5 Teknologi Modern Ini Ternyata ada Sejak Jaman Purba

0
29
nuklir Teknologi-modern-yang-Sudah-Ada-Sejak-Jaman-Kuno

Teknologi Modern Jaman Purba: Kemampuan manusia berfikir yang semakin meningkat mempengaruhi banyak hal tak terkecuali dalam bidang teknologi. Makanan dengan nutrisi tinggi serta pendidikan yang baik membuat orang mampu berfikir dan berinovasi dalam sains dan teknologi.

Namun, Siapa sangka kalau ada beberapa teknologi modern yang juga ditemukan pada zaman nenek moyang kita, alias kuno. Ada juga teori yang mengatakan bahwa teknologi kuno ini adalah jejak alien di bumi.

Tentu, ini tidak canggih seperti teknologi modern yang kita gunakan sehari-hari. Tapi cara kerjanya seperti , ! Dapat dikatakan bahwa teknologi kuno ini adalah cikal bakal teknologi modern.

Penasaran teknologi modern apa yang telah ada sejak zaman kuno? baca artikel berikut:

1, JAM Kuno

jam purba

Salah satu contoh teknologi modern yang telah ada sejak zaman kuno adalah jam. Namun, jam di zaman kuno tentu tidak secanggih jam tangan pintar atau jam mewah berlapis emas dan berlian yang ada di tangan Anda sekarang.

Manusia yang hidup di zaman kuno menggunakan jam yang memiliki mekanisme sederhana tetapi masih tepat dalam menunjuk waktu. Misalnya seperti jam matahari yang menggunakan bayangan untuk menunjukkan waktu.

Tentu saja jam yang digunakan oleh orang-orang kuno bukanlah jam berukuran kecil seperti sekarang tetapi jam berukuran sangat besar. Jam terus berkembang ke zaman sampai sekarang.

 

2, Baterai

Teknologi-modern-yang-Sudah-Ada-Sejak-Jaman-Kuno

Pada tahun 1936, seorang pekerja kereta api di Baghdad menemukan sebuah wadah unik yang terbuat dari tanah liat dan di tengahnya ada batang besi.

Para arkeolog yang memeriksa benda itu menyimpulkan bahwa wadah tanah liat ini tanpa ukiran adalah sumber energi listrik di zaman kuno. Objek ini kemudian disebut Baterai Baghdad.

Para ahli percaya bahwa baterai kuno ini digunakan untuk melakukan pelapisan logam atau aksi pelapisan logam dengan logam lain dengan bantuan listrik.

3, Kompas

kompas Teknologi-modern-yang-Sudah-Ada-Sejak-Jaman-Kuno

Tahu Viking? Orang-orang Viking dari Skandinavia, terkenal karena sifatnya sebagai penjelajah, dan pelaut tangguh mereka.

Pelaut yang tangguh tentu tidak terlepas dari peran navigasi yang canggih. Pada zaman kuno, pelaut menggunakan matahari untuk mencari arah angin. Tetapi apa yang terjadi ketika matahari tidak terlihat?

Dalam kisah kuno Viking, ada legenda tentang kristal ajaib yang disebut “Sunstone”. Kristal tersebut dikabarkan mampu mendeteksi lokasi matahari.

Sunstone yang terbuat dari kristal unik akan memantulkan cahaya dan memantulkannya sehingga pengguna dapat memprediksi lokasi matahari.

Para peneliti bahkan berpendapat bahwa Sunstone adalah teknologi kuno yang lebih maju daripada kompas, dan hampir secanggih GPS yang ada di ponsel kita saat ini.

 

4, Reaktor Nuklir

nuklir Teknologi-modern-yang-Sudah-Ada-Sejak-Jaman-Kuno

Pada tahun 1972, sebuah pabrik dari Perancis mengimpor bijih uranium dari Gabon, Afrika Barat. Namun, kandungan uranium di dalamnya ternyata diekstraksi.

Mereka kemudian pergi ke tempat asal bijih uranium dan memeriksa lokasi. Ternyata lokasi itu adalah reaktor nuklir skala besar di zaman kuno.

Penelitian lebih lanjut menyatakan bahwa tambang telah sekitar 1,8 miliar tahun yang lalu dan diyakini telah beroperasi selama sekitar 500.000 tahun.

Seorang ahli nuklir dari AS menjelaskan bahwa ini bukan fenomena alam karena untuk membakar uranium dan menghasilkan reaksi, diperlukan kondisi yang tepat.

Apakah Anda pikir ini adalah pekerjaan asing atau dibuat oleh tangan manusia pada masa itu?

5, Senjata Laser

laser Teknologi-modern-yang-Sudah-Ada-Sejak-Jaman-Kuno

Mungkin penggunaan senjata laser yang kita lihat sejauh ini hanya ada di negara-negara dengan teknologi militer canggih. Tapi tahukah Anda jika pada 212 SM, Archimedes berhasil menciptakan senjata laser pertama?

Archimedes, seorang ahli matematika Yunani yang memanfaatkan sinar matahari yang dipantulkan oleh cermin parabola. Dikatakan bahwa senjata laser yang dibuat oleh Archimedes mampu membakar sebuah kapal Romawi.

Saluran YouTube Mythbusters mencoba meniru ini pada 2004 meskipun gagal. Namun, pada 2005, mahasiswa MIT, Amerika Serikat, berhasil membakar sebuah kapal di teluk San Francisco dengan senjata laser Archimedes ini. (sumber:jalantikus)