Belajar SEO WordPress Terbaru untuk Pemula

0
8
belajar seo wordpress

Belajar SEO WordPress Terbaru untuk Pemula : Saya juga masih berlajar SEO dan mencoba mengatifkan blog ini kembali. Tak ada kata berhenti buat belajar SEO karena algoritma Google setiap bulan berubah.

Ayo Belajar SEO WordPress Bareng!

Blog ini dulu pernah juga pajeone beberapa artikelnya karena jarang saya update akhirnya nyungsep didasar mesin pencarian google :D. Jika kita tidak update pengetahuan tentang SEO maka jangan harap juga artikel kita nongol di halaman pertama google.

Ada jutaan konten dari pesaing blog kita setiap harinya diproduksi dari banyak konten kreator dan blogger. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi pada website Anda, bukan?

Pada artikel inia saya mengajak kita semua belajar SEO berdsarkan algoritma Google terbaru.

Apa saja Materi belajar SEO WordPress kali ini?

Untuk memudahkan kita belajar, artikel belajar SEO WordPress saya bagu menjadi 9 kelompok.

belajar seo wordpress
belajar seo wordpress

Konsep Dasar SEO Website

  1. Optimasi Kecepatan Website
  2. Optimasi Website Agar Mobile Friendly
  3. Riset Keyword
  4. Membuat Konten
  5. On Page SEO
  6. Technical SEO
  7. Off Page SEO
  8. Link Building
  9. Optimasi Plugin SEO WordPress

Karena buyasorta juga masih belajar SEO maka bahasa yang kami gunakan juga bahasa yang ramah untuk pemula dalam SEO WordPress. Agar kita bisa saling memahami saya paham andapun juga paham. Bagi youtuber juga bisa belajar SEO youtube diblog ini banyak mengulas tentang teknik jadi youtuber sukses.

Dalam belajar SEO kita perlu faham konsep dasar SEO terlebih dahulu. SEO (Search Engine Optimization) merupakan langkah untuk optimasi website supaya mendapatkan peringkat teratas pada halaman mesin pencarian Google.

Website atau blog dengan posisi teratas pada mesin pencarian akan mendapatkan banyak pengunjung berkualitas. Dari data google laman website (blog) yang tampil pada halaman pertama akan mendapatkan klik atau kunjungan 10x lipat.

Masalahnya adalah algoritma Google dirahasiakn dalam merangking sebuah blog atau website. Google hanya membuka clue saja itupun sangat basic, pada saat saya mengikuti acara SEO Google. Syarat pertama website harus cepat, kedua mobile frendly, artikel harus original dan bermanfaat dll.

Optimasi Kecepatan Website

Kecepatan website merupakan salah satu faktor utama disyaratkan google supaya website kita masuk rangking pertama google. Karena jika website kita cepat maka pengunjung web kita akan senang dan membaca konten artikel kita.

Jangan menggunakan asumsi, silahkan anda cek kecepatan website atau blo anda dengan mengunakan tools, Google PageSpeed Insights, GTMetrix atau lainya. Jika sudah mendapatkan hasil yang bagus baru deh anda bisa bergembera sedikit.

Jika anda pengguna CMS WordPress akan sedikit mudah untuk setting website agar cepat whush… Karena ada banyak plugin wordpress yang bagus untuk membantu mempercepat website kita.

Plugin cache wordpress akan membantu website kita untuk bisa cepat. Plugin wordpress tersebut diataranya adalah, wp super cache, WP Fastest Cache, W3 Total Cache, lite speed cache semua plugin tersebut gratis.

Atau anda bisa merogoh koceh sedikit untuk beli plugin cache pro ROCKET CACHE. Semua Plugin Cache terbaik wordpress itu bisa anda install langsung dari dashboard wordpress atau donwload langsung di wordpress.com, tidak ribet kan?

Pastikan juga hosting yang kita gunakan berkualitas bila perlu pakai virtual privat server (VPS). Guna memastikan blog kita sudah teroptimasi dengan bagus dan benar merupakan syarat untuk hasil yang masksimal.

