Apple iPhone 13 Tahun Lalu Sampai Generasi Terbaru

- Advertisement -

Apple iPhone 13 Tahun –9 Januari 2007 telah dicatat sebagai sejarah penting bagi Apple Fanboy. Pada tanggal itu, Steve Jobs sebagai CEO Apple di Macworld Expo secara resmi memperkenalkan produk barunya, simak iphone generasi pertama sampai sekarang.

Produk ini disebut iPhone yang diperkenalkan sebagai kombinasi iPod dengan kontrol layar sentuh, ponsel, dan akses internet.

iPhone Pertama, Apple iPhone 13 Tahun Lalu

iPhone Pertama
iPhone Pertama

Meskipun diperkenalkan pada Januari 2007, Apple masih membutuhkan cukup waktu untuk akhirnya mulai menjual iPhone pertama.

Tepatnya pada 29 Juni 2007, perangkat iPhone pertama atau dijuluki iPhone 2G secara resmi dijual.

Awalnya perangkat iPhone hanya dibuat untuk pasar pengguna di Amerika Serikat.

Bahkan iPhone generasi pertama hanya terbatas untuk digunakan oleh pelanggan operator seluler dari AT&T dengan sistem kontrak.

- Advertisement -

Perangkat iPhone generasi pertama menggunakan resolusi layar 3,5 inci, kapasitas penyimpanan 4GB atau 8GB, resolusi 320 x 480 piksel (163 PPI), dan kamera 2 MP.

Masih banyak fitur yang tidak didukung oleh iPhone generasi pertama.

Tidak ada fitur pengeditan teks salin-rekat, tidak mendukung multitasking, tidak ada toko aplikasi belanja dan berbagai batasan lainnya.

Perlahan tapi pasti, Apple menyempurnakan sistem operasi yang digunakan dan menghadirkan iPhone generasi berikutnya pada 2008.

Sekarang perangkat iPhone telah dijual di ratusan negara, mendukung berbagai fitur dan teknologi terbaru, dan telah terjual hampir 2 miliar unit.

Keberhasilan iPhone selama 13 tahun juga terus memberikan kontribusi pendapatan besar bagi Apple. Bahkan sejak beberapa tahun yang lalu, penjualan iPhone lebih dari 50% dari keuntungan yang diperoleh Apple.

Sejarah akhirnya mencatat iPhone sebagai gadget yang mengubah industri seluler.

Desain layar sentuh yang lebar, keyboard virtual, bentuk minimalis iPhone dan berbagai sensor yang digunakan akhirnya menjadi tren yang diikuti oleh sejumlah merek lain.

iphone generasi pertama sampai sekarang

Setiap tahun sejak rilis pertamanya, Apple selalu memperkenalkan perangkat iPhone baru. Total saat ini ada puluhan perangkat iPhone yang pernah dirilis.

iPhone 2G

iPhone 2G jadul
iPhone 2G

Setelah dikabarkan selama beberapa tahun, iPhone generasi pertama ini akhirnya muncul pada 9 Januari 2007. Label “2G” ditambahkan ke belakang oleh orang-orang karena pada saat itu jaringan seluler terbatas pada teknologi EDGE.

- Advertisement -

Apa kelebihan iPhone 2G?

Pertama, layar sentuh multitouch terbesar pada jamanya yang berhasil melahirkan cara operasi yang benar-benar baru. Steve Jobs juga tidak lupa memamerkan kemampuan iPhone 2G untuk mengakses Google Maps melalui mode untuk memesan 4.000 cangkir kopi di Starbucks melalui telepon. Perhatikan Video demo Steve Jobs menggunakan Phone 2G. 

iPhone 3G

iPhone 3G
iPhone 3G

IPhone 3G generasi kedua diperkenalkan di WWDC 2008. Sesuai namanya, akhirnya membawa dukungan jaringan 3G. Tetapi pembaruan yang paling tepat yang disorot dari iPhone 3G adalah dalam hal perangkat lunak, di mana iPhone OS 2.0 yang dijalankan akhirnya menghadirkan App Store. Di sinilah jutaan aplikasi lahir dan bangkitnya industri game mobile.

iPhone 3Gs

iPhone 3Gs
iPhone 3Gs

iPhone 3GS meluncurkan pola peluncuran yang masih dipertahankan Apple hingga saat ini, yang merupakan tambahan “S” yang berarti peningkatan internal dalam desain yang sama dengan pendahulunya.

Dalam acara peluncurannya pada tahun 2009, dikatakan bahwa “S” pada iPhone 3GS berarti “Kecepatan”, menunjukkan bahwa smartphone ini memiliki kinerja yang jauh lebih cepat (2x lipat) dibandingkan dengan pendahulunya. iPhone 3GS juga merupakan iPhone pertama yang membawa fitur perekaman video.

