Perubahan Algoritma Facebook 2018 Yang Harus Kamu Tahu!

Apa saja perubahan yang akan dilakukan Facebook di tahun 2018 ini?, bagi banyak orang atau pengguna sosial media besutan Mark Zukerberg mungkin tidak akan seberapa berpengaruh dikarenakan mereka para pengguna pasif. Bagi sebagian lagi update ALGORITMA akan sangat berpengaruh pada mereka, karena mereka akan kembali mencari trik lagi dari awal untuk mendapatkan pundi-pundi dolar dari facebook baik pelaku online shop atau publisher.

Facebook akan mengutamakan postingan yang banyak interaksi serta komentar. Menurut Facebook, postingan yang di-share oleh orang-orang dan mendapat reactions, serta postingan yang dapat menginspirasi percakapan di kolom komentar. Pengguna Facebook akan melihat lebih sedikit konten dari brands, bisnis, dan media.

Facebook akan mengurangi konten dari brands, bisnis, dan media. Anda akan melihat lebih banyak konten dan post dari teman-teman dan keluarga Anda. Postingan dengan komentar dan interaksi yang banyak tetap akan muncul lebih dulu dibanding postingan yang memiliki sedikit komentar dan interaksi. Komentar yang lebih panjang dinilai memiliki engagement yang lebih tinggi.

Video akan menjadi prioritas?
Facebook mengatakan bahwa video, tidak peduli seberapa informatif dan menghibur, tidak akan menjadi prioritas Facebook dalam menyusun timeline Anda. Ini karena Facebook menganggap bahwa menonton video adalah sebuah kegiatan pasif yang tidak mendorong terjadinya percakapan. Ini sebenarnya cukup mengagetkan karena selama ini video adalah salah satu jenis konten yang paling sering pada News Feed. Selain itu, video juga menjadi salah satu cara efektif bagi brands untuk membuat brand dan bisnisnya dikenal banyak orang secara organik.

Meski begitu, live video tetap akan diprioritaskan oleh Facebook. Mereka menganggap bahwa live video mendapat enam kali lebih banyak interaksi dibanding video biasa. Interaksi seperti inilah yang mereka cari dengan algoritma baru mereka ini.

Facebook Groups akan jadi prioritas
CEO Facebook Mark Zuckerberg dan Vice President Facebook Adam Mosseri mengatakan bahwa Facebook Groups adalah salah satu cara bagi orang-orang untuk berinteraksi secara personal di Facebook. Oleh karena itu, konten dari Groups juga akan menjadi prioritas dalam menyusun timeline Anda. Facebook juga memiliki halaman Groups for Business agar bisnis bisa memiliki satu platform khusus untuk komunitas mereka.

Memang belum ada waktu pasti kapan mereka akan melakukan perubahan ini, tetapi Facebook mengindikasikan bahwa perubahan ini akan terjadi di seluruh produk Facebook dalam waktu beberapa bulan ke depan. News Feed atau timeline akan menjadi tempat pertama terjadinya perubahan-perubahan ini.

Simak Juga Gan  Waktu Yang Tepat Untuk Upload Video di Youtube

Apakah perubahan ini mempengaruhi advertising?

Menurut Facebook, perubahan ini tidak memiliki pengaruh langsung dengan bagaimana advertising bekerja karena advertising memiliki algoritma terpisah. Ini berarti postingan iklan pada Facebook tidak akan terpengaruh dengan update News Feed ini. Jika Anda memiliki campaign yang sedang berjalan, mereka tidak akan terpengaruh.

Meski begitu, perlu diperhatikan bahwa ada kemungkinan budget advertising Facebook Anda akan meningkat.

Facebook advertising adalah salah satu strategi advertising yang termasuk cost-effective jika dibanding dengan metode advertising lainnya. Tetapi dengan berkurangnya distribusi organik, ada kemungkinan Anda harus memanfaatkan fitur advertising berbayar milik Facebook yang tentunya akan meningkatkan budget advertising Anda.

Bagaimana perubahan algoritma Facebook mempengaruhi bisnis?

Sebenarnya selama beberapa waktu belakangan ini, news feed Facebook sudah semakin menekankan postingan yang memiliki interaksi tinggi berdasarkan likes, comments, dan shares antar teman, tetapi Facebook juga memanfaatkan algoritma untuk menghadirkan konten yang mungkin dianggap menarik oleh penggunanya. Tentunya dengan perubahan algoritma, ini akan terus berlanjut. Tetapi postingan yang menjadi prioritas adalah postingan yang berasal dari teman-teman pengguna Facebook.

