjakan hanya masukkan sasaran kata kunci (keyword) yang ingin Kita pakai. Kemudian, Kita dapat manfaatkan feature filter pada tool ini. Kita dapat mem-filternya berdasar negara mana yang ingin Kita bidik.

Masukan type atau nama produk atau layanan Kita

Type atau nama produk atau layanan Kita tentu saja bisa menjadi kata kunci (keyword) penting Kita. Jadi contoh, bila Kita berjualan produk kecantikan, Kita mungkin bingung kata kunci (keyword) apa yang perlu Kita buat jadi prioritas serta pakai. Disini Google Kata kunci (keyword) Planner bisa menolong Kita.

Seperti yang disebut awalnya, Google Kata kunci (keyword) Planner bisa menolong Kita lihat beberapa keyword apa yang banyak dicari orang dengan lokal atau global.

Satu diantara fakta kenapa beberapa orang memakai Google Kata kunci (keyword) Planner untuk research mereka ialah untuk cari kata kunci (keyword) yang mempunyai banyak traffic tapi dikit persaingan.

Tapi bila Kita memakai Google Kata kunci (keyword) Planner untuk website periode panjang, Kita dapat juga manfaatkan kata kunci (keyword) dengan persaingan tinggi.

Kata kunci (keyword) Match di Google Kata kunci (keyword) Planner

Google Kata kunci (keyword) Planner sendiri mempunyai feature kata kunci (keyword) match atau pencocokan keyword yang memberitahu Kita lebih detil beberapa kata kunci (keyword) yang terkait dengan kata kunci (keyword) penting Kita.

Type pencocokan keyword menolong lihat keyword mana di Google yang bisa memberi dukungan iklan Kita. Jadi, Kita bisa memakai broad match untuk tampilkan iklan pada audiens yang lebih luas atau Kita bisa memakai exact match untuk membidik barisan konsumen setia tersendiri.

Baca Lainya:   5 Cara Sukses Cari Duit dengan Menjadi Youtuber

Google Kata kunci (keyword) Planner mempunyai tiga type pencocokan keyword yakni broad match, phrase match, serta exact match.

Exact Match. Exact match tunjukkan traffic untuk keyword dengan exact match atau pencocokan pas. Contohnya, bila Kita cari WordPress SEO dengan pas, itu akan keluarkan hasil yang berlainan dari penelusuran broad match. Bila Kita lakukan kata kunci (keyword) research untuk web yang benar-benar niche, sebaiknya Kita memakai exact match.

Broad Match. Broad Match bisa menolong Kita membuat long-tail kata kunci (keyword) serta traffic Kita pun tidak akan terbatasi ke beberapa kata kunci yang tampil di exact match. Type penelusuran ini pas untuk blogger.

Phrase Match. Phrase Match pas dipakai bila Kita sedang cari kata kunci (keyword) dengan kalimat yang detil, contohnya “cara analisa kata kunci (keyword) terbaik”. Data dari phrase match tunjukkan berapakah banyak traffic yang mungkin Kita temukan untuk kalimat detil itu.

Pilihan serta filter yang advanced

Google Kata kunci (keyword) Planner menyiapkan filter serta beberapa pilihan yang advanced. Kita dapat cari tahu apa satu kata kunci (keyword) mempunyai volume penelusuran yang tinggi di negara tersendiri atau Bahasa tersendiri atau bahkan juga di piranti tersendiri – apa semakin banyak lewat computer atau piranti mobile. Jadi, bila Kita sudah mengetahui siapa sasaran audiens Kita, Kita dapat cari kata kunci (keyword) yang sesuai lebih detil.

Kolom Kata kunci (keyword) Tool

Competition. Untuk meluruskan satu hal mengenai tool ini, kolom competition tidak tunjukkan sebegitu keras serta gampangnya memastikan rangking untuk kata kuncitersebut. Sebetulnya, ini tunjukkan kompetisi antara pengiklan yang tawarkan keyword itu. Jadi, bila Kita lihat “rendah” untuk keyword yang bagus, tandai, serta tidak ada kelirunya Kita memakai keyword itu.

Global Monthly Search. Penelusuran bulanan global tunjukkan rata-rata penelusuran yang berlangsung dalam 12 bulan paling akhir dengan global.

Local Monthly Search. Ini tunjukkan volume penelusuran berdasar filter Kita. Kita dapat lihat bagaimana performance kata kunci (keyword) Kita

Approximate CPC. Kolom ini tunjukkan ongkos CPC (cost-per-click) untuk pengiklan. Banyak ahli SEO mereferensikan untuk memakai kolom ini untuk temukan keyword untuk kepentingan Google AdSense. Seperti yang disebut awalnya, sebaiknya bila Kita pilih keyword dengan CPC yang tinggi tapi mempunyai persaingan rendah.

Kesimpulan: Google keyword planner merupakan tool riset keyword yang disediahkan google dan digunakan secara gratis. Keyword planner sangat baik untuk riset keyword untuk mensin pencaria google dibanding dengan tool yang lainya.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.