3 Tips Cara Jualan di Instagram Supaya Barang Cepat Laku

9

Cara Jualan di Instagram Agar Barang Cepat Lakus: Instagram bukan lagi sekadar media sosial untuk terhubung dengan teman dan keluarga. Seiring perkembangannya, ada berbagai fitur yang dapat membantu akun pribadi dan bisnis di Instagram untuk berjualan.

Instagram saat ini memiliki lebih dari satu miliar pengguna bulanan aktif. Menurut data perusahaan, untuk profil bisnis saat ini jumlahnya lebih dari 25 juta pengguna.

Kepala Pengembangan Bisnis & UKM Instagram, Ferdy Nandes, mengungkapkan bahwa Indonesia adalah salah satu dari lima negara dengan profil bisnis paling banyak di dunia.

Dimuat laman liputan 6 “Kali ini Instagram memiliki lebih dari 25 juta akun bisnis, dan Indonesia adalah salah satu dari lima negara dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Bersaing dengan Amerika Serikat, Inggris, Brasil dan Rusia, “kata Ferdy di kantor Instagram, Jumat (19/7/2019).

cara berjualan di IG
cara berjualan di IGcara jualan laris di instagram

Cara Jualan di Instagram Untuk Pemula

Nah, bagi mereka yang tertarik mengembangkan bisnis mereka, berikut adalah tiga tip jitu dari Instagram:

1. Gunakan tagar

Tagar adalah cara terbaik untuk menemukan banyak hal. Sayangnya, tagar yang dianggap sebagai senjata utama di media sosial masih jarang digunakan.

Instagram juga menekankan penggunaan tagar dengan bijak. Hindari menggunakan terlalu banyak tagar. Cobalah menggunakan tagar khusus yang cocok untuk bisnis kita.

Mungkin untuk mencari hastag (tanda pagar) kita membutuhkan tool, untuk mencari tagar yang sesuai dengan bisnis kita. Bisa menggunakan tool gratis untuk mencari taggar populer, coba dengan tagsforlike.com

baca juga: Panduan Membuat Akun FansPage Halaman Facebook untuk Bisnis

2. Pahami Insight

Instagram menyiapkan Insight buat tiap profile usaha. Kedatangan feature ini disebutkan bisa menolong pebisnis mengerti karakter audience mereka lebih baik.

Lewat Insight, pebisnis bisa memastikan waktu pas untuk mengupload content dan banyaknya pada sebuah hari.

Baca Lainya:   Jangan Anggap Enteng Marketing, Ini Dia Alasannya!

Tetapi walau kita mengupload 10 content /hari, Instagram mengaku beberapa pengikut tidak terusik karena algoritma yang ada. Algoritma Instagram akan tampilkan upload kita dengan setahap pada tiap pengikut.

3. Gunakan semua fitur yang ada

Perlihatkan keunikan usaha kita, serta jadilah rekan untuk customer dengan membuat hubungan. Gunakan beberapa feature native Instagram seperti Feed, Stories, Live, sampai IGTV.

Diluar itu, tidak ada kelirunya menempatkan iklan di Instagram untuk mencapai audience lebih luas. Instagram membanderol harga pamasangan iklan dari mulai Rp 20 ribu.

Cara Membuat Akun Bisnis Di Instagram

Akun bisnis beda dengan akun profile biasa, perbedanya adalah kita bisa melihat insight pada akun dan postingan kita di IG.

Perlu dipahami akun bisnis harus terpisah dengan akun profile personal kita, agar sesuai dengan brand produk yang akan kita jual.

1. Bagaimana cara membuat akun Instagram?

Untuk membuat akun Instagram dari aplikasi:

  1. Download aplikasi Instagram dari App Store untuk iPhone dan  Google Play Store untuk Android.
  2. Setelah aplikasi terinstal, ketuk untuk membukanya.
  3. Ketuk Daftar dengan Email atau Nomor Telepon (Android) atau Buat Akun Baru (iPhone), lalu masukkan alamat email atau nomor telepon kita (yang akan memerlukan kode konfirmasi) dan ketuk Berikutnya. Kita juga dapat mengetuk Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook kita.
  4. Jika Kita mendaftar dengan email atau nomor telepon, buatlah nama pengguna dan kata sandi, lengkapi info profil kita lalu ketuk Selesai.
  5. Jika kita mendaftar menggunakan Facebook, kita akan diminta untuk masuk ke akun Facebook kita bila kita telah keluar.

Untuk membuat akun Instagram dari komputer:

Buka instagram.com.

  1. Masukkan alamat email kita, buat nama pengguna dan kata sandi, atau klik Masuk dengan Facebook untuk mendaftar dengan akun Facebook.
  2. Jika kita mendaftar dengan email, klik Daftar. Jika kita mendaftar menggunakan Facebook, kita akan diminta untuk masuk ke akun Facebook kita bila kita telah keluar.
  3. Jika kita mendaftar dengan email, pastikan kita memasukkan alamat email yang benar dan hanya kita sendiri yang dapat mengakses alamat email tersebut. Jika kita keluar dan lupa kata sandi, kita harus dapat mengakses email kita untuk kembali ke akun Instagram kita. bisa dibaca langsung di https://business.instagram.com/blog/getting-started-on-instagram?locale=id_ID

2. Membuat Akun bisnis instagram

Membuat akun bisnis atau merubah akun dari akun biasa menjadi bisnis, jadi anda sebelumnya suda memiliki akun biasa dengan nama bisnis dan selanjutnya akan kita jadikan akun bisnis. Untuk selengkapnya bisa ikuti panduan dibawah ini:

Baca Lainya:   13 Tips Penting Membantu Anda Membangun Web Bisnis dengan WordPress

Kita dapat mengubah akun pribadi menjadi akun bisnis untuk mendapatkan akses dan fitur yang dapat membantu membangun bisnis kita dan mencapai sasaran brand bisnis.

Untuk mengubah profil Anda menjadi akun bisnis:

  1. Buka profil Anda dan ketuk 
  2. Ketuk Pengaturan
  3. Ketuk Akun.
  4. Ketuk Ubah ke Akun Bisnis.
  5. Sangat disarankan supaya kita menghubungkan akun bisnis IG ke Halaman Facebook yang terkait dengan bisnis kita usahakan halaman yang kita buat untuk bisnis sama dengan nama di akun IG. Dengan begini, kita akan lebih mudah menggunakan fitur-fitur yang tersedia untuk bisnis. Saat ini satu Halaman Facebook bisa terhubung dengan akun bisnis IG, kecuali kita punya akun Bisnis Facebook.
  6. Buat detail diskripsi bisnis kita, seperti kategori bisnis, kontak, dan website jika bisni kita punya website, buat calon pelanggan tertarik untuk memfollowe akun kita.
  7. Ketuk Selesai.

Akun bisnis dapat mengakses semua fitur bisnis dan Insight Instagram. Fitur yang dapat membantu kita memahami siapa yang berinteraksi dengan bisnis kita di Instagram. Kita juga dapat menyesuaikan privasi profil melalui pengaturan kapan saja.

“Membangun Akun Bisnis Butuh Keseriusan, jangan samakan dengan akun profile yang isinya Alay”

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.