Optimasi Website Agar Mobile-Friendly

Tahukah anda jika pengunjung website sekarang 90% dari mobile atau smartphone?

Selain kecepatan google juga mensyaratkan website kita mobile friendly, google juga mengeluarkan platform yang diberi nama AMP (Accelerated Mobile Pages) dengan memanfaatkan AMP dari google website kita akan lebih cepat diakses menggunakan smartphone.

Bagaimana cara setting AMP pada website atau blog?

Untuk mengaktifkan AMP pada wordpress tidaklah sulit karena wordpress dan google sudah menyediakan plugin AMP untuk WP. Kita juga bisa menggunakan theme wordpress yang responsive agar website atau blog kita lebih cepat jika diakses melalui smartphone atau perangkat mobile.

website atau blog yang sudah mengunakan AMP akan mendapatkan prioritas oleh mbah google pada mesin pencarianya.

AMP sendiri sebetulnya adalah cache atau penyimpanan sementara yang langsung berada pada server google, jadi kemungkinan untuk website lebih cepat diakses sangat besar.

Riset Keyword

Kenapa harus riset keyword?

Riset keyword ini sangat penting menurut saya karena kunci untuk belajar SEO wordpress ada disini. Karena mustajab eh mustahil kita bisa mengoptimasi SEO website tanpa riset keyword. Memang sih konten adalah raja tapi membuat konten yang banyak dicari orang dibutuhkan riset terlebih dahulu.

Dengan melakukan riset keyword kita bisa mengetahui seberapa banyak orang mencari atau volume search. Keyword Difficulty guna memahami tingkat kesulitan Keyword (kata kunci) berada di pajeone mesin pencarian.

Ini bagian yang agak susah, kadang banyak blogger meninggalnya padahal ini sangat penting karena untuk menganalisa pesaing keyword. Seberapa sulitnya untuk besaing pada keyword yang akan kita bidik.

Dengan mengetahui pesaing kita bisa membuat konten yang lebih bagus dan menarik, apalagi kalau pesaingnya atau kompetitornya pakai spinner he he he.

belajar seo wordpress
Riset Keyword, belajar seo wordpress

Keyword Suggestion  bermanfaat guna mengetahui keyword (kata kunci) yang bertujuan (intent) sama. Hasil Pencarian sangat penting digunakan untuk menganalisa bagaimana pesaing mampu menduduki peringkat pertama (pajeone).

Membuat Konten

Konten adalah raja begitulah para suhu dan masta berbicara. Setelah kita riset keyword barulah kita membuat kontenya. Dengan bantuan kata kunci yang sudah kita punya kita bisa membuat konten yang menarik bermanfaat dan unik.

Artikel SEO Frendly 

  • Pertama, pastikan konten relevan sesuai dengan hasil riset kata kunci yang kita lakukan dengan kebutuhan pengunjung blog/website. Jika tidak, blog/website kita mungkin tidak ada pengunjungnya kayak blog ini makin sepi pengunjung kwk kwk kwk.
  • Kedua, buatlah konten unik serta memiliki volume yang tinggi pada mesin pencarian supaya blog kita berpeluang mendapatkan banyak pengunjung.
  • Ketiga, berikan informasi valid dan sumber bisa dipercaya. Agar pengunjung bisa merekomendasikan blog/website kita ke orang lain. Munkin juga akan mengutip isi blog kita dengan memberikan credit ke website kita (backlink). Ada banyak tips lain bisa kita gunakan untuk membuat artikel unik pada blog (website) kita. Contoh: anda bisa menggunakan gaya penulisan anda sendiri tanpa terpengaruh oleh orang lain
  • Keempat, buatlah artikel minimal 300 kata rekomendasi para pakar SEO 500 kata atau lebih.

On Page SEO

Apa itu on page SEO?

one page SEO adalah optimasi seo pada internal website kita supaya website kita menjadi SEO Frendly. Inilah salah satu alasanya kita harus belajar SEO wordpress, untuk plugin seo wp saya bahas pad bagian akhir artikel ini.

optimasi SEO, yang menekankan pada faktor internal pada website, Setting permalink, meta title serta meta description relevan.