Imbas Pada Pemilik Fanpage

Para pemegang merek yang sudah menancapkan pengaruhnya di Facebook cukup beralasan jika harus gerah dengan algoritma baru ini. Meski dalam News Room-nya, Facebook menyangkal konten Fanpage bakal dieliminir, tapi tetap saja algoritma ini bakal mengurangi konten-konten yang berbicara umum atau tidak terlibat kedalam ‘meaningful interaction’ yang dimaksud.

Jadi Fanpage kemungkinan bakal tenggelam apabila tidak menjadi sumber atau bahan diskusi dalam interaksi bermakna yang diharapkan oleh algoritma ini. Bahkan ketika konten tadi didorong melalui iklan. Dan hal inilah yang membuat saham Facebook turun. Sebab banyak investor yang khawatir penghasilan Facebook akan turun karena Algoritma Facebook 2018 ini dipastikan bakal mengurangi minat para pengiklan.

Akhirnya, yang bisa dilakukan pemilik Fanpage (seperti saya) saat ini adalah menunggu seperti apa algoritma ini berpengaruh. Dan ketika saatnya tiba, tentu akan selalu hadir trik untuk tetap bisa melakukan promosi dan memanfaatkan potensi digital yang terkandung dalam media sosial terbesar di jagat ini.

Simak Juga Gan  Cara Mudah Mengekstrak Audio dari Video Menggunakan VLC Player

Lantas, bagaimana menyikapi perubahan diatas tersebut? SImak strateginya berikut ini ;

#1 Cara terbaik dan termudah adalah melalui layanan iklan resmi di Facebook.

Dengan membayar sejumlah biaya, Facebook akan memberikan tempat di Newsfeed dan dapat memberikan estimasi berapa orang yang akan melihat iklan tersebut. Kenapa begitu?

Facebook menghadirkan target iklan yang sangat spesifik. Data-data spesifik pengguna seperti domisili, jenis kelamin, hobi, dan berbagai preferensi lainnya dimiliki oleh Facebook. Hal itu tentu sangat berguna bagi siapa saja yang hendak beriklan di Facebook.

Alasan lainnya, sebagaimana dikutip Forbes, Facebook mengirimkan trafik lebih besar bagi publisherdibandingkan Google. Ya, beriklan di Facebook lebih memberikan hasil daripada beriklan di Google.

Jadi… Manfaatkan Facebook Ads sekarang juga! Untuk Anda yang nelum menguasai Facebook Ads Wajib belajar salah satu pengirim Traffic terbesar di dunia online ini dengan belajar disini

#2 Cara Berikutnya Temukan cara agar postingan kita di-prioritas-kan robot Facebook.

Di update kali ini, FB bakal suka kalo postingan kita memantik diskusi dan interaksi yang bermakna.

Sampe di sini saya excited. Asik juga nih FB. Ngedorong diskusi BERKUALITAS. Jadi kalo dulu FB-tu berasa lagi ngobrol sia-sia di sekumpulan orang, sejak update ini semuanya bakal beda.

Yang bener?

Emang FB udah bisa bedain mana yg bermakna dan berbobot mana yang enggak? Lha Om Adam ngasih bocoran mana yang dianggep “interaksi berkualitas” itu. Dan apa sih yg dianggep bagus FB?

“Kami akan menilai bobot lebih pada komen-komen PANJANG ketimbang komentar pendek. Dan KOMENTAR LEBIH berat timbangannya ketimbang sekedar like.”

See?

Kalo cuma panjang-panjangan komen yang diukur, saya pesimis. Jangan-jangan orang malah lebih semangat “diskusi” soal hoax dan adu domba.

Kan bisa jadi tuh…

Jadi RINGKASNYA, kalo mau dapet exposure lebih di News Feed, bikinlah post yang memicu meaningful dialogue antar sesama manusia.

Langkah lainnya adalah..

#3 Kurangi FREKUENSI posting. Ga usah sering2, yang penting engaging.

#4 Bikin konten yang bikin fesbuker SALING DISKUSI di komentar

#5 Rajin2 live video karena video LIVE menghasilkan engagement 6x lebih banyak ketimbang video biasa.

(diolah dari berbagai sumber)

ini Pernyataan Mark Zuckerberg

 

  • Facebook
  • Twitter
  • Google+
  • Linkedin
  • Pinterest
This div height required for enabling the sticky sidebar
Silahkan nonaktifkan adblock anda untuk membaca konten kami.
Segarkan Kembali