Apple iPhone 4

Apple iPhone 4
Apple iPhone 4

Ini adalah iPhone pertama yang berhasil membuat publik terpesona, termasuk di Indonesia. Diperkenalkan lima tahun lalu, fitur superior iPhone 4 adalah Retina Display, di mana layar 3,5 inci memiliki resolusi 960 x 640 piksel yang sangat tajam, dan gaya desain baru yang sangat elegan.

Dalam hal perangkat lunak, iOS 4 yang dijalankan akhirnya memperkenalkan fitur multitasking, serta layanan obrolan video yang kita kenal sebagai FaceTime.

Apple iPhone 4s

iPhone 4Gs
iPhone 4Gs

IPhone 4S adalah salah satu yang paling bersejarah dalam karya Apple, karena hanya sehari setelah diumumkan pada tanggal 4 Oktober 2011, Steve Jobs menghembuskan napas terakhirnya.

IPhone generasi kelima ini masih mempertahankan desain pendahulunya, tetapi juga iPhone pertama yang ditawarkan dalam warna putih.

Huruf “S” dalam namanya melambangkan “Siri”, dan ia juga menjadi iPhone pertama yang membawa prosesor dual core. Adapun perangkat lunaknya, ia menjalankan iOS 5 yang memperkenalkan layanan iCloud dan iMessage.

Apple iPhone 5

Apple iPhone 5
Apple iPhone 5

Diumumkan pada tahun 2012, iPhone 5 hadir dengan perubahan desain yang cukup drastis dibandingkan pendahulunya. Bentuknya lebih tipis dan lebih ringan, sementara layar memanjang hingga 4 inci dan rasio aspek berubah dari 3: 2 menjadi 16: 9, tetapi dengan kerapatan piksel yang sama 326 ppi.

iPhone generasi keenam ini (jangan disamakan dengan namanya) telah menimbulkan kontroversi karena mengemas port baru bernama Lightning, menggantikan port 30-pin yang telah digunakan sejak era iPod generasi ketiga.

iPhone 5 juga merupakan salah satu iPhone paling langka. Sebab, ia hanya harus dijual selama setahun sebelum digantikan oleh iPhone 5C, yang pada dasarnya sama persis tetapi dibungkus dengan kemasan plastik berwarna-warni.

Apple iPhone 5S

Apple iPhone 5S
Apple iPhone 5S

Hanya dua tahun lalu ia muncul, iPhone 5S adalah yang pertama kali ditawarkan dalam varian warna emas. Meskipun tidak ada konfirmasi dari Apple, banyak yang menduga huruf “S” dalam namanya melambangkan “Keamanan”, di mana iPhone 5S memperkenalkan sensor sidik jari yang disebut Touch ID.

Apple juga dengan bangga memperkenalkan arsitektur prosesor 64-bit untuk pertama kalinya melalui iPhone 5S. Performa yang kuat memungkinkannya untuk merekam video gerak lambat untuk pertama kalinya dalam sejarah iPhone. Sedangkan untuk perangkat lunak, ia datang dengan iOS 7 yang memiliki tampilan yang sama sekali berbeda dari iPhone generasi pertama sejak diluncurkan.

iPhone 6 dan iPhone 6 Plus

Apple iPhone 6 generasi ke 8
Apple iPhone 6 generasi ke 8

Sangat berbeda dari sebelumnya, pada 2014 Apple memperkenalkan dua iPhone sekaligus. Kedua ukuran sama-sama bengkak, masing-masing dengan layar 4,7 dan 5,5 inci, dan tubuh terus menipis hingga lensa kamera harus menonjol sendiri.

iPhone 6 Plus

Apple iPhone 6 plus generasi ke 8
Apple iPhone 6 plus generasi ke 8

Selain perubahan desain yang radikal, iPhone 6 dan 6 Plus juga pertama kali mengemas chip NFC sehingga pengguna dapat menikmati layanan pembayaran elektronik Apple Pay.

Apple iPhone SE

Apple iPhone se 2020
Apple iPhone SE 2020

iPhone SE ini sangat menarik karena secara penampilan seperti iPhone 5 tapi dapur pacunya menggunakan seri iPhone terbaru. Pada saat artikel ini dibuat iPhone SE merilis seri terbarunya iPhone se 2020 dengan dapur pacu dari iPhone 11 yaitu menggunakan procesor A13 milik Apple iPhone 11 Pro dibekali layar 4,5 inch.

iPhone SE menghadirkan chip paling andal di dalam ukuran paling populer dengan harga paling terjangkau. Inilah yang Anda tunggu-tunggu, dari laman apple.com

Apple iPhone 13 Tahun Lalu, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

cara cek imei iphone bekas
Iphone 7 Milik yang rusak

iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, secara fisik masih sama dengan pendahulunya iPhone 6 dan iPhone 6 plus mengusung layar 4,7 dan 5,5 inci. Yang membedakan adalah penggunaan procesor dan kamera yang lebih bagus dari versi 6.