On Page SEO juga melakukan upaya penataan heading dan subheading dengan benar serta menempatkan kata kunci dengan benar. Berikan link internal ke artikel yang relevan dengan artikel kita. Berilah Judul artikel dengan memuat kata kunci yang akan kita target.

Link Building

Belajar SEO Wordpres link building, setelah optimasi SEO Off Page selanjutnya adalah mendapatkan link dari website lain. Mungkin cara ini tidak disarankan oleh google, tapi banyak master SEO berpendapat bahwa dengan link building akan meningkatkan performa konten atau website kita pada pencarian.

Jika konten anda sangat bagus dan menarik kemungkinan besar artikel anda akan di rekomendasikan oleh para penulis blog atau portal berita. Itu cara natural mendapatkan backlink  berkualitas yang aman.

Beli Backlink amankah? 

Ini juga menjadi pertanyaan saya, kemungkinan aman kalau link dan artikelnya dibuat senatural mungkin pada website dengan DA PA tinggi.

Bangun wibsite kita untuk mendapata peringkat Domain Authority tinggi, perhatikan juga jenis link DoFollow atau NoFollow.

belajar seo wordpress local SEO

Local SEO

Satu lagi bahasan saat belajar SEO WordPress,  jika kita menargetkan pasar lokal disekitar kita tinggal atau alamat bisnis kita.

Local SEO merupakan upaya SEO untuk mengoptimasi mesin pencarian lokal. Ini penting karena 46% pencarian lokal dan 29% berakhir closing.

Trik local SEO sama saja dengan teknik diatas, tambahkan keyword lokal pada konten yang kita buat. Selanjutnya daftarkan usaha atau bisnis kita ke google bisnis, anda akan mendapatkan verifikasi dari google.

 

belajar seo wordpress cara setting permalink

Belajar SEO WordPress Pemula

Setelah semua hal diatas kita lakukan baru kita Belajar SEO WordPress. Menurut beberapa artikel yang saya baca bahwa sebebarnya wordpress itu kurang SEO frendly. Makanya butuh tambahan plugin untuk mendongkrak SEO pada website yang menggunakan cms wordpress.

3 Plugin SEO WordPress Recommended

  1. Yoast SEO Plugin,
  2. ALL In One SEO Pack,
  3. Rank Math SEO,

jika sudah siap untuk melakukan optimasi SEO pada WordPress, dibawah ini kita akan belajar bersama setting SEO WordPress.

Gunakan salah satu plugin SEO yang saya rekomendaikan diatas, pastikan jangan sampai berganti-ganti plugin. Kelemahan pemula ada suka bereksperimen dan gonta-ganti plugin akibatnya website atau blognya #ambyar.

Setting Permalink WordPress

Permaling wordpress defaultnya kurang SEO Friendly begitu kata masta SEO lho!, maka kita perlu setting agar jadi SEO Friendly dan tidak rumit.

Googgle akan melakukan crawl dan memberikan rangking pada permalink (url) yang mengandung kata kunci (keyword). Untuk permalink yang menggunakan tgl, bulan dan tahun bisa juga digunakan untuk website berita, karena untuk mendaftarkan website berita ke google news diperlukan syarat itu.

untuk hasil permalink yang baik dan bagus silahkan merubah dengan struktur domainkita.com/%postname%?.

Silahkan menuju ke-menu SettingsPermalink-Custom Structure pilih atau copas %postname%

Kesimpulan:

Apakah Belajar SEO WordPress itu mudah dan asyik? ….

Langkah yang paling penting dari semua teori diatas adalah praktek. Dengan praktek dan menganalisa kekurangan dan kelebihan teknik yang kita banguna kemunkinan website kita akan tumbuh menjadi besar. Sekali lagi, yang terpenting dari belajar SEO Wordpres adalah tidak pernah berhenti.

Teknik SEO merupakan upaya optimasi yang haru selalu diperbaharui karena mesin pencarian selalu update algoritmanya setiap saat.

Semoga tips diatas menarik dan bermanfaat untuk kita bersama, jangan lupa tinggalkan jejak kebaikan pada kolom komentar dibawah gaes!!

Tonton like dan subscribe gaes 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.