Kalau Anda membutuhkan iPhone canggih dan masih dapat digunakan pada wakyang akan datang, tetapi tentu saja dengan harga bersahabat. Silahkan anda dapat memilih iPhone 7.

Jika iPhone 7 tidak cukup, Anda dapat memilih iPhone 7 Plus dengan kamera ganda dan kapasitas baterai yang lebih besar.

 

Macam-macam iPhone dari Generasi Awal

iPhone 2G, iPhone 3G, iPhone 3GS, iPhone 4, iPhone 4s, iPhone 5, iPhone 5s, iPhone 6 dan iPhone 6 Plus, iPhone 6s dan iPhone 6s Plus, iPhone SE, iPhone 7 dan iPhone 7 Plus, iPhone 8 dan iPhone 8 Plus, iPhone X, iPhone XS dan iPhone XS Max, iPhone XR, iPhone 11, iPhone 11 Pro dan iPhone 11 Pro Max.

Apple iPhone 13 Tahun, Apple iPhone 12

Smartphone terbaru dari Apple iPhone 12 yang akan dirilis akhir tahun 2020 ini tampak seperti perubahan besar, baik dalam hal desain, lompatan kinerja, 5G untuk setiap model dan teknologi kamera baru yang menarik. Namun, kali ini bocoran tentang perkiraan harga penerus smartphone iPhone 11 mulai beredar.

Sebelumnya, pada Mei 2020, informasi rahasia yang dibocorkan oleh analis teknologi Jon Jonserser mengungkapkan bahwa Apple berencana untuk merilis empat model iPhone 12 dengan harga kompetitif yang agresif dengan rincian harga iPhone 12 US $ 649 (setara dengan Rp 9,5 juta), iPhone 12 Max US $ 749 (Rp. 11 juta), iPhone 12 Pro seharga US $ 999 (Rp. 14,5 juta), dan iPhone 12 Pro Max dengan harga US $ 1.099 (Rp. 16 juta), situs web Forbes melaporkan, Minggu, 2 Agustus , 2020.

Daftar harga akan membuat Apple menurunkan kisaran harga entry-level US $ 50 dibandingkan dengan kisaran iPhone 11 dan menjaga harga iPhone Pro tetap sama, meskipun pengenalan antena 5G mahal.

Pembaruan informasi perangkat Apple Komiya memberikan kebocoran harga yang lebih terperinci untuk kapasitas memorinya. IPhone 12 pertama yang memiliki layar 5,4 inci hadir dengan tiga varian, US $ 699 untuk varian 64GB, US $ 749 untuk varian 128GB, dan US $ 849 12,5 juta) untuk versi 258GB.

Perangkat iPhone 12 Max kedua dengan ukuran layar 6,1 inci, untuk versi 64 GB, harganya US $ 799, versi 128 GB adalah US $ 849 (Rp 12,5 juta), dan versi 258 GB diberi label US $ 949 (Rp 14 juta).

Ketiga, layar iPhone 12 Pro 6.1 inci dengan harga US $ 1.049 (USD 15,4 juta untuk 128 GB, US $ 1.149 (USD 17 juta) untuk 256 GB, dan US $ 1.349 (USD 19,8 juta untuk versi 512 GB Dan keempat , layar iPhone 12 Pro Max 6,7 inci, harganya US $ 1.149 (Rp. 19 juta) untuk 128 GB, US $ 1.249 (Rp. 18,3 juta) untuk 256 GB, dan US $ 1.449 (Rp. 21,3) juta ) untuk 512 GB.

Versi tertinggi adalah iPhone 12 Max, nama baru untuk penerus iPhone 11 – model penjualan terbesar Apple, yang meningkatkan US $ 100 per kapasitas. Sementara itu, harga layar iPhone 12 5,4 inci yang lebih kecil sekarang mirip dengan iPhone 11, sementara model iPhone Pro naik menjadi EU $ 50 dengan kapasitas terendah.

baca juga: Cara Cek Imei Iphone

Kabar baiknya adalah bahwa harga iPhone Pro, meskipun lebih dari yang diharapkan, belum naik secara dramatis meskipun pengenalan teknologi 5G. Meskipun bisa diatasi, kombinasi kenaikan harga, kapasitas baterai berkurang dan tampilan 60Hz mungkin menyebabkan orang yang ingin melakukan upgrade berpikir dua kali.

editor: cak IPhin | sumber: kompas.com-carisinyal.com-pikiran-rakyat.com-dailysocial.id-apple.com

- Advertisement -
Jangan Lupa Baca Bismillah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.